Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Bersyukur Kepada Allah


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Bahan mengajar "Bersyukur Kepada Allah" di bawah ini merupakan salah satu contoh bagaimana mengajar Sekolah Minggu dengan kreatif. Tujuan utama pengajaran di bawah ini adalah untuk memberikan nuansa baru kepada anak-anak SM dalam menyerap pengajaran.

BERSYUKUR KEPADA ALLAH

Bahan Penolong:

Sarang burung yang kuat dan tebal.

Pelaksanaan:
  1. Mengenai hal ini Anda dapat membawa sarang burung ke kelas sebagai alat bantu mengajar. Perlihatkan sarang burung itu kepada anak-anak, dan rangsanglah rasa ingin tahu anak-anak mengenai sarang burung itu. Anda dapat berkata, "Sarang burung ini indah bukan? Lihatlah bahan untuk membuat sarang ini tebal, empuk dan kuat!" Dan lanjutkan dengan pertanyaan yang sederhana, "Perhatikan baik-baik, bahan apa saja yang dipakai burung untuk membuat sarang ini?" Pertanyaan Anda akan membangkitkan keingintahuannya dan membuat anak memperhatikan dengan semangat. Dan biarkan anak-anak menjawab pertanyaan Anda dengan pengertiannya sendiri.

  2. Bongkarlah sarang burung itu dan libatkan anak-anak untuk memisahkan bahan-bahan pembuat sarang. "Lihatlah ada rumput kering, ada bulu-bulu, ada ranting-ranting, dan ada serat-serat yang lain! Menurutmu dari manakah burung mendapatkan bahan-bahan untuk membuat sarangnya? Dengarkanlah setiap jawaban mereka. Lanjutkan menerangkan sarang burung. "Membuat sarang bukan pekerjaan mudah, setiap sarang harus dibuat dengan sangat cermat. Menurut kalian, bagaimana seekor burung tahu cara membuat sarang?" Pertanyaan ini akan merangsang mereka berpikir, sehingga mereka tahu dan memberi jawaban bahwa Tuhan yang memberitahu burung dalam membuat sarang.

  3. Lalu tegaskanlah, "Tepat sekali karena Alkitab telah mengatakan bahwa segala sesuatu dijadikan oleh Allah. Nah, apa lagi yang diciptakan Allah?" Karena percakapan telah menghangat maka anak- anak dapat dengan spontan menjawab, misalnya, "Tuhan menciptakan anjing", "Tuhan menciptakan pohon", "Tuhan menciptakan saya", dan sebagainya. Setelah itu ajaklah setiap anak bersyukur dengan segala sesuatu yang telah diciptakan Tuhan, dan bersyukur karena Tuhan telah menciptakan mereka, serta bersyukur untuk adik, kakak, orangtua, dan keluarga yang mereka miliki.

  4. Pertanyaan-pertanyaan sederhana yang telah Anda sampaikan tersebut, dapat mendorong anak untuk memberikan respon kepada Anda terhadap segala sesuatu.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Bagaimana Bercakap-cakap dengan Anak Kecil
Pengarang: 
Rachel Iversen
Penerbit: 
Yayasan Kalam Hidup
Kota: 
Bandung
Tahun: 
1978

Komentar