Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Hubungan yang Memberi Dukungan


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Tema:

Anggota-anggota keluarga saling memberi dukungan.

Ayat Alkitab:

Ruth 1:16-17

Alat Peraga:

Sekotak tisu

Penyampaian:

"Selamat pagi! Saya membawa sekotak tisu hari ini. Saya tidak sedang demam hari, jadi ini bukan karena hal itu saya membawa tisu ini. Saya ingin menunjukkan sesuatu tentang tisu ini kepada kalian."

"Kalau seseorang mengambil tisu ini, apa yang terjadi? Lembaran tisu yang lain segera muncul. Mari kita mencobanya lagi. Ada satu lembaran tisu yang sudah siap ditarik lagi. Apakah ada lagi yang memerlukan tisu?"

"Bagaimana cara kerjanya? Apakah lembaran tisu yang pertama itu menarik lembaran tisu yang lain? Apakah tisu-tisu yang ada di dalam kotak ini mendorong setiap lembarnya untuk siap dipakai? Tisu-tisu saling memberikan dukungan."

"Dalam keluarga, kita saling memberikan dukungan. Kita saling berhubungan. Ada saat-saat dimana seorang anggota keluarga yang mungkin membutuhkan dukungan dari anggota keluarga yang lain."

"Mungkin salah satu dari anggota keluarga kita sakit atau sedih karena sesuatu hal. Lalu sebagai keluarga, kita dapat menolong dia dengan memberikan kasih dan perhatian yang lebih. Kita memberikan dukungan kepada orang itu."

"Adakalanya, kalianlah orang di dalam keluarga yang membutuhkan pertolongan. Maka kalian dapat mengandalkan pertolongan dan dukungan dari keluarga kalian yang akan memberikan kasih dan perhatian mereka."

"Kita juga berhubungan dengan teman-teman dan anggota jemaat gereja. Ada saatnya kita memberikan dukungan dalam hubungan itu. Ada saatnya kitalah yang menerima dukungan itu. Kalau kita menjadi anggota keluarga Tuhan, maka kita harus mau mengasihi, mendukung, dan memperhatikan orang lain."

"Menyenangkan sekali kalau kita dapat mengandalkan kasih dan perhatian dari keluarga kita. Ada sebuah tisu yang siap di dalam kotak ini, yang menggambarkan keluarga kita!"

Doa:

Ya Tuhan, terima kasih atas keluarga kami. Terima kasih atas kasih yang dapat kami bagikan, bukan saja dengan keluarga kami, tetapi juga dengan teman-teman kami dan keluarga gereja kami. Amin!

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Teologi Dasar (Buku II)
Pengarang: 
Charles C. Ryrie
Halaman: 
45 - 47
Penerbit: 
Yayasan Andi
Kota: 
Yogyakarta
Tahun: 
1993

Komentar