Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Bagaimana Dosa Bisa Ada di Dunia


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Ayat bacaan:
Kejadian 3:1-19

Penyampaian:
Apakah kamu ingat siapakah setan itu? Apakah kamu ingat bagaimana ia mengabaikan Tuhan dan tidak lagi menjadi pembantu Tuhan melainkan harus dihukum selamanya? Setan tidak senang ketika Tuhan menciptakan Adam dan Hawa karena mereka dikasihi Tuhan dan bahagia. Setan memutuskan untuk mencobai Adam dan Hawa supaya tidak mematuhi Tuhan. Jika mereka tidak mematuhi Tuhan, mereka juga tidak akan bahagia. Tuhan juga akan menghukum mereka dan membuang mereka selamanya.

Oleh sebab itulah setan turun ke bumi dan berbincang-bincang dengan Hawa. Setan mengatakan kepada Hawa bahwa Tuhan tidak akan melakukan apa yang dikatakan-Nya.

Tuhan telah berkata kepada Adam dan Hawa agar tidak memakan buah dari salah satu pohon yang ada di tengah-tengah taman Eden. Saat setan mendatangi Hawa, setan mengatakan bahwa buah itu baik untuknya dan akan membuatnya sangat senang. Setan mengatakan kebohongan besar dan Hawa memercayainya. Hawa memutuskan untuk tidak mematuhi Allah. Dia menghampiri pohon itu dan mengambil buah yang dilarang Tuhan untuk dimakan dan memakannya lalu memberikannya kepada Adam dan ia juga memakannya. Hari itu adalah salah satu hari yang paling menyedihkan yang pernah terjadi.

Apakah kamu tahu apa yang terjadi? Pada saat mereka makan buah itu, Adam dan Hawa mulai mati. Mereka hidup selama beberapa tahun kemudian setelah peristiwa itu tetapi mereka tidak mengalami tahun-tahun yang menyenangkan, dan sepanjang tahun mereka menjadi semakin tua, lemah, dan sedih. Tuhan mengusir mereka dari taman indah yang menjadi tempat tinggal mereka, dan Tuhan memerintahkan, supaya mereka jangan pernah kembali lagi. Di luar taman itu ada banyak tumbuhan berduri dan onak dan semak berduri dan rumput liar sehingga Adam yang malang harus bekerja keras untuk mendapatkan makanan yang cukup; juga singa dan beruang dan harimau ingin menyerang Adam. Setelah itu Adam harus selalu berhati-hati ke mana pun ia pergi. Hal ini terjadi karena Adam dan Hawa tidak mematuhi Tuhan; dan anak-anak mereka juga tidak mematuhi Tuhan, demikian pula cucu-cucu mereka; sejak saat itulah kita semua menjadi tidak sempurna/tidak baik.

Pikirkan apa jadinya bila saat ini tidak ada seorang pun yang jahat. Tentu tidak akan ada perang, perampokan, atau pembunuhan. Setiap orang baik hati dan saling menolong satu dengan yang lainnya. Tidak akan ada penghukuman yang kejam setelah kematian bagi mereka yang berdosa.

Hal-hal yang mengerikan ada di dunia ini sejak terjadinya peristiwa yang menyedihkan saat Adam dan Hawa berpaling dari Allah dan memutuskan untuk melanggar larangan yang Allah berikan.

Adam dan Hawa mengira bahwa bila mereka tidak mematuhi Allah, hal itu tidak akan begitu menyakiti mereka. Itulah yang setan ingin mereka pikirkan. Setan mencoba supaya kita berpikir bahwa apa yang Allah katakan kepada kita adalah tidak penting. Setan mengatakan kepada kita hal-hal yang menyenangkan akan terjadi jika kita tidak melakukan apa yang Allah katakan. Tetapi, yang terjadi justru sebaliknya, hal-hal buruk akan menimpa kita dan sudah terlambat.

Ada sebuah cerita tentang seorang pria licik yang ingin menakut-nakuti dan menyakiti orang lain. Ia mengambil beberapa bunga yang indah yang biasanya disukai orang, lalu bunga itu ia rangkai dengan indahnya. Lalu di tengah-tengah rangkaian bunga itu, ia meletakkan seekor ular kecil yang berbisa, yang gigitannya akan sangat menyakitkan. Ia memberikan bunga yang indah itu kepada orang lain. Orang yang diberi sangat senang sekali dan berterima kasih kepadanya. Tetapi saat dia mau mencium bunga itu, ular berbisa itu menggigit wajahnya.

Itulah cara setan memberikan sesuatu kepada kita. Sepertinya terlihat indah tetapi ternyata hanya membawa kesedihan dan kesukaran. Saat setan menyuruh kita melakukan sesuatu yang salah, kita harus ingat cerita tentang ular yang bersembunyi di balik bunga yang indah.

Pertanyaan:

  1. Siapakah setan itu?
  2. Apakah ia mengasihi Allah?
  3. Apakah ia ingin kamu mengasihi Allah?
  4. Apa yang setan katakan kepada Hawa?
  5. Apa yang terjadi kepada Adam dan Hawa setelah mereka jatuh ke dalam dosa?

Doa:
Bapa yang di surga, betapa menyesalnya kami atas dosa-dosa kami! Kami menyesal karena kadang-kadang kami mendengarkan setan dan tidak mendengarkan-Mu. Tolong kami supaya kami tetap dekat dengan-Mu dan tidak diperdaya oleh setan. Semua ini kami mohon dalam nama Yesus. Amin. (t/Ratri)

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Artikel: 
How Sin Came into the World
Judul Buku: 
Devotions for the Children`s Hour
Pengarang: 
Kenneth N. Taylor
Halaman: 
45 -- 47
Penerbit: 
Moody Press
Kota: 
Chicago, USA
Tahun: 
1977

Komentar