Bagaimana Memiliki Prinsip Mengajar yang Alkitabiah


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Buku psikologi pendidikan yang paling lengkap yang pernah ditulis adalah Alkitab. Memang Alkitab tidak dimaksudkan oleh Tuhan untuk menjadi textbook bagi para guru atau psikolog, namun melalui Firman- Nya, Allah telah mengungkapkan beratus-ratus prinsip yang sangat berguna untuk diaplikasikan dalam proses belajar mengajar. Berikut ini beberapa tips agar kita memiliki prinsip mengajar yang alkitabiah:

BAGAIMANA MEMILIKI PRINSIP MENGAJAR YANG ALKITABIAH

  1. Pengajar haruslah seorang murid Firman Tuhan dan mencintai Firman Allah (Mazmur 119).
  2. Pengajar harus mengusahakan keterbukaan dan kesiapan anak didik untuk menerima pesan kebenaran (Ibrani 4:12; 2Timotius 3:16-17).
  3. Dalam proses belajar mengajar, beberapa cara mempelajari Alkitab yang cukup sistematis harus diperkenalkan kepada anak didik (Kisah Para Rasul 17:11).
  4. Pengajar hanya bisa mengajarkan mengenai kehidupan sebagaimana kehidupan yang telah dijalaninya (1Korintus 3:16).
  5. Keteladanan adalah dasar untuk mengkomunikasikan tentang kehidupan dan hubungannya dengan Alkitab (1Tesalonika 2:1-12;Ibrani 13:7).
  6. Pengajaran harus dibangun atas dasar doa (Kolose 4:2-4).
  7. Pengajar harus bisa merasakan diri sebagai "murid" seperti para peserta didiknya, dan terus berusaha merasakan kebutuhan mereka (Matius 9:36; Yohanes 10:3,27).
  8. Pengajar harus hafal nama peserta didik satu-persatu agar bisa lebih mengenal dan memiliki hubungan dengan mereka (Yohanes 10:3,27).
  9. Pengajar harus terbuka (transparan) dan siap menerima kritikan (2Korintus 4:7-18; 5:11-13).
  10. Pengajaran adalah menyeluruh (holistik) dalam pendekatannya -- meliputi pikiran, perasaan, dan intuisi (jiwa) (Kolose 1:28; Ulangan 6:5).

Kategori Bahan PEPAK: Metode dan Cara Mengajar

Sumber
Judul Artikel: 
Principles of Teaching
Judul Buku: 
Foundations of Ministry
Pengarang: 
Michael J. Anthony Et Al.
Halaman: 
100
Penerbit: 
Sp Publications Inc.
Kota: 
Illinois
Tahun: 
1992

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK

Komentar