Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Paket Cerita Kreatif


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Garis besar acara:

Seluruh acara minggu itu dikemas dalam sebuah judul cerita kreatif, misalnya:
- "Pangeran Murah Hati dan Penduduk Negeri Bahagia"
- "Putri Pemalu Mencari Obat Sukacita"
- "Pangeran Murung dan Buah Apel Merah" Cerita-cerita sejenis dapat guru ambil (adopsi) dari buku-buku cerita anak, atau guru mengarang sendiri cerita kreatifnya.

Tujuan acara:

Anak mendapatkan suasana baru dalam SM, sehingga mereka belajar memahami sisi lain dari sebuah kehidupan. Misalnya, pada cerita "Pangeran Murah Hati dan penduduk negeri Bahagia", anak-anak dapat diminta berperan sebagai penduduk negeri Bahagia. Anak dalam cerita diminta memberikan pendapat bagaimana cara agar sebuah negeri (negara) itu bahagia? Apa yang harus dilakukan penduduknya? Apa yang harus dilakukan pemimpinnya (sang pangeran)?

Persiapan acara:

Guru menentukan cerita yang diinginkan, lalu menyiapkan dekor, kostum dan perlengkapan penduduknya. Misalnya, cerita yang dipilih adalah "Pangeran Murah Hati dan Penduduk Negeri Bahagia".

Contoh Kegiatan dalam Paket Acara ini:
  1. Misalnya, Pangeran Murah Hati (diperankan guru yang mengenakan kostum pangeran) mengajak anak menyanyi, bercerita dan memimpin seluruh acara SM.

  2. Pangeran berdialog dengan anak-anak (yang memerankan penduduk negeri Bahagia), tentang: "Apa resep supaya sebuah negeri itu bahagia?", misalnya, salah satu jawabnya adalah kalau setiap orang bersikap "murah hati" satu sama lain.
Kembangkan dialog menjadi lebih luas sesuai tujuan cerita. Cerita Alkitab dapat diceritakan oleh Pangeran tersebut (menjadi cerita dalam cerita).

Demikianlah beberapa kreasi paket acara yang dapat menjadi contoh bagi guru-guru dalam merangkai sebuah acara. Dalam acara ini, "publikasi" dan undangan kepada anak dapat dibuat menarik dengan menyertakan judul-judul paket yang menarik tersebut, sehingga anak- anak dapat merasakan acara Sekolah Minggu yang kreatif dan menarik.

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Sumber
Judul Buku: 
Teknik Kreatif dan Terpadu dalam Mengajar Sekolah Minggu
Pengarang: 
Paulus Lie
Halaman: 
149 - 150
Penerbit: 
Yayasan Andi
Kota: 
Yogyakarta
Tahun: 
1999

Komentar