Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Genggamlah Erat-erat


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Alat Peraga:

Layang-layang

Ayat Alkitab:

Efesus 4:29

Tema:

Kita harus mengendalikan tindakan kita seperti layang-layang yang dikendalikan oleh benangnya.

Penyampaian:

Apakah kamu pernah menerbangkan layang-layang? Menyenangkan bukan? Layang-layang juga cantik sekali!

Kalau saya sekeluarga pergi ke pantai setiap musim panas, kami senang sekali melihat orang-orang menerbangkan layang-layang di pantai. Layang-layangnya berwarna-warni dan terbang indah tertiup angin laut.

Untuk menerbangkan layang-layang, anginnya harus bagus dan tempatnya harus terbuka, kami juga harus punya benang untuk mengendalikan layang-layang itu.

Apa yang akan terjadi kalau kamu mencoba menerbangkan layang-layang tanpa benang? Benar, tidak akan bisa. Apa yang akan terjadi kalau kamu mencoba menerbangkan layang-layang dan tidak mengendalikannya dengan benangnya? Layang-layang itu akan jatuh. Kalau kamu menggenggam ujung benang itu, dan angin yang keras menerpa layang- layangmu, maka layang-layang akan terbang jauh darimu.

Benang itu sangat penting dalam menerbangkan layang-layang. Benang mengendalikan layang-layang. Layang-layang bisa saja lepas kendali tanpa benang dan kalau ada angin yang sangat keras.

Seperti layang-layang, kata-kata dan perbuatan kita juga dapat menjadi lepas kendali. Kadang-kadang kata-kata yang tidak baik keluar dari mulut kita. kadang-kadang kita bersikap tidak baik kepada orang lain. Kadang-kadang ada orang yang benar-benar lepas kendali dan mencuri atau menyakiti orang lain.

Kita harus punya kendali yang kuat akan perkataan dan perbuatan kita. Sebagai ganti perkataan yang tidak baik, perkataan yang baiklah yang harus keluar dari mulut kita. Sebagai ganti kata-kata yang tidak benar, kata-kata benarlah yang harus keluar dari mulut kita. Sebagai ganti perbuatan yang tidak baik, kita harus berbuat baik kepada orang lain. Kita harus menjaga kendali diri kita dan tidak mencuri atau menyakiti orang lain.

Walaupun kita mencoba untuk benar-benar terkendali dalam hal kata- kata dan perbuatan kita, tetapi pasti ada saatnya kita terpeleset dan lepas kendali. Tetapi, engkau tahu, Tuhan selalu mau mengampuni kita kalau kita mau mengakui bahwa kita telah lepas kendali dan menyesal.

Doa:

Ya Tuhan, kami mau berusaha menjaga kendali diri kami. Pimpinlah kami dan tolong kami dalam usaha kami mengendalikan perkataan dan perbuatan kami. Terim kasih atas pengampunan yang Engkau berikan bagi kami pada saat kami lepas kendali. Amin!

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Ceritakan untuk Anak-anak Sekolah Minggu (Buku I): Sebuah Sumber Ibadah
Pengarang: 
Donna McKee Rhodes
Halaman: 
129 - 131
Penerbit: 
Gospel Press
Kota: 
Batam

Komentar