Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Dunia Burung


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Aktivitas berikut ini akan sangat menyenangkan jika GSM membawa beberapa burung hidup yang jinak seperti burung Merpati, bukan sekedar gambar.

Garis Besar Acara:
Anak diperkenalkan pada dunia pengetahuan yang sangat luas, dan menarik hubungan praktis antara dunia itu dengan dunianya.

Tujuan Acara:
Anak bertambah pengetahuannya dengan berbagai macam ilmu pengetahuan, dan mengambil hal-hal positif dari pengetahuan itu dari, dan sebaliknya tidak mencontoh hal-hal negatifnya.

Persiapan Acara:
Guru menentukan dunia pengetahuan macam apa yang akan disajikan hari itu? Apakah dunia burung, dunia binatang laut, dunia binatang yang sudah punah (Dinosaurus?), dan sebagainya.

Acara Pembukaan:
Anak-anak diberi nama-nama burung tertentu. Kemudian selesai lagu pembukaan, anak-anak diminta duduk berkelompok sesuai nama burung yang sama.

Acara Puji-pujian:
Selama pujian guru menyelipkan cerita tentang dunia burung, guru mengajak anak meniru yang positif dari burung tersebut, dan tidak mencontoh kejelekannya. Misalnya:
- Lagu 1 : Jangan kamu malas berdoa
Guru mengajak anak mencontoh kesetiaan burung Merpati pada pasangannya (bawalah burung merpati atau gambarnya). Kesetiaan kita pada Tuhan dapat ditunjukkan dengan doa.

- Lagu 2: Jangan kamu khawatir (burung di udara Dia pelihara ...)
Guru menunjukkan gambar burung Rajawali, yang tidak takut menghadapi tantangan, jika ada badai, burung ini bahkan akan terbang semakin tinggi. Anak diajak berani menghadapi tantangan hidup dengan bersandarkan pada kekuatan Tuhan.

Guru selanjutnya dapat bercerita secara singkat tentang dunia burung dan kemudian dikaitkan dengan isi lagu-lagu yang hendak dinyanyikan.

Acara Lain-lain:
Aktivitas anak. Anak dapat menulis teladan baik dari burung-burung yang sudah dia pelajari hari itu. Ayat hafalan dapat ditulis di atas gambar burung-burung. Anak juga dapat diajak melipat kertas membuat burung-burung dari kertas, dan diisi dengan pokok doa tertentu.

Acara Penutup:
Acara penutup dapat diisi dengan upacara pelepasan burung, yaitu anak melemparkan ke atas burung-burung kertas yang sudah dibuat mereka sebelumnya.

Catatan:
Demikian juga dengan dunia pengetahuan lain, dapat disajikan kepada anak-anak seperti paket dunia burung ini.

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Sumber
Judul Buku: 
Teknik Kreatif dan Terpadu dalam Mengajar Sekolah Minggu
Pengarang: 
Paulus Lie
Halaman: 
141 - 142
Penerbit: 
Yayasan Andi
Kota: 
Yogyakarta
Tahun: 
1999

Komentar