Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Peranan Ketua Sekolah Minggu


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

MENEMUKAN PERANAN PENTING KETUA SEKOLAH MINGGU

"Penting" adalah satu kata yang tepat untuk menggambarkan kebutuhan mendasar dari peranan ketua sekolah minggu. Dengan menggunakan kata ini, Bill Taylor menghubungkan pendapatnya, bahwa seorang ketua sekolah minggu yang tegas dan berpendirian benar-benar diperlukan untuk mencapai keberhasilan sekolah minggu dalam suatu gereja dan tanggung jawab kita kepada Allah.

Memang sulit untuk benar-benar menekankan pentingnya peranan ketua sekolah minggu. Anda bertanggung jawab atas semua pimpinan dari kelompok terbesar yang diatur oleh para guru sekolah minggu di kebanyakan gereja -- suatu kelompok yang bertanggung jawab terhadap hidup seseorang dan yang mengajarkan firman Allah, serta berusaha membawa orang-orang untuk menerima Kristus sebagai Juruselamat! Sungguh mengagumkan!

Anda tahu bahwa tugas Anda sangat penting. Sebagai ketua sekolah minggu, apakah Anda juga tahu bahwa Anda juga merupakan orang biasa?

PERANAN KETUA SEKOLAH MINGGU

PERENCANA

Sebagai seorang perencana, Anda memimpin dalam menentukan arah dan tujuan sekolah minggu Anda melalui rencana tahunan, bulanan, dan mingguan. Dalam rencana tahunan, Anda mengumpulkan semua pemimpin yang mewakili berbagai aspek kerja di sekolah minggu Anda.

Bersama-sama mereka, mintalah arahan dan harapan dari Tuhan untuk tugas-tugas Anda; evaluasilah hasil kerja Anda saat ini secara bersama-sama; dari evaluasi itu, mulailah menentukan kebutuhan dan prioritas. Anda memimpin tim ini untuk membuat tujuan dan rencana. Dan Anda mengatur supaya tujuan-tujuan tersebut dapat tercapai.

Dalam rencana bulanan, Anda mengetuai departemen sekolah minggu dan memandu rapat bulanan departemen sekolah minggu. Dalam pertemuan ini, hal-hal detail perlu dikembangkan untuk melaksanakan rencana-rencana sekolah minggu. Kebutuhan sekarang dan yang akan datang juga perlu dipikirkan.

Dalam rencana mingguan, sekolah minggu Anda merencanakan kegiatan setiap unit, termasuk persiapan pengajaran Alkitab yang dapat mengubah hidup anak.

PELENGKAP

Sebagai seorang pelengkap (yang melengkapi), Anda memberi kepercayaan kepada para guru sekolah minggu Anda dan melengkapi "orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan" (Ef. 4:12). Jadikan sekolah minggu Anda sebagai "juara pertama" dalam pelatihan. Jadikan pelatihan sebagai prioritas utama. Perhatikan sungguh-sungguh anak buah Anda untuk mengetahui seberapa efektifkah mereka saat ini dalam melayani. Melalui pelatihan, Anda bisa memperlengkapi mereka supaya mereka dapat berfungsi lebih baik lagi di masa mendatang. Berikan perhatian khusus kepada anak buah Anda dan kebutuhan mereka.

Pastikan bahwa materi-materi pelatihan sudah tersedia sehingga anak buah Anda tersebut tahu nilai dan kegunaan mereka. Masukkan dana untuk pelatihan ke dalam anggaran gereja. Gunakan berbagai acara untuk melatih para guru sekolah minggu Anda: konsultasi pribadi; hubungan mentoring; buku-buku, majalah, dan rekaman video; dan acara-acara pelatihan yang diadakan di gereja Anda, perusahaan, dan rapat negara.

PENGATUR

Sebagai seorang pengatur, Anda membantu sekolah minggu Anda supaya bisa berfungsi secara maksimal. Pengaturan yang baik adalah sangat penting untuk kesehatan sekolah minggu. Tentukan pengaturan yang paling tepat setiap tahunnya supaya bisa memberikan pengajaran yang berkualitas dan supaya sekolah minggu Anda bertumbuh. Sediakan kelas dan departemen yang memadai. Usahakan agar staf sekolah minggu Anda bisa berkembang dan menjadi staf yang kuat dan benar-benar diperlengkapi.

Teruslah mencari guru-guru sekolah minggu baru melalui pelatihan potensi guru sekolah minggu dan acara-acara lain. Pastikan bahwa para guru sekolah minggu baru ini akan dipilih secara pribadi oleh orang yang kepadanya mereka akan bertanggung jawab. Berikan daftar tugas tertulis yang sesuai dengan kemampuan para guru sekolah minggu. Berkomitmenlah untuk memulai unit baru begitu muncul kesempatan.

PENYEDIA

Sebagai seorang penyedia, Anda membantu menghidupkan sekolah minggu Anda. Jadilah penasihat untuk sekolah minggu Anda dan usahakan untuk tetap menyediakan bahan-bahan, peralatan, dan kebutuhan pelatihan untuk para guru sekolah minggu Anda meskipun dana dari gereja terbatas. Buatlah anggaran tahunan yang terinci untuk sekolah minggu Anda.

PEMIMPIN

Sebagai seorang pemimpin, Anda menjadi pembimbing bagi sekolah minggu Anda. Bagikan visi dan kerinduan Anda. Berikan penjelasan sejelas-jelasnya tentang tujuan sekolah minggu Anda dan bagaimana sekolah minggu ini akan menjalankan tugasnya.

Libatkan para guru sekolah minggu dalam membuat keseluruhan rencana kerja. Libatkan mereka dalam mengembangkan tujuan sekolah minggu, demikian pula dengan departemen, kelas, atau area kerja mereka. Salah satu tanda kepemimpinan yang efektif adalah jika para guru sekolah minggu lain memiliki rasa memiliki terhadap kerja sekolah minggu sebagai tanggung jawab pribadi.

PENDORONG

Sebagai seorang pendorong/pemberi semangat, Anda memberikan dukungan dan sukacita dalam pelayanan para guru sekolah minggu. Berikan perhatian secara pribadi kepada para guru sekolah minggu di sekolah minggu Anda. Kenali kemampuan mereka dan berikan pujian kepada mereka. Gunakan orang lain sebagai ilustrasi yang positif. Dukunglah para guru sekolah minggu Anda dalam pelayanan mereka. Berikan respons sesegera mungkin terhadap kebutuhan mereka dan berikan bimbingan bila mereka membutuhkannya. Rencanakan acara dan tindakan khusus untuk memotivasi dan memberi semangat kepada mereka.

TUGAS-TUGAS

Tugas-tugas ketua sekolah minggu didaftarkan sebagai berikut.

  1. Memimpin organisasi sekolah minggu untuk melakukan penginjilan dan mengajarkan firman Tuhan.

  2. Memberikan arahan terhadap daftar tugas yang harus dilaksanakan oleh pelayan.

  3. Melibatkan seluruh guru sekolah minggu dalam memberikan pembelajaran Alkitab yang efektif.

  4. Membimbing seluruh guru sekolah minggu supaya menjadi saksi yang efektif.

  5. Membangun atau mengembangkan program penginjilan.

  6. Menentukan kebutuhan pelatihan bagi para guru sekolah minggu.

  7. Membuat rencana pelatihan yang luas.

  8. Memimpin rapat perencanaan sekolah minggu.

  9. Memberikan pengarahan dalam menentukan pelaksanaan rencana, kegiatan-kegiatan, kepentingan-kepentingan, dan proyek-proyek.

  10. Memimpin para pelayan dalam membuat tujuan.

  11. Memimpin pemilihan dan penggunaan materi kurikulum.

  12. Mengajukan masalah keuangan dan kebutuhan sekolah minggu kepada gereja.

  13. Merawat dan menggunakan jurnal sekolah minggu.

  14. Menginformasikan perihal gereja dan denominasi kepada para guru sekolah minggu.

  15. Memberikan laporan kemajuan sekolah minggu kepada gereja.

  16. Mengevaluasi kerja sekolah minggu.

(t/Ratri)

Kategori Bahan PEPAK: Organisasi Pelayanan Anak

Sumber
Judul Artikel: 
Role of the Sunday School Director
Judul Buku: 
The Sunday School Page

Komentar