Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Membuat Alat Peraga Sendiri


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Anda dapat berkreasi dan membuat sendiri alat peraga dengan bahan-bahan yang ada di sekitar anda atau dari benda-benda yang sudah tidak terpakai. Berikut ini beberapa tips/kreasi mengenai alat peraga yang dapat dipakai dalam mengajar.

  1. Gambar-gambar

    Anda bisa mengumpulkan gambar-gambar mengenai kehidupan sehari-hari dari koran dan majalah yang sudah tidak dibaca atau kalender yang sudah tidak dipakai, misalnya gambar orang sedang naik bis, gambar ibu membuat kue, gambar anak-anak pergi ke sekolah sambil bergandengan tangan, gambar petani mencari rumput di sawah, gambar orang berdoa, gambar orang memegang Alkitab, gambar pengemis di pinggir jalan, atau juga juga gambar buah-buahan, gambar binatang, pohon-pohon dan sebagainya. Tempelkan gambar-gambar tersebut satu per satu pada kertas karton yang berukuran sama agar rapi. Susunlah gambar-gambar sesuai dengan urutan agar dapat membentuk cerita. Gambar-gambar ini dapat anda gunakan sebagai alat peraga saat ingin menjelaskan kisah tertentu pada anak-anak, misalnya menunjukkan contoh penerapan, kejadian tertentu atau hal lain sesuai dengan tema dan tujuan pelajaran yang akan anda sampaikan.

  2. Surat Kabar/Koran bekas

    Koran bekas dapat dilipat dan dibentuk menjadi beraneka ragam "topi," seperti topi bajak laut, topi koki, topi perawat, topi minang, mahkota raja dan sebagainya. Selain itu, koran bekas juga dapat dibuat baju, jubah, sarung dan sebagainya. Topi dan baju dari koran bekas ini dapat dikombinasikan dan digunakan saat anda ingin memerankan tokoh tertentu dalam cerita yang akan anda sampaikan, misalnya: Raja Herodes, Penggembala, Petani, Nabi, dan sebagainya menurut jalannya cerita.

  3. Boks Pasir

    Buat kotak dari papan kayu dengan ukuran panjang dan lebar 50 cm dengan ketinggian 30 cm atau menurut ukuran yang anda inginkan. Ayaklah pasir dan cucilah bersih serta masukkan dalam kotak. Anda dapat membuat gunung, lembah, jalan dan tempat kejadian dengan boks pasir ini. Anda juga dapat melengkapinya dengan orang-orangan, pohon-pohonan atau rumah-rumahan dari kertas.

  4. Lain-lain

    Demikian pula sepatu bekas, botol bekas, ranting pohon, maupun benda-benda yang ada di sekitar anda dapat digunakan sebagai alat bantu mengajar, tentunya sesuaikan dengan tema dan tujuan cerita yang akan anda sampaikan.

Kategori Bahan PEPAK: Metode dan Cara Mengajar

Komentar