Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Membantu Anak Menghafalkan Ayat Alkitab


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Menemukan kebenaran dari Firman Tuhan bisa menjadi suatu pengalaman yang menarik dan mengesankan bagi anak-anak di kelas Anda. Beberapa anak bisa mengingat dengan mudah ketika mereka menikmati kegiatan ini. Beberapa anak mungkin kesulitan dalam mengingat seluruh kata- kata tetapi masih bisa mengerti maksud dari kalimat-kalimat tersebut. Pekalah pada tingkat belajar dan gaya belajar masing- masing anak. Masing-masing anak adalah satu individu yang mempunyai kemampuan yang berbeda untuk mengingat dan mengatakan kembali ayat Alkitab yang harus dihafalkannya.

Berikut ini ada beberapa cara untuk membantu anak mengerti dan mengingat Firman Tuhan:

  1. Gunakan ayat-ayat hafalan sesering mungkin dalam percakapan dan diskusi sehari-hari.
  2. Berikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui tingkat pemahaman mereka terhadap ayat-ayat khusus Alkitab. Contohnya:
    • Bagaimana bunyi ayat hafalan ini dalam kata-katamu sendiri?
    • Bagaimana ayat ini bisa menolongmu di sekolah? Di lingkungan sekitarmu? Di keluargamu?
    • Menurutmu kata mana dalam ayat hafalan ini yang paling penting? Mengapa?
  3. Kadang-kadang sharingkan/saksikan satu ayat hafalan yang telah menolong Anda. Tekankan bahwa ayat hafalan tersebut mempunyai peranan yang penting dalam hidup Anda.
  4. Gunakan ayat hafalan yang berbeda untuk didiskusikan dalam setiap kurikulum Anda.
  5. Buatlah permainan-permainan, lembar-lembar kerja, kegiatan- kegiatan untuk belajar Alkitab, dan lagu-lagu tentang ayat-ayat hafalan dapat meningkatkan pemahaman anak dan penerapannya dalam kehidupan mereka. Ketika Anda mengajak anak untuk melakukan kegiatan, doronglah mereka untuk mengingat Firman Tuhan dan hargailah dengan bijaksana setiap usaha yang dilakukannya.
  6. Lebih baik ajaklah murid-murid Anda untuk bersama-sama mencapai tujuan kelas, daripada mengadakan perlombaan untuk menghafalkan ayat yang sering memojokan murid yang daya ingatnya kurang. Contohnya, terangkan bahwa jika 30 ayat hafalan telah diingat oleh seluruh anak dalam kelas, akan diadakan satu acara khusus. Tekankan bahwa tujuan pertama harus dicapai dalam waktu satu bulan. Tujuan yang kedua memerlukan kerja tambahan. Tekankan tujuan yang dicapai oleh kelas melalui menghafal ayat, kehadiran, membawa Alkitab di kelas, dll. Sediakan alat pengingat tujuan yang bisa dilihat dan terapkan pada anak untuk merekam kemajuan mereka. Contohnya, anak dapat menambahkan susunan kertas yang diikat untuk membuat rantai, mewarnai peta suatu daerah, menambah sebutir kelereng dalam botol, atau menempelkan sebuah stiker dalam peta yang menunjukan setiap point yang telah dihasilkan.

Dari semua yang telah disebutkan diatas, ingatlah bahwa perilaku Anda terhadap Firman Tuhan dan daya ingat Anda akan ayat hafalan itu merupakan pengaruh yang paling besar ketika Anda mendorong mereka untuk "menghafalkan ayat". (Baca: Mazmur 119:11)

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Sumber
Judul Buku: 
Sunday School Smart Pages
Pengarang: 
Wes & Sheryl Haystead
Halaman: 
101
Penerbit: 
Gospel Light
Kota: 
Ventura
Tahun: 
1992

Komentar