Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Syarat-Syarat Pengurus Sekolah Minggu


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Orang adalah salah satu faktor penting! Bagaimana Anda dapat mengadakan sekolah minggu jika tidak ada orang? Apa seorang guru sekolah minggu mempersiapkan pelajarannya jika tidak ada orang? Orang-orang yang berada di dalam sekolah minggu adalah orang-orang yang sangat penting!

Apa jadinya pula jika dalam sekolah minggu tidak ada pengurus atau guru? Tentu saja sekolah minggu yang mendatangkan kehormatan bagi Kristus akan memerlukan pemimpin-pemimpin. Pemimpin-pemimpin ini adalah pemberian Kristus bagi gereja karena sekolah minggu termasuk dalam rencana Allah untuk melaksanan Amanat Agung! Pemimpin-pemimpin ini berusaha agar maksud dan tujuan Kristus tercapai oleh sekolah minggu.

Sedikitnya ada tiga anggota pengurus yang memegang peranan penting dalam menjalankan sebuah sekolah minggu. Mereka adalah gembala sidang, pemimpin sekolah minggu, dan sekretaris. Berikut persyaratan yang harus dimiliki oleh para pengurus tersebut.

  1. Persyaratan Rohaniah

    Pengurus sekolah minggu haruslah orang Kristen yang dilahirkan kembali dan dipenuhi Roh Kudus. Mereka haruslah orang yang tahu berdoa dan menelaah firman Allah. Penting sekali bahwa mereka setia menghadiri semua kebaktian gereja. Hidup sehari-hari mereka tak boleh bercacat cela. Keinginan mereka satu-satunya hendaknya "menjadi serupa dengan gambaran anak-Nya" (Rm. 8:29).

  2. Persyaratan Praktis

    1. Gembala

      Dia harus menyadari potensi yang ada dalam sekolah minggu. Keberhasilan seorang gembala sering kali diukur dari seberapa besar sekolah minggunya. Gembala yang bijaksana tentunya akan mengerti bahwa lebih banyak orang yang datang ke sekolah minggu, berarti lebih banyak yang terjangkau bagi Tuhan. Sekolah minggu yang terorganisasi dengan baik, yang hidup, dan berkembang menunjukkan sebuah gereja yang hidup dan bertumbuh.
    2. Pemimpin Sekolah Minggu

      Orang yang dipilih untuk menjadi pemimpin sekolah minggu harus mempunyai kepribadian dan kecerdasan yang menjadikan dia seorang pemimpin. Dia harus mempunyai kecakapan administratif karena hal mengatur dan merencanakan sekolah minggu dibebankan kepadanya. Dia harus tahu bergaul dengan orang; tahu bagaimana mendorong mereka untuk bekerja sebaik-baiknya; tahu bagaimana memberikan tanggung jawab, memperkenankan orang melaksanakan tugas-tugasnya itu dengan meminta mereka bertanggung jawab atas pekerjaanya.

    3. Sekretaris

      Sedikit banyak, seorang sekretaris harus tahu mengenai pembukuan dan pencatatan. Penting untuk dia tahu berhitung agar dapat mencatat dengan tepat keterangan yang diperlukan. Dia harus bersedia untuk memerhatikan segala bagian kecil dari pekerjaannya.

Anggota pengurus hendaknya jangan sekadar dipilih untuk memberi kedudukan kepada seseorang atau karena ia seorang yang penting. Orang yang dipilih itu harus tahu bekerja dan bersedia menerima petunjuk agar dapat melakukan pekerjaannya dengan lebih baik lagi. Dialah pekerja Allah.

Sumber:
Judul Artikel:Pemimpin-Pemimpin Sekolah Minggu
Penulis Artikel:tidak dicantumkan
Judul Buku:Pola Dasar Perkembangan Sekolah Minggu
Pengarang:AGLC-Teaching Ministries Accra, Ghana
Halaman:7 -- 8
Penerbit:Yayasan Penerbit Gandum Mas
Kota:Malang

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Sumber
Judul Artikel: 
Pemimpin-Pemimpin Sekolah Minggu
Judul Buku: 
Pola Dasar Perkembangan Sekolah Minggu
Pengarang: 
AGLC-Teaching Ministries Accra, Ghana
Halaman: 
7 -- 8
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas
Kota: 
Malang

Komentar