Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Permainan: Gembala dan Domba-Dombanya dan Memberitakan Injil


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

GEMBALA DAN DOMBA-DOMBANYA

Tujuan

Mengingatkan kita bahwa gembala yang baik mengenal domba-domba-Nya. Seperti halnya Tuhan Yesus, Gembala kita yang baik, mengenal kita, domba-domba-Nya (Yoh. 10:14).

Persiapan

  1. Sebuah sapu tangan.

  2. Para pesertanya adalah anak-anak, remaja, atau pemuda.

  3. Jumlah peserta tidak terbatas.

  4. Permainan dapat diadakan di dalam atau di luar ruangan.

  5. Seorang dari antara peserta ditunjuk sebagai pemimpin permainan.

Cara bermain

  1. Seseorang dari antara peserta dipilih (atau siapa saja yang rela) untuk menjadi "gembala" dan kemudian diminta maju ke depan.

  2. Lalu matanya ditutup dengan sapu tangan.

  3. Semua peserta yang lain diumpamakan dengan "domba" dan mereka berjongkok di tempat yang berbeda-beda tetapi jangan terlalu berjauhan.

  4. Pada waktu pemimpin permainan memberi aba-aba kepada gembala untuk mencari domba-dombanya, ia harus meraba-raba setiap domba.

  5. Domba yang tersentuh harus mengembik, tetapi suaranya boleh dibuat-buat sehingga gembala tidak dapat menebak suaranya.

  6. Tugas seorang gembala ialah berusaha mengenali suara itu.

  7. Bila ia tidak dapat menyebutkan nama domba tersebut, ia harus mencari lagi domba-domba yang lain sampai ia dapat menyebutkan dengan benar nama domba yang disentuhnya.

  8. Orang yang berhasil disebutkan namanya, harus menjadi gembala untuk menggantikannya.

MEMBERITAKAN INJIL

Tujuan

Mengingatkan kita untuk memberitakan Injil, baik pada waktu yang menguntungkan maupun pada waktu yang tidak menguntungkan. Kita juga harus berani menghadapi kesulitan pada waktu memberitakan Injil (1Tim. 4:2).

Persiapan

  1. Dua kotak korek api.

  2. Permainan ini dapat dilaksanakan di dalam atau di luar ruangan.

  3. Jumlah peserta tidak terbatas tetapi kegiatan ini sebaiknya dilakukan oleh anak-anak kelas besar ke atas.

Cara bermain

  1. Pemimpin membagi para peserta menjadi dua kelompok yang jumlah orangnya sama, kemudian setiap kelompok diberi satu korek api.

  2. Setelah itu pemimpin memberi aba-aba. Pada waktu permainan dimulai, orang pertama dari kedua kelompok itu menyalakan sebatang korek api dan kotaknya. Kemudian secara estafet, ia memberikannya kepada orang kedua demikian seterusnya.

  3. Jika korek api itu padam di tangan seseorang, orang itu harus menyalakan sebatang korek api yang lain, kemudian ia harus meneruskannya kembali kepada orang yang berikutnya.

  4. Kelompok yang paling cepat memindahkan korek api hingga sampai kepada orang yang terakhir dinyatakan sebagai pemenang.

Kalau pesertanya banyak, pemimpin dapat membagi mereka ke dalam beberapa kelompok. Jumlah setiap kelompok sebaiknya tidak kurang dari 15 orang.

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Sumber
Judul Buku: 
Ice Breaker
Pengarang: 
Departemen Litbang Keluarga Allah
Halaman: 
66 dan 70
Penerbit: 
GBI Keluarga Allah, Solo

Komentar