Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Guru Anak Balita/Indria (Umur 4-5 Tahun)


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Bagaimanakah anak menilai anda sebagai seorang guru Sekolah Minggu? Anda dilihat sebagai seorang guru yang galak, selalu menyuruh anak-anak duduk diam dan mendengarkan? Atau sebagai seorang yang selalu melarang mereka melakukan hal-hal yang mereka senangi? Atau sebaliknya, anak-anak menilai anda sebagai seorang guru yang gembira, bersahabat dan pandai bercanda?

Mungkin anak Balita tidak peduli berapa rajin anda ke gereja. Mereka juga tidak mampu menilai kesetiaan serta komitmen anda sebagaimana orang dewasa menilai. Tetapi, bukan berarti mereka tidak pernah menilai anda? Apakah anda ingin tahu bagaimana anak menilai anda?

  1. Sikap anda terhadap Allah.
    Mereka menilai anda dari cara anda berbicara tentang Allah. Mereka juga memperhatikan wajah anda dan menangkap perasaan anda ketika anda bercerita tentang Allah. Walaupun mereka tidak selalu mengerti semua perkataan anda, namun mereka melihatnya dari sikap anda. Jika mereka melihat hal ini sebagai hal yang positif, maka anda akan menjadi teladan baginya dalam hal mengasihi Tuhan.
  2. Sikap anda terhadap anak.
    Hal ini dilihat mereka sebagai hal yang penting. Cara guru berkata-kata dan bersikap terhadap mereka sangat mereka perhatikan. Guru yang menaruh perhatian kepada mereka sebagai individu dan mau memperlakukan mereka sebagai pribadi yang berharga akan dilihat sebagai sikap kasih yang tulus. Dan mereka akan cepat merasa dekat dengan guru-guru yang demikian.
  3. Sikap anda terhadap orang dewasa lain.
    Anak-anak diam-diam memperhatikan cara anda berhubungan dengan guru-guru Sekolah Minggu lainnya. Secara khusus mereka juga melihat bagaimana anda berbicara dengan orang tua mereka. Jika anda bersikap baik dan orang tuanya menerima anda dengan baik, maka telah anda dinilai positif dan anak akan menghormati anda.
  4. Sikap anda terhadap hidup.
    Seorang guru yang murah senyum dan selalu tampak gembira paling disukai anak balita, karena anak menilainya sebagai seorang yang bersahabat dan mudah diajak berteman. Hal ini mungkin sejalan dengan dunia dan hidup mereka yang masih sederhana, penuh harapan, permainan dan kegembiraan.

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Sumber
Judul Buku: 
Bagaimana Mengajar Anak Indria
Pengarang: 
Doris Blattner
Halaman: 
9 - 11
Penerbit: 
Lembaga Literatur Baptis
Kota: 
Bandung
Tahun: 
1986

Komentar