Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Yosua


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Bacaan Alkitab
Yosua 3-4

Cerita
Yosua adalah pemimpin dari ribuan umat Israel. Tuhan memimpin bangsa Israel melalui Yosua untuk melewati Sungai Yordan. Sungai Yordan adalah sungai yang sangat besar dan airnya mengalir dengan amat deras.

"Bagaimana kita bisa menyeberangi Sungai Yordan ini?" tanya Yosua.

Tuhan berfirman, "Kirim dua belas orang dengan imam-imam pembawa tabut Allah terlebih dahulu. Segera setelah kaki imam-imam itu menyentuh sungai, airnya akan berhenti mengalir sehingga kamu semua dapat menyeberanginya dengan aman."

Hari berikutnya, Yosua memanggil semua orang dan mengatakan kepada mereka apa yang telah Allah katakan kepadanya.

"Sekarang mari kita pilih dua belas orang dan kita mulai," kata Yosua.

Segera setelah para imam pembawa Tabut Allah menapakkan kaki mereka di Sungai Yordan, airnya berhenti mengalir. Itu terjadi karena tangan dan kuasa Allah.

Air di sungai itu pun mengering hingga ke laut.

Para imam tetap berdiri di tengah sungai membawa Tabut Allah sampai semua orang Israel berhasil melewati sungai itu dengan aman.

Tuhan berkata kepada Yosua, "Katakan kepada kedua belas orang yang sudah dipilih tadi untuk mengangkat dua belas batu dari sungai ini, dari tempat kaki para iman itu berdiri. Bawa semua batu itu ke seberang dan letakkanlah di tempat kamu akan bermalam nanti malam."

Yosua memanggil ke dua belas orang tersebut dan mengatakan apa yang telah Tuhan katakan kepadanya kepada mereka.

Masing-masing mereka mengambil sebuah batu dan membawanya di bahu mereka.

Setelah semua orang melewati Sungai Yordan dengan selamat, mereka melihat para imam pembawa Tabut Allah keluar juga dari sungai. Setelah mereka semua keluar, air Sungai Yordan kembali mengalir dengan deras seperti biasanya.

Malamnya di perkemahan mereka, Yosua membuat sebuah tugu peringatan dari dua belas batu yang diambil dari sungai tadi. Dia berkata, "Kita akan membuat tugu peringatan dari batu-batu ini sehingga engkau dapat berkata, `Ini adalah tugu peringatan di mana air sungai Yordan berhenti mengalir ketika Tabut Allah melewatinya`. Tuhan mengeringkan sungai Yordan sehingga kita dapat melewatinya dengan selamat. Ini sama seperti Allah mengeringkan Laut Merah beberapa tahun yang lalu. Seluruh bangsa di bumi akan mengenal Allah kita sebagai Allah yang besar dan kita akan menyembah Dia selamanya."
(t/Davida)

Sumber:
Judul Artikel:Joshua
Penulis Artikel:tidak dicantumkan
Judul Buku:www.ainglkiss.com
Situs:http://www.ainglkiss.com/bibst/jo.htm

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Artikel: 
Joshua
Judul Buku: 
www.ainglkiss.com

Komentar