Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Melaksanakan Kegiatan Menggambar


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Berikut ini adalah tips bagi para guru Sekolah Minggu yang ingin melaksanakan kegiatan menggambar di Sekolah Minggu untuk mengisi liburan sekolah ASM-nya.

    Umumkan waktu penyelenggaraan kegiatan menggambar satu atau dua minggu sebelumnya agar anak-anak bisa menyiapkan diri dengan baik. Siapkan peralatan-peralatan menggambar (pensil-pensil, penghapus, krayon, pensil warna, spidol, kertas gambar ukuran sedang/besar, dll.) sesuai kemampuan Sekolah Minggu.

  1. GSM dapat menentukan tema kegiatan menggambar tersebut, misalnya, "Tuhan Pencipta Alam", "Tuhan adalah Gembalaku", "Tuhan adalah Sahabatku", "Tuhan adalah Penolongku", "Tuhan adalah Pahlawanku", dll. Pilihlah tema-tema yang dapat menolong anak mempelajari kebenaran Firman Tuhan, sehingga selain menggambar mereka dapat menghayati hubungan mereka dengan Tuhan.

  2. Mintalah ASM untuk membawa alat-alat menggambar yang mereka miliki (pensil, penggaris, pensil warna, dll.). Kertas gambar harus disediakan oleh Sekolah Minggu agar bisa seragam. Jika diperlukan Sekolah Minggu bisa menyediakan beberapa alat menggambar untuk anak-anak yang tidak membawa/memiliki alat gambar.

  3. Atur ruangan SM sedemikian rupa (jika memungkinkan dengan sedikit dekorasi) agar ASM dapat menggambar dengan semangat dan penuh inspirasi. Jika halaman SM/gereja luas dan sejuk, sebaiknya kegiatan menggambar dilaksanakan di luar ruangan.

  4. Buka kegiatan menggambar dengan ibadah singkat (k.l. 10 menit). Contoh:

    - Ucapan selamat datang
    - Satu pujian pembukaan
    - Doa pembukaan
    - Satu pujian singkat
    - Pengarahan (tema, waktu, peralatan, dsb.)

  5. Selama kegiatan menggambar berlangsung, GSM harus terus memantau, mengarahkan dan membimbing ASM-nya jika diperlukan, tapi jangan menyalahkan pekerjaan mereka. Diskusikan santai tentang gambar yang mereka buat dan jangan terlalu banyak memberi ide. Biarkan anak-anak mengembangkan pikiran dan imajinasi mereka sendiri.

  6. Setelah ASM selesai menggambar, kumpulkan mereka dalam satu ruangan. Beri sedikit pelajaran/manfaat yang dapat diambil dari kegiatan menggambar tersebut. Jika ada waktu mintalah satu atau dua anak menceritakan tentang gambarnya. Kemudian tutup dengan doa.
Catatan:
Kegiatan menggambar diikuti oleh seluruh tingkatan kelas. Untuk kelas batita/balita, kegiatan menggambar dapat diganti dengan kegiatan mewarnai. GSM menyediakan gambar dan peralatan untuk mewarnai. Ingat! Selama mewarnai, kelas ini harus selalu dibimbing dan diarahkan oleh minimal satu GSM (tergantung jumlah murid), agar dapat berjalan dengan baik, tertib dan mencapai tujuan yang diharapkan.

Kategori Bahan PEPAK: Program Khusus Anak

Komentar