Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Bagaimana Memahami Firman Allah?


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

PERSIAPAN ALAT PERAGA

Sediakan sehelai surat kabar atau sepucuk surat yang tertulis dalam bahasa yang tidak dimengerti anak-anak.

PENYAMPAIAN

Pagi ini saya membawa sehelai surat kabar, dan saya minta agar salah seorang diantara kalian, yaitu yang pandai membaca, tampil ke depan dan menolong saya membacakan sedikit berita yang tertulis dalam surat kabar ini. Terima kasih Tono. Inilah surat kabarnya. Ada apa? mengapa tidak kamu baca? Oh, karena ditulis dalam bahasa yang tidak kamu mengerti! Tetapi, semuanya ditulis dalam huruf abjad yang kita kenal. Kamu sudah belajar huruf abjad di sekolah bukan? Mengapa kamu tidak bisa membaca tulisan dalam surat kabar itu. Memang kamu tidak dapat membacanya, saya tidak mengaharap bahwa kamu dapat membacanya. Saya pun tidak bisa membaca tulisan itu. Mengapa kita tidak bisa membacanya? Kita tidak dapat membacanya karena tulisan itu ditulis dalam bahasa Inggris. Kita belum menguasai bahasa Inggris dalam surat kabar ini.

Apakah yang harus kita lakukan agar kita dapat mengerti isi surat kabar itu? Betul. Kita harus mendapatkan orang yang fasih berbahasa Inggris, lalu meminta dia membacanya dan kemudian mengartikan kepada kita sehingga kita dapat mengerti, dan apabila ada istilah bahasa Inggris yang tidak kita pahami maka ia pun dapat menjelaskan kepada kita. Kita memerlukan seseorang yang tahu dan faham bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia, agar dapat memberitahukan maksud tulisan-tulisan dalam surat kabar itu kepada kita.

Alkitab atau Firman Allah ini bagaikan surat kabar berbahasa asing bagi orang-orang yang belum diselamatkan. Huruf-huruf maupun katanya dapat dibaca, tetapi dengan pengertian mereka sendiri mereka tidak dapat mengerti isi berita yang sebenarnya (baca: 1Korintus 2:14). Segala macam pendidikan di sekolah-sekolah tinggi di dunia ini, tidak dapat memberitahukan kepada kita arti sebenarnya dari berita-berita yang termuat dalam Alkitab.

Kalau begitu bagaimana kita dapat memahami Alkitab? Kita memerlukan seseorang yang memahami Alkitab, yang dapat mengajarkan kepada kita. Guru kita adalah Roh Kudus (baca: 1Korintus 2:10-13), Roh Kuduslah satu-satunya yang menggerakkan hati manusia untuk menulis Alkitab dan yang memberitahukan mengenai apa yang harus ditulisnya. Roh Kudus adalah Pengarang dan Penulis Alkitab. Sebab itu Dia pasti dapat menerangkan hal-hal yang tertulis di dalam Alkitab kita (baca: 1Korintus 2:10). Jikalau Roh Kudus dikirimkan untuk menjadi guru kita mengapakah ada orang yang tidak mengerti makna Alkitab? Marilah saya bacakan ayat Alkitab untuk kalian.

(Bacalah 1Korintus 2:14)

Pakailah kata "YANG BELUM SELAMAT" untuk menggantikan kata "duniawi"ng-orang yang belum pernah menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamat mereka, tidak mempunyai Roh Kudus di dalam hati mereka untuk mengajarkan hal-hal yang dalam mengenai Allah dan Firman-Nya. Ayat itu berkata bahwa semuanya itu merupakan suatu kebodohan bagi mereka, karena soal itu hanya dapat dimengerti apabila Roh Kudus mengajarkanya kepada kita.

Hal yang pertama adalah mengetahui dengan pasti bahwa kalian telah menerima keselamatan dengan memohon kepada Tuhan Yesus untuk masuk ke hatimu. Jika kalian belum melakukan tindakan itu, apakah kira-kira kalian mau melakukan sekarang? Kalian hanya harus meminta Dia menyelamatkan kalian. Sesudah kalian mengambil langkah itu, maka Roh Kudus akan masuk ke dalam hatimu, serta tinggal di hatimu selama-lamanya. Dan setiap kali kalian membaca Alkitab atau pada waktu mengikuti pelajaran-pelajaran mengenai Firman itu, mintalah supaya Allah menolong kalian agar kalian dapat mendengarkan Roh Kudus baik-baik selagi Dia memberikan penjelasan kepadamu.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Pelajaran dengan Alat Peraga
Pengarang: 
D.H. Pentecost
Halaman: 
7 - 10
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas
Kota: 
Malang

Komentar