Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Cara Mempersiapkan Pelajaran


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Keberhasilan seorang guru Sekolah Minggu dalam mengajar ditentukan dari bagaimana guru melakukan persiapan sebelum mengajar. Persiapan apakah yang dibutuhkan oleh guru? Berikut ini merupakan persiapan dasar yang perlu dilakukan oleh guru Sekolah Minggu:

  1. BERDOA
    Berdoalah terlebih dahulu sebelum memulai persiapan mengajar. Mintalah Roh Kudus untuk menerangi pikiran dan perasaan anda. Bukalah hati anda untuk memungkinkan Tuhan berbicara sehingga anda sendiri juga mendapat berkat dari apa yang anda persiapkan.
  2. BACA
    Bacalah dengan seksama semua materi yang akan anda ajarkan. Jika materi/cerita itu diambil dari Alkitab maka anda harus membaca bagian ALKITAB tsb. dengan teliti. Sambil membaca imajinasikan cerita itu dalam pikiran anda.
  3. PELAJARI
    Pelajari dengan baik tema pelajaran, tujuan pelajaran, dan inti pelajaran supaya anda dapat mengarahkan pelajaran dengan baik.
  4. HAFALKAN
    Hafalkan ayat hafalannya. Kalau anda ingin anak menghafal ayat tersebut maka anda sendiri juga harus menghafalkannya. Sebelum meminta anak untuk menghafalkan terangkan lebih dahulu masud dan arti ayat tersebut sesuai dengan konteksnya.
  5. RENUNGKAN
    Mulailah dengan membaca latar belakang pelajaran, baik dari kamus, ensiklopedia, ikstisar atau tafsiran Alkitab agar anda mengetahui dengan jelas konteks kejadiannya. Lalu renungkan hal ini. Anda pilih satu inti pengajaran yang anda dapatkan. Berdoalah agar Roh Kudus memimpin anda dalam menyampaikan Firman sehingga anak-anak dapat mengerti dan melaksanakan kebenaran Firman Tuhan.
  6. LATIHAN
    Untuk anda bisa menyampaikan pelajaran dengan baik, lakukan latihan kalau perlu latihlah di depan cermin agar anda dapat melihat mimik dan ekpresi wajah Saudara dengan jelas.
  7. SIAPKAN
    Siapkan metode mengajar dan alat peraga yang cocok. Kalau perlu buatlah alat-alat untuk aktifitas anak agar dapat membuat anak ingat akan inti pengajaran yang diajarkan.
  8. PERIKSA ULANG
    Ulangi hal-hal yang perlu diulangi lagi. Sebagai penutup berdoalah sekali lagi. Mengucap syukurlah kepada Tuhan akan setiap kesempatan yang Dia berikan kepada anda untuk melayani Dia.

Kategori Bahan PEPAK: Metode dan Cara Mengajar

Komentar