Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Ide Permainan untuk Sekolah Minggu


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

I. MENDENGARKAN SUARA GEMBALA (UNTUK KELAS KECIL)

Persiapan:

  1. Sebuah tongkat
  2. Jumlah peserta tidak terbatas
  3. Permainan diadakan di luar ruangan

Cara bermain:

Para peserta yang lain berdiri dengan membuat lingkaran. Mereka diumpamakan sebagai domba-domba. Kemudian salah seorang dari mereka yang cukup lincah ditunjuk untuk menjadi gembala dan berdiri di tengah-tengah lingkaran.

Gembala tersebut memukul tongkatnya ke lantai dan berkata, "Jalan!" maka "domba-domba" itu harus mengatakan "mbek" sambil berjalan di tempat. Suara domba itu harus sesuai dengan irama pukulan yang dibuat oleh gembala. Kalau pukulannya cepat, domba-domba itu harus berjalan cepat. Kalau pukulannya lambat, domba-domba itu harus berjalan lambat.

Kalau gembala mengangkat tongkatnya, domba-domba itu harus bertepuk tangan dan berhenti berjalan. Tepukan mereka juga harus sesuai dengan irama yang diberikan oleh gembala. Kalau tongkat diangkat satu kali, domba-domba itu bertepuk tangan satu kali. Kalau tongkat itu digerakkan dengan cepat, tepukan mereka juga harus cepat. Demikianlah seterusnya sesuai dengan yang diinginkan oleh si gembala.

Tujuan:

Dalam Injil Yohanes 10:27, Tuhan Yesus mengumpamakan diri-Nya sebagai gembala. Kalau kita adalah domba-domba-Nya kita pasti mengenal suara-Nya dan mengikut Dia karena Tuhan Yesus juga mengenal domba-domba-Nya.

II. TEBAK-TEBAKAN (KELAS BESAR)

Persiapan:

Beberapa potongan kertas yang bertuliskan satu ayat Alkitab.

Cara bermain:

Para peserta dibagi menjadi dua kelompok. Kemudian pemimpin permainan memanggil salah seorang dari setiap kelompok maju ke depan untuk melihat ayat Alkitab yang ditulis pada sehelai kertas. Masing-masing mereka harus membuat gerakan-gerakan untuk menerangkan ayat tersebut, tetapi tidak boleh mengeluarkan suara.

Pembimbing memberi batas waktu (misalnya satu setengah menit) kepada kedua wakil kelompok untuk menawar. Apabila ayat tersebut belum juga dapat ditebak, setiap kelompok diberi kesempatan untuk menawar sebanyak tiga kali agar waktunya diperpanjang.

Tujuan:

Supaya kita menyimpan janji Tuhan di dalam hati sehingga kita tidak berdosa kepada-Nya (Mazmur 119:11).

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Sumber
Judul Buku: 
100 Permainan dan 500 Kuis Alkitab
Pengarang: 
Dr. Mary Go Setiawani dan Rachmiati
Halaman: 
74 - 75 dan 168
Penerbit: 
Yayasan Kalam Hidup
Kota: 
Bandung
Tahun: 
1994

Komentar