Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Melayani Tuhan


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Alat peraga:

  1. Penjepit kertas (paper clip)
  2. Kertas label harga (misalnya, label harga permen)

Lama kegiatan:

Kurang lebih 10 menit

Bacaan Alkitab:

Matius 20:1-16

Topik:

Hidup kekal, Melayani Allah, Penyelamatan

Target anak:

Kelas 3-6 SD

Persiapan:

Sebelum kelas dimulai, kaitkan penjepit kertas membentuk tiga rantai. Rantai pertama menggunakan 40 penjepit, rantai kedua menggunakan 20 penjepit, dan rantai ketiga menggunakan 5 penjepit.

Yang akan Anda kerjakan selama pelajaran:

Selama pelajaran, Anda meminta bantuan beberapa anak untuk mengerjakan kegiatan yang membosankan ini, lalu katakan kepada mereka bahwa mereka akan mendapat hadiah atas usaha-usaha mereka. Ketika anak-anak ini sedang mengerjakan tugasnya, anak-anak yang lain diminta untuk membuka dan membaca Matius 20:1-16. Setiap anak yang membantu akan mendapat satu rantai dari rangkaian penjepit kertas. Setelah anak pertama selesai mengerjakan separuh dari rangkaian rantai yang terpanjang, anak yang kedua akan membantu Anda melepaskan kaitan rantai yang berukuran sedang. Pada saat keduanya hampir selesai, Anda akan meminta anak ketiga untuk melepas rantai penjepit kertas yang terpendek, setiap anak yang membantu kegiatan ini akan mendapat hadiah yang sama. Anak pertama dan kedua akan lebih banyak mengeluhkan hal ini, tetapi ini merupakan bagian dari rencana kegiatan.

Yang akan Anda katakan:

"Saya minta seseorang membantu saya mengerjakan kegiatan yang sangat membosankan ini. Saya punya banyak penjepit kertas, tapi sayangnya semua penjepit kertas ini saling terkait. Kalau semua penjepit ini terkait, tidak ada gunanya bagi saya. Jika ada yang mau membantu saya melepaskan penjepit-penjepit ini, nanti bila sudah selesai, akan saya beri hadiah istimewa ini." Tunjukkan hadiahnya dan biarkan anak-anak mulai mengerjakannya. Pada saat anak pertama berhasil mengerjakan separuh bagian, katakan, "Saya masih punya penjepit kertas yang saling terkait, apakah ada yang mau membantu saya melepaskan kaitan penjepit kertas ini? Saya akan beri hadiah yang sama." Pada saat anak kedua hampir selesai, katakan, "Saya masih punya satu lagi kumpulan penjepit kertas yang saling terkait, masih adakah yang mau membantu saya melepaskan kaitan penjepit ini? saya akan beri hadiah juga." Bila semuanya sudah selesai, berikan hadiahnya kepada masing-masing anak, dan tanyakan pertanyaan berikut ini:

  1. Bagaimana perasaanmu saat pertama kali saya tawarkan hadiah yang besar bila kamu membantu saya?
  2. Bagaimana perasaanmu saat temanmu mendapat hadiah yang sama meski dia melakukan pekerjaan yang lebih ringan?
  3. (Untuk anak yang ketiga) Bagaimana perasaanmu saat kamu mendapat rantai terpendek?
  4. Untuk semuanya, apakah yang saya lakukan ini adil?

Saya tahu ini tampaknya tidak adil, anak yang hanya mengerjakan tugas yang ringan, mendapatkan hadiah yang sama dengan anak-anak lain yang mengerjakan tugas yang lebih berat. Apakah kalian tahu Yesus juga mengatakan bahwa Kerajaan Allah juga seperti ini? Ada orang yang menerima Yesus Kristus ketika mereka masih muda. Mereka menggunakan seluruh hidupnya untuk melayani Tuhan, dengan membantu orang lain, berdoa atau mengajar. Namun, ada juga orang yang tidak menerima Yesus ketika mereka masih muda. Mereka baru menerima Yesus ketika mereka sudah tua. Mereka hanya memiliki sedikit waktu untuk melayani Tuhan. Menerima Yesus ketika kita masih muda sama seperti ketika (sebut nama anak pertama yang membantu) bersedia membantu saya. Dia memiliki kesempatan yang panjang untuk melayani. Menerima Yesus saat sudah dewasa sama seperti ketika (sebut nama anak kedua dan ketiga yang membantu) bersedia membantu saya. Mereka masih bisa melayani Tuhan tetapi tidak lama. Hadiah untuk setiap orang yang menerima Yesus tetap sama, tak peduli seberapa lama mereka melayani. Hadiah itu tentu saja adalah hidup kekal bersama Yesus di surga. Jadi ingatlah, bekerja keras dan melayani Yesus merupakan hak istimewa dan sukacita yang kita miliki sebagai orang Kristen, karena kita tahu bahwa hadiah kita itu akan segera kita dapatkan. (t/Ratri)

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Kid`s Sunday School Place

Komentar