Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Memilih Bahan


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Salah satu cara untuk mengurangi masalah seputar bahan pelajaran, guru, seperti juga wartawan surat kabar, harus mempunyai perhatian terhadap bahan yang dapat digunakannya. Dalam ibadat pribadinya; ketika membaca buku, majalah, dan surat kabar, mendengarkan radio dan televisi; dan dalam setiap hubungan pribadi dia harus mengumpulkan bahan bagi persiapan pelajaran jangka panjang.

MERENCANAKAN PELAJARAN YANG AKAN DATANG

Dalam kurikulum yang direncanakan dengan hati-hati, setiap, pelajaran dikaitkan dengan pelajaran yang mendahuluinya dan yang mengikutinya. Semua pelajaran itu bersama-sama akan merupakan tema yang lengkap. Setiap penyelidikan harus berkaitan dengan tema umum bagi seluruh unit pelajaran.

Supaya tiap-tiap anggota kelas akan ikut serta dengan aktif guru harus memberikan tugas-tugas terlebih dahulu untuk pelajarannya. Hal ini tidak dapat dilakukan jika guru tidak menggunakan banyak waktu untuk mengadakan rencana dan penyelidikan jangka panjang. Mempertimbangkan pelajaran yang akan datang memang praktis dan perlu bagi guru yang ingin pelayanannya menjadi efektif.

MENYEDIAKAN BAGI KEPERLUAN TIAP-TIAP MURID

Pada waktu memilih bahan, guru harus menyadari akan kebutuhan semua anak didiknya. Juga, keperluan tiap-tiap anak itu harus jelas baginya dan ia harus mempunyai perhatian untuk bahan, bahan yang dapat memenuhi keperluan masing-masing muridnya. Hal ini akan memperkaya setiap pelajaran dan setiap murid.

MEMENUHI KEPERLUAN PRIBADI GURU

Guru yang terlatih dan penuh pengabdian menyadari pentingnya memilih bacaan yang baik, membaca secara sistematis dan dengan pengertian. Guru itu tahu bahwa dia hanya dapat menolong murid-muridnya kalau dia memperkaya pertumbuhan rohaniahnya. Jika dia memperluas visinya, meningkatkan pengetahuannya, memperdalam kerohaniannya, dan menggiatkan imannya sendiri, murid-muridnya akan minum dari aliran air yang hidup dan bukan dari kolam yang tergenang.

Sebagai tambahan akan penelaahan Alkitab yang sistematis, guru akan selalu berusaha untuk memperkaya hidupnya dengan program bacaan yang direncanakan. Ini akan meliputi buku-buku biografi, sejarah, novel, dan tafsiran mengenai kecenderungan masyarakat dewasa ini.

Kategori Bahan PEPAK: Metode dan Cara Mengajar

Sumber
Judul Buku: 
Teaching Techniques
Pengarang: 
Clarence H. Benson
Halaman: 
57 - 58
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas
Kota: 
Malang
Tahun: 
1986

Komentar