Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Menyambut Para Pengunjung Pekan Anak


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Bila Sekolah Minggu anda menyelenggarakan PEKAN ANAK, kemungkinan besar akan ada banyak pengunjung "baru" yang datang ke Sekolah Minggu anda. Pengunjung "baru" tersebut mungkin berasal dari warga sekitar gereja yang tertarik dengan undangan anda, tetangga atau sanak saudara para jemaat, teman-teman sekolah anak Sekolah Minggu, atau mungkin anak-anak yang telah lama undur dari Sekolah Minggu.

Para pengunjung ini biasanya anak-anak yang didampingi para orangtua mereka. Apakah yang dapat anda lakukan agar mereka merasa disambut dengan senang hati?

Beberapa hal di bawah ini dapat anda lakukan untuk menyambut para pengunjung tersebut:

  1. Tempatkan para penerima tamu di pintu untuk menyambut pengunjung yang datang. Anda boleh memakai anak-anak Sekolah Minggu dan beberapa orang dewasa untuk melakukan hal ini. Tekankan pada para penerima tamu supaya bersikap ramah, hangat, dan penuh senyum.
  2. Sediakan lencana (tanda pengenal) bagi para pengunjung dan mintalah penerima tamu untuk menyematkan lencana tersebut. Supaya menarik, lencana dapat dibuat dengan berbagai bentuk yang unik dan menggunakan warna-warna yang cerah. Mintalah 'nama panggilan' (yang pendek) pengunjung untuk dituliskan di atas lencana tsb.
  3. Tunjuklah beberapa penerima tamu, baik dewasa maupun anak-anak, yang bertugas mengantar para pengunjung masuk ke ruangan dimana suatu kegiatan sedang dilaksanakan. Ingatlah bahwa tidak semua pengunjung mengenal gedung gereja atau tempat pelaksanaan PEKAN ANAK tersebut dengan baik, sehingga perlu ada orang yang menjadi penunjuk jalan supaya mereka tidak merasa asing di lingkungan tersebut.
  4. Pastikan para pengunjung mendapat tempat duduk yang baik dan semestinya, sehingga mereka dapat mengikuti acara yang diselenggarakan. Misalnya: tempat duduk untuk anak yang lebih kecil sebaiknya berada di depan, tempat duduk untuk anak balita yang didampingi orang tua/pengasuh sebaiknya dikelompokkan tersendiri, dsb.
  5. Tunjuklah "anak persahabatan" untuk memberikan hadiah kecil sebagai kenang-kenangan dan menyampaikan undangan untuk datang ke Sekolah Minggu.
Sambutan yang baik dan hangat akan membuat para pengunjung, terutama yang "baru", merasa diperhatikan secara khusus sehingga mendorong mereka untuk hadir dan bergabung ke Sekolah Minggu anda.

Kategori Bahan PEPAK: Program Khusus Anak

Komentar