Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Kendalikanlah Emosimu


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Alat Peraga:
Termometer

Ayat Alkitab:
Habakuk 1:1-3

Tema:
Kendalikan emosimu.

Penyampaian:

Tahukah kamu, apa ini? Ini adalah sebuah termometer.

Ada banyak jenis termometer. Ini adalah termometer yang digunakan untuk mengukur suhu udara. Jika udara menjadi semakin hangat, maka bagian yang berwarna merah dalam termometer itu, atau merkuri, akan naik.

Lalu ada jenis termometer lain yang digunakan untuk mengukur suhu badanmu kalau kamu sedang sakit. Dan mungkin di dalam lemari pendingin kita, ada sebuah termometer yang bentuknya seperti kotak susu, untuk mengukur dinginnya lemari es itu.

Tetapi, tahukah kamu, tidak ada termometer yang dapat mengukur panasnya emosi kita.

Tahukah kamu, apa itu emosi? Emosi yang tinggi adalah ketika kamu marah kepada seseorang dan kamu ingin sekali berteriak dan melakukan sesuatu yang dapat melepaskan rasa marah itu dari badanmu.

Mungkin ibumu atau ayahmu kadang-kadang mengatakan, "Kendalikan emosimu!" atau "Jangan marah-marah!" Mungkin setiap orang tua pernah mengatakan hal itu.

Emosi kadang-kadang dapat menguasai kita. Mungkin kita juga mengatakan atau melakukan hal-hal yang lalu membuat kita merasa menyesal.

Boleh saja kita menunjukkan kepada orang lain bahwa kita sedang marah kepada mereka dengan mengatakannya, tetapi jangan biarkan emosi menguasai kita. Sebaiknya kita menyimpan emosi kita, sehingga kita dapat mengatakan kepada orang lain kalau ada sesuatu yang menyinggung perasaan kita.

Tetapi kita dapat melepaskan rasa marah kita tanpa harus meledakkan emosi kita. Kalau kita sedang marah, maka kita harus berusaha mengampuni orang yang membuat kita marah itu.

Kadang-kadang emosi juga dapat menyebabkan tindak kekerasan. Kalau begitu, maka badan atau perasaan orang lain pasti akan terluka. Kalau itu terjadi, maka banyak orang yang akan merasa kecewa.

Bukan itu yang Tuhan mau. Tuhan mau agar kita mengendalikan emosi kita dan hidup dalam kerukunan. Dengan pertolongan Tuhan, kita semua dapat mengendalikan emosi kita.

Doa:
Ya Tuhan, kami mau hidup dalam kerukunan. Tolong kami untuk mengendalikan emosi kami. Amin!

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Ceritakan untuk Anak-anak Sekolah Minggu (Buku I): Sebuah Sumber Ibadah
Pengarang: 
Donna McKee Rhodes
Halaman: 
63 - 65
Penerbit: 
Gospel Press
Kota: 
Batam

Komentar