Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Bawalah Seorang Teman Kepada Yesus


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

NYANYIAN BERSAMA

"Senang, Selalu Senang"; "Anak-anak Kecil Tuhan Cinta".

CERITA

Kita senang bila ada tamu di rumah kita, bukan? Sangat menyenangkan untuk membuat persiapan menyambut mereka. Kita ingin rumah kita rapi dan bersih, dan kita memikirkan cara-cara untuk menyenangkan mereka selama mereka ada bersama kita. Kita mengharapkan mereka mau datang kembali.

Pada suatu hari ketika Mira dan Rudi pulang dari sekolah, ibu mereka menceritakan bahwa Nenek akan datang berkunjung. Ini merupakan kabar yang menggembirakan, karena mereka sangat mencintai nenek mereka. Rudi memutuskan untuk membeli permainan teka-teki potongan gambar, karena Nenek gemar menyusunnya. Ibu membuat sebuah daftar makanan kesukaan Nenek, dan Mira menolong dengan membersihkan rumah. Ketika akhirnya Nenek tiba, semuanya sudah bersih dan rapi. Seluruh keluarga telah bekerja keras membuat persiapan bagi kedatangannya. Mereka senang mendapat kunjungan Nenek dan berusaha sebisa mungkin agar Nenek senang untuk tinggal.

Seperti halnya Mira dan Rudi menyiapkan segala sesuatu untuk kedatangan tamu mereka, demikian juga kita ingin bersiap-siap untuk kedatangan tamu-tamu kita di Sekolah Minggu. Tentu saja kita ingin agar ruangan kita kelihatan menyenangkan. Tetapi yang lebih penting lagi ialah memperlakukan tamu-tamu kita dengan ramah. Bagaimana kita dapat melakukan hal ini? (Doronglah murid-murid untuk memberikan saran, tetapi bimbinglah pembicaraan itu agar tetap berarti dan teratur.)

Salah satu hal yang perlu kita ingat jika membawa seorang tamu ialah memperkenalkan dia kepada teman-teman kita dan kepada para guru. Pernahkah kalian menjadi seorang asing? (Terangkan bahwa seorang asing adalah orang yang tidak kenal dengan orang-orang yang ada.) Menjadi seorang asing tidak menyenangkan, bukan? Tetapi tamu-tamu kita tidak akan merasa asing jika kita menolong mereka untuk saling berkenalan. Kita juga berharap bahwa mereka akan segera mengenal Teman kita yang paling akrab, yaitu Tuhan Yesus.

Hal lain yang perlu diingat jika kita mempunyai tamu ialah bertindak dengan sopan. Orang yang sopan tidak akan saling mendorong atau mendesak. Mereka akan membantu tamu mereka mendapat tempat duduk. Anak-anak yang sopan akan membantu meriangkan suasana kelas dengan berlaku baik di dalam kelas. Mereka akan melakukan apa saja agar para tamu merasa senang telah menghadiri Sekolah Minggu sehingga mereka ingin kembali.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Buku Pintar Sekolah Minggu jilid 2
Halaman: 
9
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas
Kota: 
Malang
Tahun: 
1996

Komentar