Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Para Nabi dan Cerita Mereka


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

UNTUK PEMBINA

  1. Bacalah Yesaya 53:3-9.
  2. Pelajarilah cerita ini.
  3. Apakah Anda siap bercerita? Mulailah!
  4. Dalam pelajaran ini, kita ingin supaya murid-murid mengetahui bahwa Allah memiliki banyak nabi untuk bercerita kepada umat Israel mengenai seorang yang dijanjikan kepada Adam, Abraham, dan Daud. Perlihatkan kitab-kitab para nabi kepada murid-murid yang ada di dalam Alkitab. Semua kitab ini adalah kitab dari Yesaya sampai dengan Maleakhi.
  5. Pelajaran ini menghubungkan Perjanjian Lama dengan Perjanjian Baru. Alkitab itu satu cerita yang panjang. Cerita yang sudah dipelajari adalah cerita tentang bagaimana Allah menyatakan diri-Nya kepada manusia. Cerita itu merupakan dasar untuk menolong para pendengar mengenali orang yang dijanjikan Allah untuk mengalahkan Iblis.

CERITA

Allah memilih banyak nabi untuk umat Israel. Mereka ini disuruh Allah untuk mengingatkan umat Israel bahwa Allah akan menghukum mereka karena dosa mereka. Namun, banyak orang Israel tidak menaati firman Allah dan mulai menyembah dewa. Para nabi memberitahu umat Israel bahwa kalau mereka tidak bertobat, Allah akan menghukum mereka. Mereka akan mati. Allah tidak ingin umat-Nya menyembah dewa dan roh jahat.

Beberapa nabi hidup pada zaman raja-raja Israel. Beberapa kitab di dalam Alkitab ditulis oleh nabi-nabi. Di antaranya para nabi yang disebut nabi-nabi besar, yaitu Yesaya, Yeremia, Daniel, Zakharia, Maleakhi, dan Hosea.

Melalui para nabi, Allah memberitahu orang-orang Israel bahwa seorang yang dilahirkan nanti akan mengalahkan Iblis. Jikalau umat Israel mendengarkan para nabi, mereka akan mengetahui banyak hal mengenai orang itu. Allah tidak melupakan janji-Nya kepada Adam, Abram, dan Daud.

Marilah kita membaca beberapa keterangan mengenai orang yang akan mengalahkan Iblis. Sekarang bacalah pada kolom JANJI saja. Jangan membaca mengenai PENGGENAPAN.

JANJI NUBUAT TENTANG SEORANG YANG AKAN MENGALAHKAN IBLIS PENGGENAPAN
Yesaya 9:7 Dia mewarisi kedaulatan Daud Matius 1:1
Mikha 5:2d Tempat lahirnya Matius 2:1
Daniel 9:25 Kapan Dia akan lahir Lukas 2:1-2
Yesaya 7:14 Siapa ibu-Nya? Matius 1:18
Yeremia 7:14 Banyak anak akan dibunuh Matius 2:16
Hosea 1:11 Pelarian ke negeri Mesir Matius 2:14
Yesaya 9:1-2 Pekerjaan di Galilea Matius 4:12-16
Mazmur 110:4 Seorang imam seperti Melkisedek Ibrani 6:20
Yesaya 53:3 Ditolak orang Israel Yohanes 1:11
Yesaya 11:2 Sifat-Nya Lukas 2:52
Zakharia 9:9 Datang ke Yerusalem Matius 21:1-11
Mazmur 41:9 Ditipu oleh teman Markus 14:10
Zak. 11:12-13 Dijual untuk tiga puluh uang perak Matius 26:15
Mazmur 27:12 Tuduhan yang tidak benar Matius 26:59-62
Yesaya 53:7 Tidak membela diri Matius 14:65
Yesaya 50:6 Dipukul dan diludahi Markus 14:65
Mazmur 69:4 Dibenci tanpa alasan Yohanes 15:23-25
Yesaya 53:4-5 Menderita demi orang lain Matius 8:16-17
Yesaya 53:12 Disalib di antara dua penjahat Matius 27:38
Mazmur 22:16 Tangan dan kaki-Nya dipaku Yohanes 20:25-27
Mazmur 22:6-8 Dihina dan diolok-olok Matius 27:39-44
Yesaya 53:12 Mendoakan musuh-musuh-Nya Lukas 24:34
Mazmur 22:18 Membagi-bagikan pakaian-Nya Markus 15:24
Mazmur 34:20 Tulang-tulang tidak patah Yohanes 19:33
Yesaya 53:9 Dikuburkan di antara orang kaya Matius 27:57-60
Mazmur 16: 10 Bangkit dari kubur-Nya Lukas 24:1-8
Mazmur 68:18 Naik ke surga Lukas 24:50-51

(Pelajarilah janji-janji Allah itu dan pilihlah beberapa untuk diajarkan kepada murid-murid Anda. Tidak perlu semuanya dipakai! Jangan menyebutkan alamat dan ayat yang di sebelah kanan.)

Kebanyakan umat Israel menolak peringatan para nabi. Mereka membunuh beberapa nabi dan terus melaksanakan perbuatan jahat seperti bangsa lain. Beberapa tahun kemudian, tempat tinggal Allah dibangun -- yang disebut Bait Allah.

Beberapa orang Israel pergi ke Bait Allah untuk berbakti, tetapi kebanyakan di antara mereka tidak percaya kepada Allah atau janji-Nya. Mereka menaati ajaran palsu. Guru yang mengajarkan ajaran palsu itu menyesatkan mereka.

Umat Israel berdosa karena tidak menaati perintah Allah. Maka Allah mengirim orang-orang supaya mereka menderita. Bangsa yang tinggal di sekitar mereka memerangi umat Israel. Dan karena mereka tidak taat kepada Allah, maka mereka kalah.

Namun, beberapa orang Israel ada yang masih setia dan taat kepada Allah. Mereka sungguh-sungguh berharap dan percaya kepada Allah bahwa Dia akan mengirim Seseorang untuk mengalahkan Iblis.

Sesudah umat Israel tinggal selama tujuh puluh tahun di negeri Babel, mereka diizinkan pulang ke Yerusalem. Allah memilih dua orang laki-laki, Ezra dan Nehemia, untuk memimpin orang Israel pulang ke negerinya. Dua nabi itu menggerakkan umat Israel untuk memperbaiki tembok di sekitar Yerusalem. Tembok itu rusak waktu perang dan orang Israel dibawa oleh tentara ke negeri Babel.

Ketika itu, Allah memilih seorang nabi lain, namanya Maleakhi. Maleakhi memberitahu umat Israel bahwa orang yang dijanjikan Allah akan datang ke dunia untuk yang kedua kalinya. Nabi itu mengatakan bahwa sebelum Orang yang dijanjikan itu datang untuk pertama kali, seseorang akan mengumumkan kedatangan-Nya.

Sesudah masa Maleakhi, tidak ada nabi lagi selama empat ratus tahun. Perjanjian Lama diakhiri dengan tulisan para nabi. Allah sudah menyelesaikan bagian pertama firman-Nya, Alkitab.

Walaupun kebanyakan orang Israel tidak taat kepada perintah Allah, masih ada beberapa orang Israel yang tetap setia. Mereka adalah Abraham, Ishak, Yakub, Musa, Yosua, Daud, dll.. Mereka percaya kepada janji Allah bahwa Allah akan mengirim Seseorang yang akan mengalahkan Iblis. Allah mengetahui bahwa mereka tetap percaya, oleh karena itu, Allah memberkati mereka dan ia merasa senang karena mereka hidup sesuai dengan rencana-Nya. Mereka menunggu dengan penuh harapan akan kelahiran orang yang dijanjikan Allah itu.

TANYAKAN KEPADA MURID-MURID

  1. Sifat-sifat Allah yang mana yang dijelaskan dalam cerita ini?
  2. Bagaimana sifat-sifat Allah itu dinyatakan?

SIFAT-SIFAT ALLAH DALAM CERITA INI

  1. Allah itu Sumber Rahmat -- Allah mengirim beberapa nabi untuk mengingatkan orang Israel bahwa Allah akan menghukum mereka karena dosa-dosa mereka. Para nabi juga menjelaskan kepada mereka tentang orang yang Allah janjikan. Orang yang dijanjikan itu akan menyediakan korban yang sempurna untuk membebaskan dosa-dosa mereka. Korban ini akan diterima oleh Allah. Dari masa Adam sampai kepada masa nabi-nabi, Allah terus-menerus menjelaskan tentang orang yang dijanjikan itu.

  2. Allah Mahatahu -- Allah merencanakan semua yang terjadi di dalam kehidupan orang yang dijanjikan.

  3. Allah itu Mahabenar -- Allah menghukum umat Israel yang berdosa oleh karena Dia sudah memberitahu mereka bahwa Dia akan berbuat demikian. Umat Israel dibawa ke negeri lain dan di situ mereka harus menjadi budak raja itu.

ALAT PERAGA

Pakailah Alkitab! Ajaklah para murid mencari salah satu judul kitab di dalam Perjanjian Lama yang ditulis oleh para nabi.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Sampaikan Cerita Keselamatan: Menyatakan Sifat-sifat Allah dan Kebenaran-Nya
Pengarang: 
Dell & Rachel Schultz
Halaman: 
96 -- 102
Penerbit: 
Lembaga Literatur Baptis

Komentar