Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Hal-hal yang Luar Biasa


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Baru kali ini Andi pergi ke Danau Toba. Sebelumnya ia tidak pernah melihat danau yang begitu luas dan air yang begitu banyak. Dan ia juga tidak pernah melihat air yang bagitu tenang.

Tiba-tiba Andi melihat matahari muncul dari balik awan. Permukaan danau itu berkilau-kilauan karena pantulan sinarnya. "Lihat!" seru Andi. "Indah sekali permukaan danau itu!"

Ayah dan ibunya tersenyum. "Ya, sungguh indah sekali!" kata ayah. "Kita tidak akan pernah bosan melihat dan mendengar tentang keindahan tempat ini."

Siang itu cuaca sangat cerah, langit berwarna biru terang dan awan putih begitu banyak. Andi dan keluarganya berjalan menyusuri sisi danau itu yang penuh dengan pohon-pohon serta bunga-bunga yang sedang bermekaran. Segalanya tampak sangat indah.

Setelah seharian berjalan, Andi dan orang tuanya beristirahat di tepi danau. Warna-warna lembut dari matahari terbenam mulai memenuhi awan yang bergulung-gulung. Andi tidak tahu apa lagi yang akan dilihatnya. Ia terus memandang danau itu. Kemudian ia memandang ke langit dan danau silih berganti.

"Saya tidak tahu kata yang tepat untuk melukiskan semua ini," kata Andi.

"Ayah tahu," kata ayah. "Apakah kamu ingin tahu kata apa itu?"

Renungan Singkat tentang Hal-hal yang Luar Biasa:

  1. Pernahkah kamu mengunjungi sebuah tempat yang segalanya tampak sangat indah? Di manakah letaknya tempat itu? Apakah yang paling kamu sukai di tempat itu?

  2. Tahukan kamu kata yang diinginkan Andi?

"Kata apakah itu, Ayah?" tanya Andi.

"Keagungan!" kata ayah. "Keagungan berarti sesuatu itu sangat indah, sangat mulia dari segala hal yang biasanya kita ketahui. Itulah kata yang tepat untuk melukiskan pekerjaan-pekerjaan Allah yang luar biasa."

"Saya suka kata itu," kata Andi. "Kata itu kedengarannya senada dengan hal-hal indah yang telah kita lihat. Kata itulah yang tepat untuk melukiskan pekerjaan-pekerjaan Allah yang luar biasa."

"Kata itu juga merupakan kata yang tepat untuk menyatakan kepada kita tentang Allah," kata ayah. "Allah adalah Allah yang luar biasa, dan Ia telah mengerjakan hal-hal yang luar biasa bagi kita. Segala perbuatan-Nya, perkataan-Nya, dan keberadaan-Nya menunjukkan keagungan-Nya."

Renungan Singkat tentang Allah dan Kamu:

  1. Tidakkah kamu senang bahwa Allah yang melakukan hal-hal yang luar biasa itu mengasihimu? Tidakkah kamu senang bahwa Ia menjagamu setiap hari?

  2. Apakah kamu suka kata "keagungan" ini? Setiap kali kamu merenungkan tentang Allah, ingatlah kata itu. Kamu akan ingat betapa luar biasanya Allah itu. Kamu juga akan ingat betapa luar biasanya hal-hal yang telah diberikan-Nya kepada kita.

Bacaan Alkitab:
Mazmur 29:1-11

Kebenaran Alkitab:
Suara Tuhan penuh dengan kekuatan dan keagungan (Mazmur 29:4).

Doa:
Terima kasih, ya Tuhan Yesus, atas hal-hal luar biasa yang Engkau lakukan. Dan terima kasih juga atas keagungan-Mu. Amin.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
100 Renungan Singkat untuk Anak-anak
Pengarang: 
V. Gilbert Beers
Halaman: 
120 - 121
Penerbit: 
Yayasan Kalam Hidup
Kota: 
Bandung

Komentar