Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mendidik Anak Untuk Melayani Melalui Ibadah SM


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Salah satu cara untuk mengajarkan arti pelayanan kepada anak adalah dengan merancang satu program ibadah anak di mana di dalamnya anak- anak terlibat untuk melayani satu dengan lainnya.

  1. Ibadah dimulai dengan lagu-lagu yang dapat mengaktifkan anak-anak untuk terlibat dan menciptakan rasa kesatuan dalam kelompok. Selanjutnya akhiri lagu-lagu pujian sebelum pelajaran Alkitab dimulai.
  2. Anak-anak kelas besar yang duduk di kelas 5 SD mengumpulkan, menghitung, dan mengedarkan persembahan. Pada saat persembahan, anak-anak secara berkelompok menampilkan musik khusus. Setiap bulan mereka bisa mencalonkan seorang misionaris atau hamba Tuhan khusus sebagai penerima persembahan. Harapannya dengan mengenalkan seorang misionaris atau hamba Tuhan, anak-anak dapat menjadi pendukung misionari yang aktif. Dari waktu ke waktu berikan kesempatan kepada anak-anak untuk melayani anak-anak lainnya. Misalnya, dengan mengumpulkan dana atau barang-barang yang dapat diberikan ke panti-panti asuhan.
  3. Pada saat berdoa, anak-anak dapat membentuk kelompok kecil dipimpin oleh seorang pemimpin doa yang mengajari mereka bagaimana berdoa untuk anak lainnya. Catat semua permohonan doa sehingga anak-anak dapat melihat bagaimana Tuhan meresponi dan menjawab doa mereka.
  4. Selanjutnya anak-anak kelas enam bisa menampilkan tampilan lagu-lagu pujian yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Anak-anak ini bertemu beberapa kali untuk mempersiapkan pertunjukan panggung yang berhubungan dengan tema. Guru bisa membantu pertunjukkan boneka itu dengan memainkan musik. Tanggung jawab diberikan kepada anak yang lebih tua supaya mereka merasa dibutuhkan, agar mereka belajar melayani dalam setiap persiapannya juga mengajar mereka untuk melayani orang lain. Anak-anak yang lebih muda memberikan penghargaan kepada mereka melalui tepuk tangan atau pujian.
  5. Selanjutnya anak-anak mengikuti pelajaran Alkitab dalam kelompok kecil dan membuat lingkaran untuk mempelajari bagian-bagian yang berbeda dalam cerita yang diberikan. Dengan demikian keragaman dalam mengajar bisa ditambah sambil menjaga agar anak-anak tetap aktif. (t/rat)

Kategori Bahan PEPAK: Anak - Murid

Sumber
Judul Buku: 
Kids Serving Kids
Pengarang: 
Mark Schoonover
Penerbit: 
Childrens Ministry

Komentar