Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Permainan untuk Pengakraban


  1. SALING MENGENAL

    Persiapan:

    1. Beberapa lembar koran.
    2. Permainan ini dapat dilakukan di dalam atau di luar ruangan.

    Cara bermain:

    Setiap kali permainan diadakan, hanya dua peserta yang terlibat, sedangkan yang lain menjadi penonton. Permainan ini dapat dilakukan berulang-ulang.

    Setelah itu, dua orang diminta maju ke depan, sebaiknya sejenis, pria dengan pria dan wanita dengan wanita. Selembar koran dihamparkan di lantai dan kedua orang itu berdiri di atasnya. Mereka tetap berdiri di atas koran sambil merobeknya menjadi setengah dan mereka berdua berdiri di atas koran yang tinggal setengah itu. Kemudian koran itu dirobek lagi menjadi seperempat, makin lama kertas itu makin kecil. Kedua peserta itu berdiri semakin dekat sampai mereka berpegangan tangan. Kalau lembaran koran itu tidak dapat dirobek lagi menjadi lebih kecil, maka kedua peserta tersebut harus berusaha mencari akal agar dapat berdiri, mungkin dengan menggunakan sebelah kaki atau berdiri dengan ujung kaki di atas kertas kecil itu. Peserta yang tetap bertahan dan tidak jatuh selama waktu yang ditentukan dinyatakan sebagai pemenang.

    Tujuan:

    Mendidik para peserta agar saling mengasihi dan saling menolong (Galatia 5:13).

  2. SAUL MENGEJAR DAUD

    Persiapan:

    1. Permainan ini dapat diadakan di dalam atau di luar ruangan.
    2. Jumlah pemain 15 - 20 orang.

    Cara bermain:

    Pemimpin memilih tiga orang dari para peserta untuk menjadi Saul, Daud, dan Yonatan. Ketika pemimpin memilih Daud dan Yonatan, orang yang menjadi Saul tidak boleh mengetahui.

    Yang menjadi Yonatan berusaha melindungi Daud dan berjalan keliling bersama dengan para peserta lainnya dalam lingkaran yang besar. Yang menjadi Saul berada di luar lingkaran, mencari Daud dan Yonatan.

    Jika Saul dua kali salah menerka siapa yang menjadi Daud, maka ia dihukum. Lama waktu pencarian 30 menit.

    Tujuan:

    Agar setiap pemain mengerti lebih mendalam bagaimana hubungan Saul, Yonatan, dan Daud serta belajar dari persahabatan Yonatan dan Daud (Amsal 17:17).

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Sumber
Judul Buku: 
100 Permainan dan 500 Kuis Alkitab
Pengarang: 
Dr. Mary Go Setiawani dan Rachmiati
Halaman: 
179-180 dan 181
Penerbit: 
Yayasan Kalam Hidup
Kota: 
Bandung
Tahun: 
1994

Komentar