Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Bagaimanakah Kamu bisa Adil?


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Artikel berikut ini merupakan artikel yang ditulis khusus untuk anak-anak. Anda dapat memberikan artikel ini sebagai bahan bacaan untuk murid atau anak Anda. Anda juga dapat membacakannya bagi mereka yang belum dapat membaca.

BAGAIMANAKAH KAMU BISA ADIL?

Ada banyak cara agar kamu bisa bersikap adil. Kamu bisa berbagi dan bergantian. Kamu bisa memutuskan untuk tidak cemburu kepada seseorang. Kamu bisa menunjukkan sikap hormat terhadap orang seandainya pun mereka lain dari dirimu. Kamu bisa menemukan cara yang baik untuk bersikap ketika seseorang tidak adil terhadapmu.

  1. Berbagi dan bergantian.

    Kamu bisa bergantian main ayunan, main perosotan, atau main peralatan olahraga ketika istirahat. Kamu bisa bergantian main komputer. Kamu bisa berbagi kentang atau sekotak spidol. Kamu bisa antri naik bus atau ke kamar kecil. Orang lain pun antri, dan ada yang sudah datang duluan. Adillah kalau mereka masuk lebih dulu.

  2. Putuskan untuk tidak cemburu.

    Terkadang orang mempunyai hal-hal yang tidak kamu punyai. Kamu mungkin merasa cemburu dan menyesal tidak mempunyai apa yang mereka punyai atau tidak seperti mereka. Sulit memang untuk tidak cemburu. Tetapi cemburu membuatmu tidak bahagia. Dan itu bisa membuat orang lain susah juga. Dalam permainan kasti, mungkin pukulan temanmu lebih tepat daripada pukulanmu. Bagaimanakah seandainya kamu berkata kepadanya, "Tidak adil sekali bahwa pukulanku lebih sering meleset daripada pukulanmu!" Bisa-bisa ia merasa tidak enak dengan ketrampilan istimewanya itu. Sebagai gantinya, kamu bisa saja mengatakan, "Hebat betul pukulanmu! Bagaimana sih caranya?" Maka temanmu akan bangga dan kamu pun akan senang. Mungkin temanmu bahkan akan menawarkan diri untuk membantumu melatih ayunan pukulanmu.

    Ingatlah, bakat orang lain mungkin berbeda dengan bakatmu, tetapi kamu pun mempunyai bakat serta ketrampilan. Bagian dari tugasmu antara lain menemukan kemampuan-kemampuan istimewa dan minat- minatmu sendiri lalu mengembangkannya. Kalau kamu berbuat semampumu untuk tidak cemburu, mungkin saja kamu menemukan seseorang yang bisa membantumu "menumbuhkan" bakatmu. Mungkin juga kamu temukan bahwa kamu pun bisa membantu yang lain.

  3. Hormatilah semua orang.

    Orang itu berbeda satu sama lain dalam banyak hal. Ada orang yang gelap warna kulitnya, ada juga yang terang. Ada orang yang berbicara bahasa Inggris, ada yang berbicara bahasa Spanyol, ada yang berbicara bahasa Vietnam, dan ada yang berbicara bahasa Perancis. Ada orang yang menjadi umat Kristiani, atau Hindu, atau Muslim, atau Budha. Ada orang yang pandai membaca atau pandai matematika. Ada juga yang tidak. Ada yang dapat melompat dan berlari dengan mudah. Ada juga yang tidak.

    Adalah tidak adil mengabaikan atau kejam terhadap seseorang yang berbeda darimu. Mengapa tidak ramah terhadap orang yang tidak sama sepertimu? Maka, kamu bisa menemukan cara-cara untuk saling mempelajari dan menikmati satu sama lain.

KETIKA ORANG LAIN TIDAK ADIL

Ketika seseorang tidak adil terhadapmu, kamu mungkin ingin menangis, marah, membentak, atau membalas dengan kejam. Tidak satu pun dari semuanya itu akan membantumu ataupun orang tersebut untuk belajar lebih adil satu sama lain. Berikut adalah beberapa ide yang dapat kamu terapkan ketika seseorang tidak adil terhadapmu:

  1. Bicarakanlah masalahnya dengan orang itu. Kamu bisa mengatakan, "Kurasa semua orang seharusnya mendapatkan giliran. Bagaimana menurutmu?" Atau, "Kurasa kita masing-masing seharusnya mendapatkan bagian yang sama".

  2. Mintalah tolong kepada orang dewasa, entah guru atau orangtuamu.

  3. Abaikanlah apa yang telah terjadi. Kalau toh tidak terlalu mengganggu, lupakanlah.

  4. Tertawakanlah. Ini bisa mengejutkan bermain orang dan membantu mereka keluar dari suasana yang tegang.

  5. Ubahlah kegiatannya. Carilah sesuatu yang lain untuk dilakukan bersama-sama.

  6. Pergilah ke tempat lain untuk bekerja atau bermain.

Kategori Bahan PEPAK: Sudut untuk Anak

Sumber
Judul Buku: 
Character Building untuk Anak-anak: Membangun Karakter untuk Anak-anak Usia Dini
Pengarang: 
Barbara E. Lewis
Halaman: 
73 - 76
Penerbit: 
Karisma Publishing Group
Kota: 
Batam Centre
Tahun: 
2004

Komentar