Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Kita Perlu Memperhatikan Tuntunan Kita


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Dalam membimbing anak-anak terus ingatkan mereka untuk tidak lepas dari tuntunan mereka, yaitu Alkitab. Bahan mengajar berikut ini merupakan salah satu cara untuk mengajarkan tentang pentingnya hidup di bawah pimpinan firman Tuhan.

KITA PERLU MEMPERHATIKAN TUNTUNAN KITA

Alat Peraga:

Suatu gambar garis yang ada di sebuah jalan.

Ayat Alkitab:

Mazmur 119:33-40

Tema:

Alkitab memberi kita tuntunan.

Penyampaian:

Beberapa hari yang lalu ketika saya sedang menyetir mobil, saya memikirkan betapa pentingnya mengikuti peraturan mengendarai mobil dengan aman. Ada gambar garis-garis di atas jalan itu. Ini adalah gambar garis-garis di sebuah jalan.

Tahukah kamu apa arti garis-garis putih sepanjang jalan itu?

Garis ini digambar di atas jalan untuk memberikan petunjuk kepada para pengemudi. Jika seorang pengemudi terlalu jauh melampaui garis di sepanjang pinggir jalan, maka dia mungkin akan menabrak sesuatu. Dan, jika pengemudi itu melewati garis tersebut, maka dia akan menabrak mobil lainnya.

Jika garis putih itu terputus-putus, maka artinya adalah, pengemudi boleh melewati garis itu untuk mendahului mobil lain. Jika garis putih itu tidak terputus, itu berarti pengemudi tidak boleh mendahului mobil lain karena keadaan jalan yang berbahaya. Semua garis itu menyediakan tuntunan kepada para pengemudi.

Kamu semua masih terlalu kecil untuk mengingat semua peraturan tentang mengemudi kendaraan. Tetapi, seperti juga garis-garis di jalan ini menyediakan tuntunan kepada para pengemudi, demikian juga ada tuntunan bagi kita yang harus kita ikuti, sepanjang hidup.

Kita semua tahu bahwa kita harus berusaha untuk menjalani kehidupan sebagai orang Kristen. Alkitab menyediakan tuntunan-tuntunan untuk melakukannya. Kita mempelajari tuntunan ini di Sekolah Minggu, dalam kebaktian pagi, dan dari orangtua kita.

Mengikuti tuntunan ini tidak selalu mudah. Kalau kita melanggar garis yang telah disediakan oleh Alkitab, maka kita akan menghadapi masalah, seperti seorang pengemudi yang melewati garis-garis di jalan itu.

Satu hal yang memudahkan kita mengikuti tuntunan itu adalah hadirat Tuhan yang senantiasa ada dalam hidup kita. Dengan pertolongan dan pimpinan Tuhan, kita dapat mengikuti tuntunan yang benar.

Doa:

Ya, Tuhan, tolong kami untuk selalu berada di dalam garis tuntunan hidup ini. Amin!

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Ceritakan untuk Anak-anak Sekolah Minggu (Buku I): Sebuah Sumber Ibadah
Pengarang: 
Donna McKee Rhodes
Halaman: 
45 - 47
Penerbit: 
Gospel Press
Kota: 
Batam

Komentar