Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Apakah yang Harus Dilakukan dengan Kamar Berantakan?


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Bahan mengajar berikut ini dapat membantu Anda untuk mengajarkan kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga kerapian sebuah ruangan, baik itu kamar tidur, rumah, bahkan juga ruang kelas Sekolah Minggu. Tunjukkan kepada mereka manfaat menjaga ruang kelas Sekolah Minggu agar selalu rapi dan bersih.

APAKAH YANG HARUS DILAKUKAN DENGAN KAMAR YANG BERANTAKAN


Pernahkah kamarmu berantakan?

Hampir semua anak laki-laki dan anak perempuan mempunyai kamar yang berantakan. Tetapi ketika ibu masuk ke kamar Lani hari ini, ia melihat sebuah kamar yang luar biasa berantakannya. Mainan Lani berserakan di mana-mana, baju-bajunya tergeletak begitu saja di atas sebuah kursi, dan tempat tidurnya pun sama sekali tidak dibereskan. Apakah yang akan kamu katakan seandainya kamu adalah ibu Lani?

Renungan Singkat tentang Menjaga Kebersihan:
  1. Apakah kamu biasanya bersih atau biasanya berantakan?
  2. Apakah kamu suka mempunyai kamar yang bersih? Bagaimanakah caranya agar kamu mempunyai kamar yang bersih? Siapakah yang harus menjaga kamarmu agar tetap bersih?
Ibu Lani tidak mengatakan apa-apa. Ia pergi ke dapur dengan tenang. Lani bertanya-tanya dalam hati mengapa ibu tidak memarahinya setelah melihat kamarnya yang berantakan.

Kemudian Lani menyusul ibu ke dapur. Ketika ia masuk ke dapur, ia sangat terkejut. Lani melihat piring-piring, panci-panci serta wajan berserakan di mana-mana. Beberapa di antaranya ditumpukkan di depan lemari sehingga Lani tidak dapat membukanya untuk mengambil sepotong kue tart.

Lani pergi ke ruang tamu untuk mencari ibunya. Tetapi ketika sampai di sana, ia bahkan lebih terkejut lagi. Buku-buku dilemparkan sembarangan di lantai, demikian juga pakaian ayah dan ibu. Ke ruangan mana pun Lani pergi, ia melihat semuanya berantakan.

"Ibu! Ibu!" kata Lani ketika ia melihat ibunya. "Apa yang terjadi dengan rumah kita?"

"Ada yang tidak beres?" tanya ibu. "Tidak ada yang tidak beres, Lani. Semuanya tampak seperti kamarmu."

Ibu benar. Keadaan rumah kini persis seperti keadaan kamarnya. Lani merasa malu sekali.

Lani segera pergi ke kamarnya. Ketika ibu masuk ke kamarnya beberapa menit kemudian, ia tersenyum. Kamar Lani tampak rapi sebagaimana mestinya. Dan ketika Lani kembali ke ruang tamu, sebagian rumah sudah tampak rapi, sebagaimana yang selalu dilakukan ibu setiap hari.

"Mulai sekarang, mari kita menjaga semua ruangan di rumah ini agar selalu bersih dan rapi," kata Lani.

"Ibu setuju dengan gagasanmu itu," kata ibu.

Renungan Singkat tentang Tuhan Yesus dan Kamu:
  1. Keadaan rumah yang bagaimanakah yang kamu inginkan seandainya Tuhan Yesus akan berkunjung ke rumahmu sore ini?
  2. Mengapa Tuhan Yesus ingin agar kita selalu rapi dan bersih?
Bacaan Alkitab:

1Korintus 14:40

Kebenaran Alkitab:

Lakukanlah segala sesuatu dengan rapi dan teratur (1Korintus 14:40).

Doa:

Tuhan Yesus, kiranya saya tidak akan pernah mempermalukan Engkau karena saya atau karena kamar saya atau karena hal-hal yang saya kerjakan. Amin.

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Komentar