Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mengajarkan Paskah kepada Anak-Anak Anda


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Mengajarkan Paskah kepada anak-anak mungkin adalah sesuatu yang orang tua coba abaikan karena kebrutalan penyaliban. Setiap orang yang telah mempelajari peristiwa pada hari Jumat sebelum Paskah atau siapa pun yang telah melihat film "The Passion", tahu bahwa peristiwa ini bukan untuk melemahkan iman, tetapi mereka juga tahu pengorbanan Yesus yang luar biasa bagi kita.

Namun, anak-anak harus mulai memahami peristiwa Paskah sehingga memahami nilai kebenaran dari penyelamatan dan iman di dalam Kristus. Untuk melakukan hal ini, kita memulainya dengan mengajarkan sesuai dengan tingkat pemahaman anak.

Pilihlah waktu yang tepat di mana Anda dan anak Anda bisa mengadakan saat teduh bersama. Bacalah bersama-sama Markus 14:32-41. Perhatikan bagaimana Yesus tahu apa yang akan terjadi dan Dia tahu bahwa peristiwa itu akan sangat berat. Yesus memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Bapa-Nya, yaitu Allah, dan Dia mengatakan apa yang Dia rasakan. Yesus sangat sedih, tetapi Dia ingin melakukan apa yang Allah ingin Dia lakukan.

Bacalah Markus 14:42-15:15. Diskusikan bagaimana orang-orang dan para prajurit memperlakukan Yesus. Jelaskan bahwa Yesus tidak melakukan kesalahan apa pun. Ini adalah sesuatu yang telah Allah rencanakan dan Ia selalu mengendalikannya.

Bacalah Markus 15:16-32. Para prajurit menghina Yesus dan ini sangat menyakitkan bagi-Nya, namun Ia melakukannya untuk kita. Yesus menderita karena disalib, tetapi Dia tahu bahwa Allah menghendaki Dia melakukannya dan Dia selalu melakukan apa yang Allah kehendaki atas diri-Nya.

Bacalah Markus 15:33-47. Yesus mati. Ia mati karena Ia mengasihi kita dan dengan jalan ini kita bisa ke surga bersama-Nya. Kita harus percaya kepada Yesus, dan mengasihi Dia supaya kita bisa ke surga. Sahabat-sahabat-Nya yang mengasihi Dia menurunkan tubuh-Nya dari kayu salib dan meletakkan-Nya di sebuah kubur.

Bacalah Matius 28:1-10. Saat membaca, bayangkan keterkejutan para wanita dan sukacita mereka saat melihat Yesus. Allah menghidupkan Yesus lagi dan karena Yesus hidup lagi, setiap orang yang percaya kepada-Nya akan hidup selamanya bersama Yesus. Banyak orang melihat Yesus dan bercakap-cakap dengan-Nya setelah Ia hidup lagi.

Itulah sebabnya kita merayakan Paskah. Karena pada Minggu pagi saat Allah membangkitkan Yesus dan janji bahwa Ia akan melakukan hal yang sama kepada kita. (t/Ratri)

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Sumber
Judul Artikel: 
Teach Your Children About Easter
Judul Buku: 
BellaOnline

Komentar