Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Kegiatan Menggunting dan Menempel di SM


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Dalam kurikulum anak balita di SM Anda, biasanya ada beberapa aktivitas yang disarankan untuk dilakukan. Biasanya kegiatan menggunting dan menempel merupakan kegiatan dasar yang harus diadakan. Dan seperti yang Anda tahu, tidak semua anak memiliki kemampuan belajar yang sama. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menolong anak balita melakukan kegiatan menggunting dan menempel di kelas SM mereka.

KEGIATAN MENGGUNTING DAN MENEMPEL DI SM

MENGGUNTING

  1. Menggunting adalah salah satu tugas yang paling sulit untuk dikuasai oleh anak-anak. Oleh karena itu belilah beberapa gunting yang cocok untuk anak balita (tersedia di toko-toko peralatan sekolah) untuk mengajari mereka bagaimana menggunting.
  2. Di kelas sediakan dua atau tiga gunting untuk mereka yang kidal (juga tersedia di toko-toko peralatan sekolah). Semua gunting sebaiknya ukuran panjangnya kira-kira 4 inci (10 cm) dan ujungnya sebaiknya tumpul.
  3. Peganglah erat-erat ujung atau sisi-sisi kertas pada saat anak menggunting.
  4. Guntinglah kertas tersebut terlebih dahulu lalu biarkan anak-anak melanjutkannya.
  5. Gambarlah garis-garis sederhana di luar garis yang seharusnya digunting untuk memudahkan anak menggunting. Hal ini akan membantu anak menggunting serupa dengan bentuk yang diharapkan, meskipun tidak benar-benar persis.
  6. Sediakan kertas yang sudah tidak terpakai agar anak-anak bisa berlatih menggunting.

Ingat, jangan mengharapkan kesempurnaan. Terimalah semua usaha yang telah mereka lakukan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Pujian yang diberikan secara khusus dan tulus akan mendorong anak-anak untuk melakukan tugas itu lagi!

MENEMPEL

Dalam kegiatan menempel, yang paling disukai anak-anak balita adalah bermain-main dengan lem. Berikut ini beberapa tips seputar lem pada saat kita mengakan kegiatan menempel tersebut di SM kita.

  1. Suruhlah anak untuk menggunakan sebuah botol lem untuk menuangkan lem pada selembar kertas yang berukuran besar, kemudian mintalah mereka untuk meletakkan kertas yang lebih kecil di atasnya lalu menekan kertas tersebut.
  2. Sediakan stik lem bagi anak-anak (tersedia di toko-toko). Lepaskan tutupnya dan masukkan ke dalam lem. Biarkan anak-anak "mewarnai" daerah yang mereka inginkan dengan lem.
  3. Tuangkan lem ke dalam wadah yang dangkal. Tambahkan sedikit air. Biarkan anak-anak mengoleskan lem ke bagian yang mereka inginkan dengan menggunakan kuas cat.
  4. Untuk mengelem permukaan yang lebih kecil, tuangkan sedikit lem ke dalam wadah. Bagikan kapas kepada masing-masing anak. Mintalah anak untuk memasukkan kapas tersebut ke dalam lem dan kemudian mengoleskannya ke bagian yang mereka inginkan.
  5. Jika menggunakan lem botolan, belilah kemasan yang terkecil. Isi kembali dari kemasan yang lebih besar jika lem telah habis. Tips:
    1. Sesuaikan dengan batas atas lem sehingga lem bisa keluar.
    2. Mintalah anak untuk meneteskan lem sedikit saja pada kertas.
    3. Bersihkan dan tutup rapat botol lem tersebut jika telah selesai digunakan.

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Sumber
Judul Artikel: 
Folding, Taping, Gluing, and Cutting
Judul Buku: 
Sunday School Smart Pages
Pengarang: 
Wes & Sheryl Haystead
Halaman: 
61 - 62
Penerbit: 
Gospel Light
Kota: 
Ventura
Tahun: 
1992

Komentar