Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Pelayanan Publikasi e-BinaAnak


Pengantar: Pada kesempatan penerbitan e-BinaAnak yang ke 100 ini kami ingin mengulas secara khusus pelayanan Milis Publikasi e-BinaAnak. Kami harap dengan mengenal bagaimana e-BinaAnak berkembang sampai saat ini, para anggota milis akan lebih menyayangi Milis Publikasi e-BinaAnak. Marilah kita jadikan e-BinaAnak ini menjadi sarana yang akan mengeratkan tali persahabatan antar guru Sekolah Minggu dan pelayan anak (dimanapun Anda berada), sehingga kita bisa semakin diperlengkapi dan maju dalam melayani Tuhan!

MENGENAL PELAYANAN MILIS PUBLIKASI e-BINAANAK


Milis Publikasi e-BinaAnak mulai diterbitkan sejak Maret 2000 dan sejak saat itu e-BinaAnak telah hadir di mailbox para pelanggan e-BinaAnak dengan setia sampai edisi yang ke 100 ini! Puji Tuhan!!

Selama lebih dari dua setengah tahun ini, pelayanan e-BinaAnak telah berkembang dengan sangat baik. Banyak surat dari anggota Milis telah dilayangkan ke meja Redaksi yang berisi ucapan syukur untuk berkat yang diterima melalui penerbitan e-BinaAnak. Dari pihak Redaksi, kami pun bersyukur karena selama pelayanan e-BinaAnak ini kami sudah belajar banyak. Hal ini sungguh mendorong kami untuk terus memajukan pelayanan ini.

Namun, sekalipun telah sekian lama hadir di mailbox Anda, mungkin masih ada di antara pembaca yang belum mengenal dengan dekat apa dan bagaimana penerbitan e-BinaAnak ini. Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini kami sekali lagi akan mengulas secara singkat pelayanan e-BinaAnak. Pepatah mengatakan, "Tak kenal maka tak sayang". Mudah-mudahan melalui edisi khusus ini e-BinaAnak akan semakin disayang oleh anggota-anggotanya .... :)

MENGENAL PELAYANAN e-BINAANAK

Milis e-BinaAnak adalah sebuah wadah pembinaan dalam bentuk publikasi lewat internet (elektronik) yang disediakan bagi guru-guru Sekolah Minggu dan mereka yang terbeban dan terlibat dalam pelayanan anak.

Visi dan Misi

Visi e-BinaAnak adalah menjadi pelengkap bagi gereja dalam memberikan pembinaan bagi guru-guru Sekolah Minggu atau pelayan- pelayan Tuhan yang terbeban dalam pelayanan anak supaya mereka dapat menjadi pelayan Tuhan yang berkualitas, memiliki visi dan misi dalam pelayanannya, serta menguasai cara-cara melayani anak dengan baik.

Adapun misi e-BinaAnak adalah untuk menyediakan wadah dimana guru- guru Sekolah Minggu, pelayan anak atau mereka yang terlibat dalam pembinaan anak untuk dapat menimba pengetahuan, ketrampilan dan juga sumber-sumber informasi yang dapat menolong mereka menjadi pelayan anak yang takut akan Tuhan, trampil dan bertanggung jawab.

Tujuan
  1. Menyajikan bahan-bahan berupa artikel-artikel pilihan yang dapat dipakai untuk membekali guru-guru Sekolah Minggu dengan pengetahuan yang dapat meningkatkan kualitas mereka dalam melayani Tuhan.
  2. Menyajikan tips mengajar, bahan mengajar atau bahan kegiatan yang dapat menolong guru-guru Sekolah Minggu meningkatkan ketrampilan mereka dalam mengajar dan mengelola pelayanan anak.
  3. Menyajikan bahan-bahan doa, cerita atau permainan-permainan untuk anak-anak yang dapat dipakai guru untuk memberikan variasi dalam mengajar atau melengkapi bahan-bahan mengajar yang ada.
Sejarah e-BinaAnak

Pelayanan Milis Publikasi e-BinaAnak ini dimulai dari adanya kerinduan untuk melihat guru-guru Sekolah Minggu dan mereka yang terlibat dalam pelayanan anak dapat mengembangkan pelayanan anak semaksimal mungkin. Pengalaman di lapangan sering menunjukkan bahwa pelayanan anak, khususnya di gereja, tidak mendapat perhatian yang selayaknya, padahal pelayanan anak merupakan salah satu pelayanan yang paling penting bagi masa depan gereja dan kekristenan pada umumnya. Hal ini bisa ditunjukkan dari sedikitnya usaha dan perhatian gereja dalam memberikan pembinaan bagi guru-guru yang melayani anak-anak tersebut. Untuk menjadi guru-guru Sekolah Minggu yang baik mereka harus dilengkapi dengan pengetahuan dan ketrampilan yang cukup, sehingga pelayanan mereka akan memiliki dasar yang kuat dan kemampuan untuk berkembang. Jika tidak dibina dengan baik maka pelayanan mereka tidak akan memberikan dampak yang berarti bagi anak-anak dan gereja pada khususnya dan bagi kekristenan pada umumnya.

Berangkat dari kerinduan di atas, maka pada bulan Maret 2000, bertepatan dengan Hari Doa Anak Sedunia, Milis Publikasi Elektronik e-BinaAnak diterbitkan. Pada penerbitan perdana tersebut, e-BinaAnak dikirimkan kepada 279 netters, dengan isi yang tidak terlalu padat. Dengan diterbitkannya Publikasi e-BinaAnak, maka di Indonesia telah hadir publikasi elektronik pertama yang berisi bahan-bahan yang membahas khusus tentang hal-hal seputar dunia pelayanan anak Kristen dalam bahasa Indonesia. Sejak itu anggota Milis ini berkembang hingga saat ini mencapai jumlah hampir 1900 anggota.

Lahirnya e-BinaAnak merupakan bukti perhatian besar yang diberikan kepada para pelayan anak. Mengapa para pelayan anak mendapat perhatian besar? Karena di tangan merekalah pelayanan anak dapat digarap dengan baik dan bertanggungjawab. Guru-guru Sekolah Minggu adalah orang-orang yang berperan besar dalam memajukan pendidikan rohani anak. Mereka jugalah yang menjadi ujung tombak untuk memenangkan anak-anak bagi Kristus. Melalui merekalah iman anak-anak boleh dipelihara dan dibangunkan. Jadi bagi para pelayan anaklah, e-BinaAnak terpanggil, yaitu untuk membekali mereka agar dapat menjadi pelayan anak yang memiliki beban dan panggilan untuk melebarkan kerajaan Allah dan memuliakan nama-Nya!

Edisi e-BinaAnak yang ke 100 ini ingin kami jadikan sebagai tonggak dimana staf Redaksi berikrar untuk maju terus, memberikan pelayanan yang lebih baik dibandingkan dengan edisi-edisi sebelumnya. Di lain pihak kami ingin mengajak para pembaca e-BinaAnak dan pelayan anak untuk mengikrarkan hal yang sama, bahwa kita semua, para pelayan anak, ingin melayani Tuhan lebih baik lagi di masa-masa mendatang. Mari kita bersama berdoa agar Tuhan mengijinkan kita untuk terus melayani Dia dengan segenap kekuatan kita. Biarlah Dia menjadikan kita alat-alat-Nya yang berguna untuk mempersiapkan anak-anak yang kita layani agar mereka dapat menjadi generasi penerus gereja yang takut akan Tuhan dan memuliakan nama-Nya yang ajaib!!

Pengembangan Pelayanan Milis e-BinaAnak

= FORUM DISKUSI e-BINAGURU =

Sejak penerbitan e-BinaAnak yang pertama dan selanjutnya, pengurus dan staf Redaksi e-BinaAnak melihat respon-respon yang sangat positif dari berbagai pihak, khususnya para pelanggan e-BinaAnak yang sebagian besar adalah guru-guru Sekolah Minggu. Hal ini didukung dengan kenyataan bahwa e-BinaAnak adalah satu-satunya wadah yang ada di Indonesia bagi para pelayan anak untuk mendapatkan bahan-bahan yang berguna bagi pelayanan anak. Namun Milis e-BinaAnak adalah publikasi yang hanya memberikan komunikasi searah. Mengapa kita tidak mengembangkan pelayanan ini dengan menambah satu wadah lagi dimana para guru Sekolah Minggu dan pelayan anak dapat melakukan komunikasi dua arah?

Pemikiran di atas mendorong pengurus dan staf Redaksi untuk mewujudkan ide membuka satu ladang pelayanan baru untuk melengkapi Publikasi e-BinaAnak. Maka pada pertengahan bulan September 2000 lahirlah Forum Diskusi e-BinaGuru, suatu wadah dimana para guru dan pembaca e-BinaAnak dapat saling berkomunikasi dan berdiskusi tentang berbagi topik seputar Sekolah Minggu dan pelayanan anak.

Puji Tuhan, Forum Diskusi e-BinaGuru juga mendapat tanggapan yang sangat positif. Dengan diprakarsai dan dimoderatori oleh Ibu Meilania, Forum Diskusi ini berjalan dengan baik sampai sekarang. Kami yakin banyak anggota e-BinaGuru yang juga menjadi anggota

e-BinaAnak dapat membagikan berkat-berkat yang didapat dari keikutsertaannya di e-BinaGuru. Bagi para pembaca e-BinaAnak yang belum bergabung dan ingin bergabung dalam e-BinaGuru, silakan kirim email kosong ke:
==> subscribe-i-kan-BinaGuru@xc.org

= SITUS PEPAK =

Edisi-edisi e-BinaAnak yang telah diterbitkan (sekarang jumlahnya sudah 99 edisi) merupakan satu harta yang sangat berharga dan sayang bila hanya disimpan sebagai arsip saja. Oleh karena itu setelah banyak berdoa dan berpikir panjang akhirnya lahirlah gagasan untuk membuat sebuah situs yang bukan hanya akan menyimpan arisp-arsip e-BinaAnak tetapi sekaligus juga menjadi pusat informasi bagi para guru-guru Sekolah Minggu untuk mendapatkan berbagai bahan tentang pelayanan anak yang paling lengkap di Indonesia.

Gagasan itu ternyata betul-betul menjadi kenyataan dengan lahirnya sebuah situs pelayanan anak yang kami beri nama PEPAK, singkatan dari Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen, di alamat:
==> http://www.sabda.org/pepak/

[[Untuk penjelasan lebih lengkap tentang Situs PEPAK ini, e-BinaAnak akan menerbitkan edisi khusus. Tunggu tanggal terbitnya.]]

Tema-tema Besar/Penting yang Telah Dibahas dalam e-BinaAnak

Sebagai rangkuman penerbitan e-BinaAnak, maka berikut ini adalah tema-tema besar/penting yang telah dibahas/dimuat dalam e-BinaAnak!!
 Daftar Tema-tema e-BinaAnak
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Topik/Tema No. Edisi e-BA
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Pel. Anak & Gereja 01, 02, 03, 28, 29, 30
Tentang Anak 14, 19, 20, 21, 22, 23, 34, 44, 45, 46, 47, 49,
 50, 52, 74, 75, 76, 77, 78, 79, 80, 81, 87, 88,
 89, 90
Tentang Guru 06, 07, 10, 11, 12, 13, 33, 58, 91, 92, 93, 94
Tentang Mengajar 08, 09, 16, 40, 51, 62, 63, 64, 65, 73, 82, 83,
 84, 86
PI dan Misi 24, 39, 95, 96, 97, 98, 99
Kurikulum 15, 31, 70, 71, 72
Administrasi SM 57, 59, 60, 61
Musik 41, 42
Natal 17, 48, 53, 54, 55, 56
Paskah 04, 05, 25, 26, 27, 66, 67, 68, 69
Hari-hari Khusus 18, 32, 35, 36, 37, 38, 41, 85
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Jumlah Pembaca/Penerima/Pelanggan e-BinaAnak

Jumlah anggota e-BinaAnak sejak hari penerbitannya selalu bertambah dan menurut laporan terakhir kami mencatat anggota e-BinaAnak sekarang ada 1899 pembaca. Inilah laporan lengkapnya:
Tabel Jumlah Netters:
------------------------------------
Bulan Tahun Jumlah Netters
------------------------------------
Maret 2000 279
Oktober 2000 537
Maret 2001 669
Oktober 2001 1180
Maret 2002 1455
Oktober 2002 1899
Tim Redaksi e-BinaAnak

Inilah daftar orang-orang yang pernah bergabung sebagai Tim Redaksi e-BinaAnak:
- Meilania (editor dan kontributor)
- Tabita Rini Utami (editor, pengetik, dan penerjemah)
- Natalia Endah (editor dan penerjemah)
- Ratnasari (format dan pengetik)
- Margaretha Asih (pengetik dan penerjemah)
- Septiana (format dan pengetik)

Sedangkan yang tergabung sebagai Tim Redaksi saat ini adalah:
- Yulia Oeniyati (mencari bahan, kontributor, dan editor)
- Davida (mencari bahan, pengetikan bahan dan editor)
- Meilania (moderator e-BinaGuru dan kontributor)

Kesempatan Melayani

Milis Publikasi e-BinaAnak ini adalah milik semua guru Sekolah Minggu dan pelayan anak, oleh karena itu pada kesempatan ini Staf Redaksi ingin mengundang anggota dan pembaca e-BinaAnak untuk ikut berpartisipasi melayani. Jika Anda memiliki telenta menulis atau menerjemahkan (bahasa Inggris ke Indonesia), silakan bergabung dengan kami untuk bersama-sama melayani di Publikasi e-BinaAnak. Bagi Anda yang terbeban, silakan menghubungi:
==> Staf Redaksi e-BinaAnak, staf-BinaAnak@sabda.org

Bagi yang tidak memiliki talenta menulis atau menerjemahkan, Anda masih bisa bergabung dengan kami untuk melayani. Kami membutuhkan dukungan doa setiap saat. Maukah Anda secara rutin berdoa bagi pelayanan Publikasi e-BinaAnak? Jika Anda bersedia, silakan menghubungi:
==> Doa-BinaAnak@sabda.org

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Komentar