Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mengukur Cinta Kasih Tuhan


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Alat peraga

  1. Gelas ukur
  2. Pita ukur
  3. Jam

Tujuan pelajaran

Mengajarkan anak bahwa cinta kasih Tuhan tidak terukur.

Ayat

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal (Yohanes 3:16).

Cerita

Salah satu ayat favorit saya diawali dengan, "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini." Saya memikirkan ayat itu dan bertanya-tanya -- seberapa besarkah kasih Allah itu dan bagaimana kita bisa mengukurnya? Pagi ini saya membawa beberapa alat yang sering kita gunakan untuk mengukur sesuatu. Saya pikir alat-alat itu bisa membantu kita untuk mengukur cinta kasih Tuhan.

Kadang kita menggunakan gelas ukur untuk mengukur sesuatu. Jika saya akan membuat kue, saya akan menggunakan gelas ukur untuk memastikan takaran tepung, gula, dan susunya tepat. Saya bertanya-tanya apakah kita bisa menggunakan gelas ukur itu untuk mengukur cinta kasih Tuhan? Alkitab mengatakan, "TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. ... pialaku penuh melimpah." (Mazmur 23:1-5) Kalau begitu, jika piala kita penuh dengan cinta kasih Tuhan, saya rasa kita tidak akan bisa mengukur cinta kasih Tuhan dengan gelas ukur.

Jika kita membangun sesuatu, kita mungkin menggunakan pita ukur untuk mengukur panjang, lebar, dan tinggi suatu benda. Saya bertanya-tanya apakah kita bisa mengukur cinta kasih Tuhan dengan pita ukur? Alkitab mengatakan bahwa kasih Tuhan mengatasi langit (Mazmur 108:4). Jika kasih Tuhan mengatasi langit, saya rasa kita tidak akan bisa mengukur cinta kasih Tuhan dengan pita ukur, kan?

Kita menggunakan jam untuk mengukur waktu. Mungkin ada orang yang menggunakan jamnya untuk mengukur berapa lama pendeta akan berkhotbah. Saya bertanya-tanya apakah kita bisa menggunakan jam untuk mengukur berapa lama kasih Tuhan akan bertahan. Alkitab mengatakan bahwa kasih Tuhan itu dari selamanya sampai selamanya (Mazmur 103:17). Wow! Jika cinta kasih Tuhan itu dari selamanya sampai selamanya, saya rasa kita tidak akan bisa mengukurnya dengan jam.

"Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal." Bagaimana Anda akan mengukur cinta kasih yang seperti itu? Kita tidak dapat mengukurnya -- dan kita tidak perlu mengukurnya -- tapi kita harus merasakan cinta kasih-Nya.

Doa saya untuk hari ini adalah, "... supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah." (Efesus 3:18-19)

Aktivitas

Sebagai bahan kreativitas pendukung, ajak anak untuk masuk dalam kegiatan mewarnai. Kita bisa mendapatkan bahan tersebut dari alamat berikut ini.

  1. http://www.sermons4kids.com/measuring_colorpg.htm
  2. http://www.sermons4kids.com/john-3-16-colorpg.htm

(t/Dian)

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Artikel: 
Measuring God`s Love
Judul Buku: 
Sermon4Kids

Komentar