Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Pelayanan Anak dalam PAK di Sekolah


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Salah satu kunci utama pelayanan anak di sekolah Kristen adalah melalui pendidikan agama Kristen. Guru yang mengajar agama Kristen di sekolah mempunyai kesempatan yang baik untuk menyampaikan kabar pengharapan tentang Kristus Yesus, Sang Juru Selamat, kepada semua anak didiknya. Tentu saja kita tidak bekerja sendirian. Tuhan yang memberikan tugas itu kepada kita senantiasa menyertai kita. Dalam setiap tugas yang diberikan-Nya, Ia selalu menyediakan perlengkapan yang perlu.

Sekolah Kristen dihadapkan pada keadaan dunia yang bertentangan dengan ajaran Kristen. Ini berarti ajaran Kristen yang disampaikan di sekolah harus relevan untuk hidup sehari-hari dalam dunia yang semakin jauh dari kebenaran ini. Bagaimana caranya?

  1. Sumber utama untuk pendidikan agama Kristen adalah Alkitab.

    Guru agama Kristen mutlak harus mengenal firman Tuhan; Alkitab perlu dibaca. Firman Allah adalah kebenaran yang tetap untuk selama-lamanya. Tuhan Yesus melawan cobaan Iblis dengan berpegang pada firman Allah, firman yang hidup dan berkuasa. Ini dapat dilihat di mana saja ajaran Alkitab disampaikan dan dipercayai. Orang yang paling jahat sekali pun, dengan kuasa Firman itu, dapat berubah menjadi orang yang bersedia mati untuk membawa Kabar Injil.

    Allah menentukan bahwa firman-Nya harus diajarkan kepada anak-anak sehingga menjadi bagian dari hidup mereka (Ulangan 6). Sebab itu, seorang guru akam Kriten pertama-tama harus mengenal isi Alkitab untuk dirinya sendiri, supaya dapat meneruskannya kepada anak didik yang diajarnya. Tiap kali mempelajari Alkitab, berdoalah agar bisa mendengar apa yang hendak dikatakan Tuhan kepadamu.

  2. Guru agama menjadi contoh yang dapat ditiru.

    Kita tidak mungkin memberikan sesuatu yang belum kita miliki sendiri kepada orang lain. Hal ini berlaku juga dalam pendidikan Kristen. Kehidupan seorang guru Kristen yang jauh dari ajaran yang dia sampaikan berarti menolak semua ajaran yang dia katakan dengan mulutnya sendiri. Hal ini mengakibatkan anak-anak didiknya tidak lagi yakin akan kebenaran ajaran yang disampaikan oleh sang guru. Guru agama Kristen haruslah seorang Kriten yang mengakui Yesus Kristus sebagai Juru Selamat dan Tuhan atas hidupnya. Ia juga harus memiliki hidup yang berkenan kepada Allah.

  3. Metode mengajar harus cocok.

    Dalam menyampaikan ajaran Kristen kepada anak-anak, carilah metode mengajar yang cocok. Hal ini penting agar yang kita sampaikan menarik dan meyakinkan bagi anak didik. Tujuannya adalah supaya secara pribadi mereka menerapkan firman Allah dan mengikuti Kristus sehingga kepercayaan mereka dihayati secara baik dalam hidup melalui perkataan dan perbuatan mereka.

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Sumber
Judul Buku: 
Penuntun Guru PAK Sekolah Minggu dan Sekolah Dasar: 1 dan 2
Pengarang: 
Dr. Leatha Humes dan Ny. A. Lieke Simanjuntak
Halaman: 
16 -- 17
Penerbit: 
PT. BPK Gunung Mulia
Kota: 
Jakarta
Tahun: 
1988

Komentar