Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Bagaimana Mengajar Seperti Yesus


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Anda tidak perlu memunyai pendidikan yang tinggi atau kemampuan khusus untuk bisa mengajar seperti Yesus. Yesus mengajar hanya dengan berbicara kepada orang lain, bercerita, dan menggunakan contoh-contoh yang diambil dari kehidupan sehari-hari yang sudah dipahami oleh orang-orang. Sekarang ini, Anda juga bisa melakukan hal yang sama di kelas SM Anda atau saat Anda mengajar pada kesempatan-kesempatan lain.

Langkah-langkah bercerita bisa dijabarkan seperti berikut ini.

  1. Pikatlah pendengar Anda dan berbincang-bincanglah dengan mereka. Yesus lebih dari sekadar orang yang pandai bercerita dan Anda juga harus demikian.

  2. Berceritalah. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan cerita yang Yesus ceritakan dalam bentuk perumpamaan. Anda bisa menggunakan cerita-cerita Alkitab atau cerita-cerita dari kehidupan Anda sendiri atau dari bahan-bahan yang sudah Anda pelajari. Cerita-cerita Anda harus mencerminkan pola dan berhubungan dengan kehidupan sehari-hari yang kita pahami.

  3. Gunakan simbol. Yesus menggunakan simbol-simbol keagamaan seperti "roti hidup" yang sudah biasa didengar oleh pendengar-Nya. Simbol-simbol yang bisa Anda gunakan misalnya adalah salib Kristus atau Perjamuan Kudus.

  4. Mengajarlah sesuai dengan tingkat pendengar Anda. Pelajaran bagi anak kelas empat sangatlah berbeda dengan pelajaran bagi orang dewasa yang berpendidikan universitas. Yesus menyesuaikan pesan yang disampaikan-Nya dengan apa yang sudah dipahami oleh pendengar-Nya.

  5. Bangunlah apa yang sudah dipercayai oleh pendengar Anda. Yesus tidak pernah menyerang orang lain karena kepercayaan mereka. Yesus menggunakan kepercayaan mereka itu sebagai dasar untuk membantu mereka memahami kebenaran yang sedang diajarkan-Nya.

  6. Ungkapkan lagi pesan yang ingin Anda sampaikan kapan saja bila Anda merasa perlu. Yesus bersabar saat Ia mengajar. Ia mengulangi apa yang Ia ajarkan atau menggunakan cerita lain untuk memastikan ajaran-Nya dipahami.

  7. Perhatikan murid-murid Anda. Untuk bisa mengajar seperti Yesus mengajar, Anda memerlukan kasih yang tulus bagi murid-murid Anda. Yesus menginginkan pendengar-Nya memahami, belajar, dan mengikuti Dia. (t/Ratri)

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Sumber
Judul Artikel: 
How to Teach like Jesus
Judul Buku: 
eHow

Komentar