Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Pengetahuan Alam: Saling Bergantung


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Bahan mengajar berikut ini cocok digunakan pada saat SM sedang mengadakan kebaktian padang/rekreasi. Contoh-contoh dari alam dapat langsung diperlihatkan kepada para ASM. Misalnya: burung, pohon, tanaman, dll.

Pernahkah kamu pergi ke pasar induk? Pasar induk adalah suatu pasar yang amat besar. Pedagang di sana hanya menjual dalam jumlah besar. Dan pembelinya setelah itu akan menjual lagi barang-barang secara eceran di pasar-pasar biasa. Di pasar induk, kamu akan takjub melihat cabai merah menggunung sampai satu truk banyaknya. Juga sayur mayur, ikan, daging dan buah-buahan. Banyak sekali!

Nah, kalau sudah melihat begitu, barulah akan terpikir, berapa banyak panen yang petani hasilkan setiap hari. Penduduk di kota besar bergantung kepada para petani hasilkan setiap hari. Penduduk di kota besar bergantung kepada para petani dan nelayan yang tiap hari bekerja mencari bahan makanan untuk mereka.

RANTAI MAKANAN

Pernahkah kamu mendengar istilah Rantai Makanan? Rantai makanan adalah istilah yang menggambarkan bahwa manusia hidup saling bergantung dengan yang lain. Misalnya, pohon dipelihara oleh manusia, tapi manusia juga menikmati hasil pohon. Manusia memperoleh buah, kayu, keteduhan, dan oksigen bagi hidupnya dari pohon tersebut. Ini adalah gambaran rantai makanan sederhana.

Contoh lain tentang rantai adalah seperti ini. Penduduk kota bergantung kepada para petani. Petani bergantung kepada benih yang ditanamnya. Benih bergantung kepada cuaca, panas matahari dan hujan. Panas dan hujan turun sebagai anugerah Tuhan.

Mengingat hidup manusia saling bergantung dengan pihak-pihak lain, misalnya dengan hewan dan tumbuhan, dengan cuaca dan sinar matahari, maka sedapat mungkin kita menjaga agar semua pihak bisa terpelihara dengan baik. Sayangnya hal ini sering tidak disadari oleh manusia. Dengan berbuat semena-mena, akhirnya banyak pihak lain yang terkena akibatnya. Maka rantai makanan itu akan rusak jadinya. Misalnya, manusia tidak mau memelihara pohon-pohon dengan baik. Akibatnya, pohon-pohon itu menjadi kering dan mati. Bukan itu saja, burung-burung yang bersarang di pohon itu ikut mati juga. Dan tanah di bawah pohon akan menjadi kering dan gersang, tidak subur. Nah, kalau sudah begitu, yang rugi manusia juga, bukan?

Banyak contoh kerusakan alam yang terjadi karena perlakuan manusia yang semena-mena terhadap alam sekitar. Jangan heran kalau banjir, tanah longsor, punahnya satwa liar menjadi akibatnya.

Nah, sayang sekali, bukan? Itulah sebabnya amat penting kalau sejak kecil kamu sudah menyadari pentingnya rantai makanan ini, supaya kamu juga tidak sembarangan memperlakukan pihak-pihak lain, seperti hewan dan tumbuhan. Kira-kira apa saja yang dapat kamu lakukan untuk memelihara rantai makanan ini?

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
KITA - Majalah Kristen untuk Anak-anak
Halaman: 
20 - 21
Penerbit: 
Lembaga Reformed Injili Indonesia
Nomor Edisi: 
43

Komentar