Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

11 Langkah Merencanakan Sekolah Alkitab Liburan


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Kategori Bahan PEPAK: Program Khusus Anak

Berikut ini adalah sebelas langkah sederhana merencanakan Sekolah Alkitab Liburan (SAL) serta tips praktis terbaik dalam menjalankannya.

Masukkan doa sebagai bagian dari rencana Anda. Doa tidak termasuk salah satu langkah dalam merencanakan SAL karena doa seharusnya menjadi bagian dari setiap langkah. Anda memerlukan pertolongan Tuhan dalam setiap langkahnya agar SAL berhasil.

  1. Tentukan Tingkat Dukungan Anda

    Membutuhkan lebih dari sekadar uang untuk mengadakan SAL. Anda juga akan memerlukan sukarelawan, donasi, dukungan pastoral, fasilitas, dan rekan doa. Sebelum Anda merencanakan, sediakan waktu untuk mempertimbangkan seberapa besar dukungan yang ada. Pendekatan yang Anda ambil tergantung pada seberapa banyak dukungan yang ada. Bila Anda hanya mendapat dukungan yang sedikit, Anda mungkin perlu merencanakan kegiatan yang lebih pendek (3 hari) atau menghubungi gereja lain untuk diajak bekerja sama. Bila Anda mendapat banyak dukungan, Anda bisa melakukan sesuatu yang lebih, misalnya kegiatan yang lebih lama (sepanjang liburan atau 2 minggu) atau mengadakan SAL gabungan beberapa gereja kecil.

  2. Tetapkan Waktu Pelaksanaan SAL

    Beberapa faktor memengaruhi penjadwalan. Adakah kegiatan rutin yang biasanya kota Anda adakan. Selain itu, cari tahu juga jadwal SAL yang diadakan gereja-gereja lain. Bekerjasamalah dengan para pemimpin gereja untuk memilih waktu yang tepat. (Namun, akan selalu seseorang yang tidak bisa datang karena waktunya berbenturan.)

  3. Pilih dan Pesanlah Kurikulum Untuk SAL Anda

    Ini adalah langkah yang penting karena tidak semua tema SAL akan sesuai dengan keadaan setiap gereja. Seperti halnya segala sesuatu, akan lebih baik bila Anda memulai lebih awal dan mendapatkan materinya sesegera mungkin. Sebagian besar penerbit memberikan tuntunan yang sangat menolong untuk merencanakan SAL di gereja Anda.

  4. Buatlah Jadwal Rotasi dan Papan Tugas di Kelas

    Ada banyak cara untuk melakukan hal ini. Kalau saya lebih cenderung membuatnya sesederhana mungkin. Rencana Anda akan ditentukan oleh tingkat dukungan yang diberikan dan fasilitas tersedia. Bila ada beberapa ruang pertemuan yang besar, pergunakan ruangan-ruangan itu untuk mengadakan kegiatan keterampilan, musik, belajar, atau untuk makan snack. Anda dapat mendownload contohnya di:

    ==> http://ministry-to-children.com/

  5. Carilah Sukarelawan untuk SAL

    Langkah berikutnya adalah membuat daftar nama. Agar sederhana, saya biasanya menuliskannya di dokumen yang sama dengan jadwal rotasi. Kunci untuk mendapatkan sukarelawan adalah relasi dan membantu sukarelawan menemukan peran yang tepat.

  6. Umumkan dan Daftarlah Terlebih Dahulu Anak-Anak untuk Ikut SAL

    Bila semuanya sudah pasti (atau setidaknya sedang diusahakan), maka lakukanlah langkah promosi. Kebanyakan gereja akan meminta anggotanya untuk memberi tahu tetangga-tetangga mereka supaya ikut SAL. Formulir pendaftaran sebesar setengah halaman folio bagus digunakan untuk promosi. Tergantung pada dana yang tersedia, iklan bisa memakan banyak biaya. Kita bisa menggunakan papan besar di depan gereja agar lebih banyak orang mengetahui program SAL. Beberapa penerbit menawarkan cara pendaftaran secara online yang bisa mempermudah proses pendaftaran.

  7. Komunikasikan Rencana Anda

    Pastikan seluruh sukarelawan Anda mengetahui peran mereka sebelum SAL dimulai. Beberapa gereja mengadakan berbagai pertemuan untuk mematangkan rencana. Bila Anda mengadakan pertemuan, gunakan pertemuan itu untuk mendorong tiap sukarelawan dan berdoa minta pertolongan Tuhan.

  8. Fleksibellah Sselama SAL

    Rencana terbaik sekalipun pasti akan memerlukan penyesuaian selama penyelenggaraan SAL. Oleh sebab itu, saya mencoba mendelegasikan semua tanggung jawab pengajaran sehingga saya bebas membuat keputusan selama pelaksanaan SAL. Bila Anda telah mengomunikasikan rencana Anda dengan baik, maka pasti tidak akan ada begitu banyak penyesuaian.

  9. Tindaklanjuti Setiap Kontak Baru yang Didapatkan Selama SAL

    Langkah yang terlewatkan oleh banyak gereja adalah tindak lanjut setelah SAL. Anda bisa menggunakan surat dari pendeta untuk tamu- tamu yang belum bergereja dan mungkin kunjungan ke rumah-rumah. Bila ada anak yang baru menerima Kristus, tempatkan mereka sebagai prioritas utama. Tindak lanjut yang paling efektif adalah melibatkan mereka di sekolah minggu. Tips: berikan formulir tindak lanjut kepada anak-anak yang mengikuti SAL. Anda bisa mengirimkan formulir itu ke rumah mereka pada hari terakhir SAL atau seminggu setelah SAL.

  10. Evaluasi dan Buatlah Catatan yang Rinci

    Catatlah seluruh pengamatan Anda selama SAL. Catatan ini adalah guru yang terbaik. Selama SAL, Anda bisa melihat sendiri hal-hal yang ingin Anda lakukan dengan cara beda tahun depan. Jadi, tulislah dan simpanlah baik-baik. Bila Anda berani, mintalah beberapa orang pemimpin kunci untuk membuat catatan juga. Adakan acara makan siang bersama seminggu setelah SAL selesai dan bandingkan catatan masing-masing.

  11. Berikan Ucapan Terima Kasih Kepada Setiap Sukarelawan

    Meski ada di langkah terakhir, tapi langkah ini sangat penting. Kita mencoba mengenal para sukarelawan di penutupan SAL, di gereja pada hari minggu berikutnya, dengan memberikan kartu ucapan terima kasih secara pribadi. Telepon para pemimpin kunci, jika jauh tempatnya, untuk mengucapkan terima kasih. Secara praktik, Anda tidak bisa melakukan SAL tanpa bantuan para sukarelawan. Berdoalah agar Tuhan berkenan memberkati mereka karena segala usaha mereka.

Diterjemahkan dan diambil seperlunya dari:

Sumber 2
Judul Artikel: 
11 Steps For Planning Vacation Bible School (Judul asli)

Komentar