Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Peraturan untuk Guru yang Baik


Jenis Bahan PEPAK: Tips

John Milton Gregory, penulis buku yang terkenal Tujuh Hukum Mengajar memberikan beberapa pentunjuk/peraturan mempersiapkan pelajaran yang penting untuk seorang guru yang baik:

  1. Persiapkan bahan pelajaran dengan mempelajarinya berulang-ulang. Jangan mengandalkan bahwa dulu kita sudah pernah mempelajarinya, karena apa yang kita ketahui dulu pasti sebagian sudah terhapus dari ingatan kita. Untuk mencapai hasil yang terbaik diperlukan penyegaran kembali terhadap bahan-bahan tsb.

  2. Carilah urutan yang logis dari tiap bagian dalam pelajaran yang dipersiapkan tsb. Setiap pelajaran selalu berangkat dari pengertian-pengertian dasar yang sederhana untuk kemudian mencapai tingkatan pengertian yang setinggi-tingginya.

  3. Pelajarilah urut-urutan logis dari pelajaran yang dipersiapkan tsb. sampai terwujud suatu pengertian yang dapat saudara uraikan dengan kata-kata sendiri. Pemikiran dan pemikiran yang jelas menghasilkan penguraian/pembicaraan yang jelas.

  4. Carilah analogi atau ilustrasi untuk mempermudah menjelaskan fakta-fakta serta prinsip-prinsip yang sulit dimengerti oleh anak, khususnya prinsip-prinsip yang bersifat abstrak.

  5. Carilah hubungan antara apa yang diajarkan dengan kehidupan sehari-hari murid. Hubungan-hubungan inilah yang akan menentukan nilai praktis penerapan dari pelajaran itu.

  6. Pergunakan sebanyak mungkin bahan baik lainnya yang cocok, tetapi jangan puas sebelum saudara sendiri benar-benar memahami pelajaran itu.

  7. Harap diingat bahwa lebih baik mengerti sedikit tetapi benar- benar mantap, daripada mengetahui banyak tetapi kurang mendalam.

  8. Sediakan waktu khusus untuk mempersiapkan tiap pelajaran sebelum berdiri di depan kelas. Jangan segan-segan mempersiapkan pelajaran melebihi dari yang diharuskan. Dengan persiapan yang matang, kita akan semakin menguasai pengetahuan dan gambaran apa yang diajarkan akan semakin jelas.

  9. Pakailah buku-buku dan bahan yang baik tentang pokok pelajaran saudara. Belilah, kalau perlu pinjam buku-buku karangan para ahli pemikir terbaik yang dapat membantu merangsang pikiran anda. Jika mungkin, coba diskusikan bahan pelajaran dengan seorang teman yang cukup intelektual. Perbedaan pendapat sering menambah jelasnya suatu persoalan. Jika semua ini tidak mungkin, cobalah tuliskan apa yang ada dalam pikiran saudara di atas secarik kertas. Dengan menuangkan pikiran ke dalam bentuk tulisan, sering bagian-bagian yang masih kabur akan menjadi jelas.

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Sumber
Judul Buku: 
Tujuh Hukum Mengajar
Pengarang: 
John Milton Gregory
Halaman: 
29 - 31
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas
Kota: 
Malang

Komentar