Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mereka Ada di Sana


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Ide untuk PASKAH Minggu ini menggunakan pelakonan interview radio. Guru SM berperan sebagai seorang penyiar yang sedang mewawancarai tamu-tamunya dalam sebuah program interview di radio. Selamat mempratekkan!

MEREKA ADA DI SANA

Persiapan:

  1. Siapkan 3 orang anak dan latihlah mereka untuk memerankan tokoh-tokoh dalam cerita di bawah ini.
  2. Persiapkan kartu-kartu dengan tulisan Kayafas, Pilatus, Petrus. Ikatkan pada leher si pembawa peran.
  3. Guru sendiri berperan sebagai "penyiar".

Nyanyian Bersama:

YESUS DISALIBKAN
Yesus disalibkan karena cinta-Nya
Kepadaku ... kepadaku ....
Yesus disalibkan karena cinta-Nya
Dosa dihapuskan ....

Penyajian:
(Cara interview di radio)

Penyiar:

Anak-anak, pagi ini kita akan menginterview beberapa tamu yang memegang peranan dalam Cerita PASKAH, yaitu kematian dan kebangkitan Yesus. Tamu kita yang pertama mempunyai nama yang tidak lazim bagi kita. Siapa nama Saudara? Peranan apa yang Saudara mainkan?

Kayafas:

Nama saya Kayafas. Sayalah yang menyuruh agar Yesus ditangkap, mengadili-Nya, dan akhirnya menyuruh untuk Menyalibkan Yesus. Sayalah yang menghasut orang banyak untuk berteriak, "Salibkan Dia."

Penyiar:

Mengapa Saudara melakukan hal itu?

Kayafas:

Sebab saya yakin bahwa saya benar. Tetapi tidak lama sesudah itu Ia mati, tirai Bait Allah yang tebal itu terbelah mulai dari atas sampai ke bawah. Cuaca menjadi gelap dan perkara-perkara ajaib terjadi. Setelah mengingat kembali peristiwa-peristiwa itu, maka saya tahu bahwa saya telah berbuat salah. Saya tahu Yesus adalah anak Allah.

Penyiar:

Kayafas, kamu merasa berbuat yang benar padahal kamu berbuat salah. Dewasa ini banyak orang yang beranggapan bahwa apa yang mereka percaya itu benar, tetapi mereka itu sebetulnya salah seperti kamu. Inilah tamu berikutnya.

Pilatus:

Saya Pilatus. Sayalah yang mengadili Yesus. Saya tidak ingin menjatuhkan hukuman mati atas Yesus. Tetapi apa yang dapat saya perbuat? Saya takut dengan orang banyak itu.

Penyiar:

Pilatus, dewasa ini banyak yang seperti kamu. Mereka ingin mempercayai bahwa Yesus dapat menyelamatkan mereka, tetapi mereka takut dengan apa yang akan dikatakan oleh teman-teman mereka. Tamu yang berikutnya sudah disini. Namanya?

Petrus:

Nama saya Petrus.

Penyiar:

Oh ya, kami pernah mendengar tentang Saudara. Saudara adalah salah satu murid Yesus.

Petrus:

Ya, saya adalah salah satu murid-Nya walaupun pada malam sesudah mereka membawa Yesus ke pengadilan saya tidak mau mengakui hal itu. Udara saat itu begitu dingin dan seorang hamba perempuan kecil membuat api. Saya mendekatinya supaya badan saya bisa hangat. Mereka mulai menanyai saya. Saya begitu takut. Saya katakan, "Tidak, saya bukan murid-Nya."

Penyiar:

Boleh dikatakan bahwa kamu mengecawakan Yesus justru pada saat Ia membutuhkan kamu. Dewasa ini banyak anak yang mengecewakan Yesus dengan tidak memberitahukan teman-teman mereka bahwa mereka orang Kristen.

Doa:
Ucapan terima kasih karena Yesus mau dan rela menderita bagi kita. Bersyukur karena Dia masih mau menerima kita, walaupun kita sering mengecawakan Dia. Berdoa agar kita lebih berani lagi memberitakan injil dan mengenalkan Yesus kepada teman-teman kita..

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Sumber
Judul Buku: 
Buku Pintar Sekolah Minggu jilid 1
Halaman: 
28
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas
Kota: 
Malang
Tahun: 
1997

Komentar