Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Pelayanan Anak


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

A. Mengapa Melayani Anak?

Melayani anak merupakan bagian dari rencana Tuhan seperti yang tertulis di dalam Alkitab, antara lain:

  1. Ulangan 6:4-9
    "... Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun .... "
  2. Amsal 22:6
    "Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu."
  3. Matius 28:19-20
    "Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu .... "
Jadi melayani anak, seperti juga melayani sesama yang lain dalam berbagai tingkatan usia, merupakan kehendak Tuhan.

Anak-anak perlu dikenalkan jalan keselamatan di dalam Tuhan Yesus, anak-anak juga perlu dididik untuk hidup di dalam terang Firman Tuhan. Meskipun tugas utama mendidik anak adalah tanggung jawab orangtua, namun orang-orang percaya yang terhimpun dalam organisasi gereja maupun organisasi Kristen lainnya sebagai Tubuh Kristus juga memiliki peran yang sangat penting dalam melayani anak, terutama dalam program penginjilan anak untuk menjangkau mereka yang belum mengenal Tuhan.

Mengajarkan Firman Tuhan kepada anak tidak terhitung faedahnya. Banyak ahli sudah membuktikan bahwa pengalaman hidup seseorang pada masa kecilnya akan memiliki pengaruh yang besar dan menentukan pada masa dewasanya kelak. Dengan melayani anak, kita melatih dan mempersiapkan angkatan muda dan generasi penerus Gereja.

Memang tanggung jawab itu besar dan berat, namun tugas melayani anak-anak ini sungguh indah indah dan agung.

B. Bagaimana Melayani Anak?

Sampai saat ini, Sekolah Minggu masih dinilai menempati posisi yang strategis dalam menjangkau anak-anak. Tapi, bukan berarti peran pribadi maupun lembaga Kristen lainnya jadi kurang penting.

Ada banyak hal yang dapat dijangkau dan dikerjakan oleh banyak pribadi maupun lembaga Kristen, yang mungkin selama ini tidak ter"cover" oleh pelayanan Sekolah Minggu pada umumnya.

Sebagai contoh, ada beberapa lembaga Kristen yang mengkhususkan diri pada suatu bidang pelayanan tertentu, sehingga seluruh konsentrasi tenaga, biaya, dan sumber daya lainnya dapat lebih dioptimalkan. Bidang pelayanan yang digeluti bisa berupa penyediaan literatur rohani untuk anak (renungan harian, majalah, buku, komik, dsb.). Bidang pelayanan lain, misalnya: pelayanan di bidang multimedia dan audio-visual (menyediakan kaset, video, VCD, pemutaran film, dsb.), atau pengadaan materi, training, dan berbagai alat bantu untuk menunjang aktivitas Pelayanan Anak. Informasi lebih detail mengenai berbagai lembaga yang menggeluti dunia Pelayanan Anak dapat anda simak di kolom "Serba-Serbi": Mengenal Lembaga Pelayanan Anak.

Sebagai pribadi, anda juga dapat terlibat dalam berbagai bentuk aktivitas Pelayanan Anak. Bahkan bagi anda hal ini dapat dimulai dari dalam rumah anda sendiri. Anda dapat membuka pintu rumah untuk anak-anak di lingkungan sekitar anda. Entah itu dengan menyediakan buku bacaan rohani, menyediakan tempat berkumpul dan bermain bersama, memberikan bimbingan belajar gratis, mengundang anak gelandangan atau anak panti asuhan untuk makan bersama sambil membagikan kasih Tuhan, dan lain sebagainya.

Anda dapat dipakai Tuhan untuk menjangkau anak-anak agar mereka mengenal kasih Tuhan Yesus Kristus serta menerima keselamatan dariNya. Tuhan tidak membutuhkan orang-orang luar biasa untuk pekerjaanNya, Tuhan hanya membutuhkan orang-orang biasa yang menyediakan dirinya untuk dipakai sebagai alat yang luar biasa di tanganNya.

Bersediakah anda menjawab panggilan Tuhan ini? Kiranya Tuhan menyertai dan memberkati anda di dalam melayani anak-anak!

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Komentar