Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mengenal Alkitab


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Tujuan Umum:

Anak dapat memahami dan mengakui, serta taat kepada Firman Allah yang tertulis dalam Alkitab sebagai pedoman hidup sehari-hari.

Bahan Alkitab:

Yeremia 9:23-24 dan 2Petrus 1:20-21

Tujuan Khusus agar Anak dapat:

  1. Menjelaskan bahwa ketika kita mempelajari Kitab Suci, maka kita harus meminta Roh Allah untuk memimpin kita.
  2. Menjelaskan bahwa dengan mempelajari Alkitab, kita akan lebih mengenal Allah.
  3. Membaca Alkitab dengan baik dan teratur.

Materi Pelajaran:

UNTUK GURU

  1. Penjelasan Bahan Alkitab

    Melalui nabi Yeremia, Firman Allah disampaikan pada waktu pemerintahan Yosia, raja Yehuda dan raja-raja sesudah dia, sampai pada waktu pembuangan ke Babel (Yeremia 1:1-3; bandingkan dengan 2Raja-raja pasal 22 sampai pasal 25).

    Pada masa-masa itu, kerajaan Israel di sebelah utara Palestina telah diruntuhkan oleh bangsa Asyur. Kerajaan Israel di sebelah selatan Palestina pun terancam oleh bangsa-bangsa di sekitarnya, khususnya bangsa Mesir dan Babilonia. Dan akhirnya, kerajaan Yehuda pun runtuh dan orang-orang Yehuda diangkat ke Babel. Alasan keruntuhan itu adalah ketidaksetiaan mereka kepada Yahwe (Tuhan).

    Firman Tuhan berisi teguran, karena bangsa Israel melanggar Firman Allah dan menyembah berhala. Firman Tuhan juga berisi panggilan untuk bertobat dan akhirnya berita penghukuman. Melalui teguran, panggilan, dan berita penghukuman itu, Allah memperingatkan umat Israel supaya bertobat dan beribadah kepada Allah yang setia, penuh kasih, adil, dan benar. Semua ini dijelaskan atau disampaikan oleh nabi Yeremia.

    Dalam suratnya, Petrus menjelaskan mengenai bagaimana kita dapat mengerti Firman Allah dengan benar, sehingga kita juga mengenal Dia. Yakni, hanya dengan bimbingan Roh Kudus, yang adalah Roh Allah sendiri yang hidup dalam hati orang beriman. Hal ini disampaikan Petrus kepada orang percaya, agar mereka teguh dalam iman dan tidak memperoleh pengertian yang salah tentang Tuhan, karena pengaruh nabi-nabi palsu dan guru-guru palsu pada zaman itu. Alkitab merupakan susunan kumpulan dari sejumlah buku, yang ditulis oleh berbagai orang yang dipimpin oleh Roh Kudus, dalam kurun waktu yang panjang. Itulah sebabnya, Alkitab merupakan satu kesatuan, walaupun ditulis oleh orang yang berbeda. Intisari pemberitaan Alkitab ialah bahwa Allah menyelamatkan manusia, yang nampak dalam Pribadi Yesus Kristus.

    Proses pengumpulan 66 buku memakan waktu sekitar 1500 tahun. Pengumpulan dan penetapan buku-buku ini menjadi Alkitab, disebut kanonisasi (kanon = ukuran, norma, mistar yakni pengumpulan tulisan- tulisan yang menjadi norma untuk iman Kristen).

  2. Catatan untuk Guru

    Bagi anak kecil (7 - 9 tahun), pengumpulan dan penetapan buku-buku dalam Alkitab masih sulit untuk dimengerti. Cukup diceritakan, bahwa Alkitab ditulis oleh orang-orang beriman yang mendengar Firman Allah serta mendapat ilham dari Roh Kudus. Yang penting bagi anak kecil adalah mengetahui bahwa Alkitab adalah buku yang menceritakan tentang Allah dan karya keselamatan-Nya yang dinyatakan secara khusus dalam diri Yesus Kristus. Dan anak dapat menggunakan Alkitab.

  3. Aktivitas

    Mempraktikkan cara membaca Alkitab yang benar dan baik. Dibagi menjadi beberapa kelompok, bila jumlah guru memungkinkan.

    Cara membaca Alkitab:

    1. Bukalah Akitabmu dan carilah bagian yang akan kamu baca.
    2. Berdoalah, mohon agar Tuhan membimbingmu dengan Roh-Nya yang Kudus, agar kamu mengerti firman yang dibaca.
    3. Bacalah bagian Alkitab yang ditentukan untuk hari ini.
    4. Cobalah pelajari Firman Tuhan melalui beberapa pertanyaan:
      • Apa yang kamu baca tentang Allah Bapa, Yesus Kristus, dan Roh Kudus?
      • Apa yang kamu pelajari dari bacaan hari ini?
      • Apa yang harus kamu lakukan?
    5. Berdoalah, mohon agar Tuhan menolongmu melakukan kehendak-Nya sesuai dengan apa yang kamu pelajari dan baca hari ini.
    6. Melaksanakan Firman Tuhan.

  4. Evaluasi
    1. Berupa pekerjaan rumah, membuat daftar urutan buku dalam Alkitab yang dikumpulkan minggu berikutnya.
    2. Mengulangi cara membaca Alkitab yang baik.

UNTUK ANAK

Buku apakah ini? [Guru memperlihatkan Alkitab dan menunggu jawaban anak-anak.] Ya, ini adalah Alkitab? Sebutkanlah apa yang pernah kalian dengar? Ya, banyak cerita yang dapat kalian temui dalam Alkitab dan yang terpenting adalah bahwa kalian dapat membaca tentang Allah Bapa, Yesus Kristus, dan Roh Kudus. Sebab itu, Alkitab juga disebut Firman Allah. Isinya adalah apa yang dikatakan atau difirmankan dan dilakukan oleh Allah.

Bila kalian rajin membaca Alkitab, kalian akan lebih mengenal Allah dan lebih mengasihi-Nya dan tentu lebih patuh pada-Nya. Nah, mari kita coba dulu, mengenali kitab-kitab yang ada dalam Alkitab agar kalian mudah menemukan suatu kitab.

Bila kalian sudah pandai mencari kitab dalam Alkitab, kalian dapat mulai membacanya. Kalian sudah pernah mencoba membacanya? Ya, memang kadang-kadang sulit untuk mengerti Firman Tuhan. Sebab itu, kalian harus memohon agar Tuhan sendiri menolong kalian. Ia akan membimbingmu dengan Roh Kudus-Nya. Nah, mari kita coba membaca Alkitab dengan baik. [Mintalah anak-anak memegang Alkitab dalam keadaan tertutup dengan tangan kiri.]

Bukalah Alkitab tepat di tengah. Kitab apa yang kalian temukan? Mazmur. Kemudian buka lagi, setengah dari belahan tadi -- bagian depan. Apa yang kalian temukan? Hakim-hakim atau Yosua. Setelah itu, buka lagi tepat di tengah bagian belahan belakang. Apa yang kalian temukan? Kitab Injil Matius. Selanjutnya, kalau sudah hafal kitab-kitab lainnya, maka akan lebih mudah mencarinya. Sebelum atau sesudah Mazmur, sebelum atau sesudah Yosua, sebelum atau sesudah Matius. [Adakan beberapa latihan.]

Bagian Alkitab yang akan dibaca ialah: Markus 10:13-16. Setelah membaca bagian Alkitab ini, dapatlah diajukan pertanyaan- pertanyaan sebagai berikut:

  1. Apa yang kubaca tentang Yesus Kristus?
    • Yesus mengasihi anak-anak dan memberkati mereka.
  2. Apa yang kupelajari dari bacaan hari ini?
    • Yesus senang, bila kita datang pada-Nya.
  3. Bagaimana caranya aku berhubungan dengan Tuhan Yesus?
    • Datang dan bercakap-cakap pada-Nya melalui doa dan mendengar sabda-Nya dengan cara membaca firman-Nya.
Sebaiknya aktivitas ini, yakni cara membaca Alkitab dengan baik dijelaskan dulu sebelum diterapkan.

Nah, kalau kalian telah dapat membaca Alkitab dengan baik, kalian harus membaca Alkitab setiap hari. Kalian dapat membuat daftar dari bacaan Alkitab yang ingin dibaca untuk seminggu. Bila ada toko buku Kristen di dekat rumah, kalian dapat membeli buku- buku yang berisi daftar bacaan Alkitab untuk setiap hari, misalnya Santapan Harian Anak, Saat Teduh, dan daftar bacaan dari Lembaga Alkitab. Kalau kalian ingin mengenal Alkitab lebih baik dan mengasihi Tuhan lebih baik, serta mendengar suara Tuhan, bacalah Alkitab setiap hari.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Pedoman Sekolah Minggu Anak Kecil Umur 7-9 Tahun: Tahun III Jilid II
Halaman: 
86 - 91
Penerbit: 
BPK Gunung Mulia
Kota: 
Jakarta
Tahun: 
1992

Komentar