Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Pertanyaan yang Diajukan Anak Umur 4-5 Tahun


Pernahkah anda tergagap karena tak bisa menjawab pertanyaan yang dilontarkan seorang anak berumur 5 tahun? Seringkali begitu polos dan sederhananya pertanyaan itu sampai orang dewasa menemui kesulitan untuk memberikan jawaban yang sederhana untuk mereka. Di bawah ini adalah cuplikan 9 pertanyaan biasa yang diajukan anak Balita tentang Tuhan dan hal-hal rohani lainnya, serta contoh pedoman jawaban yang dapat diberikan. Kiranya materi ini dapat memperluas wawasan serta membantu kita semua dalam melayani anak-anak Balita.

  1. Siapakah yang membuat Allah?
    Tidak seorangpun. Allah sudah ada di sana sebelum dunia dibuat dan Ia akan selalu ada selama-lamanya. Allah tidak dibuat tapi Ia adalah Pencipta segala sesuatu, karena Dia membuat kita dan Ia juga membuat segala sesuatu yang ada di dunia ini.

  2. Berapa umur Allah?
    Allah tidak punya umur. Dia tidak menjadi tua seperti kita dan Dia tidak pernah berubah.

  3. Apakah Yesus ada di setiap rumah?
    Dia ingin ada di setiap rumah, khususnya dalam rumah hati kita. Tapi Ia hanya mau tinggal jika pemilik rumah itu menginginkan Dia tinggal di sana. Yesus tidak pernah memaksa untuk tinggal di rumah kita. Tapi kalau diundang Ia akan datang. Dan Ia akan tinggal di rumah orang-orang yang mengasihi-Nya.

  4. Apakah malaikat itu?
    Mereka adalah utusan Allah. Alkitab menceritakan tentang malaikat- malaikat yang Allah utus untuk menyampaikan pesan kepada manusia. Alkitab memberitahu kita bahwa malaikat melindungi orang-orang yang mengasihi Allah. Kitab Ibrani dalam Perjanjian Baru mengatakan bahwa malaikat dikirim untuk melayani orang yang mengasihi Allah.

  5. Apakah manusia bisa menjadi malaikat?
    Tidak. Malaikat sama sekali berbeda dengan manusia.

  6. Apakah malaikat sama seperti peri?
    Tidak. Peri hanya ada dalam dunia dongeng - tidak nyata. Tapi malaikat itu nyata.

  7. Apakah Ibu percaya pada malaikat penjaga anak-anak?
    Allah memakai malaikatNya untuk menjaga dan memelihara, bukan hanya anak-anak tapi juga orang dewasa yang dikasihi Tuhan. Ada orang Kristen yang percaya bahwa setiap orang memiliki masing-masing malaikat penjaga. Kita tidak tahu apakah itu benar, tapi kita bisa meminta Allah untuk mengirim malaikatNya untuk menjaga dan melindungi kita.

  8. Mengapa kita berdoa?
    Dalam berdoa kita bisa berbicara, bercerita, menyatakan terima kasih, minta maaf, atau minta tolong kepada Tuhan. Seperti dengan ibu kita, kita bisa bercerita apa saja, bukan? Bayangkan kalau kita tidak dapat berbicara dengan ibu kita, nah.. kita akan sedih bukan? Demikian juga berdoa kepada Tuhan Yesus, Ia mengajar kita berdoa, karena Ia senang berbicara dengan kita. Ia juga senang menolong kita dengan mengabulkan doa-doa kita, kalau doa-doa kita berkenan kepadaNya.

  9. Mengapa orang mati?
    Biasanya orang mati ketika mereka sudah tua dan sudah lama hidup di dunia. Tubuh mereka menua, seperti pakaian tua yang menjadi lapuk. Jadi, memang suatu saat nanti orang akan mati. Jika hal itu terjadi, itu adalah saat baginya untuk meninggalkan tubuh tuanya, dan pergi untuk hidup bersama Yesus di surga.

Kategori Bahan PEPAK: Doa - Musik - Ibadah

Sumber
Judul Buku: 
Jika Anak-anak Bertanya
Pengarang: 
Jeremie Hughes
Halaman: 
57 - 89
Penerbit: 
PT. Inkosindo Perdana
Kota: 
Jakarta

Komentar