Bagaimana Menghentikan Kebiasaan Buruk Guru?


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Tahukah anda bahwa banyak guru memiliki kebiasaan jelek ketika sedang berdiri di depan kelas (ketika bercerita di depan anak-anak)? Kebiasaan apa misalnya?

Pernahkan anda melihat guru yang terus menerus menggosok-gosokkan ke dua telapak tangannya ketika ia di depan kelas? Atau guru yang berkali-kali menggaruk-garuk kepalanya padahal tidak ada kutu dalam rambutnya? atau guru perempuan yang berkali-kali memegang kalungnya sambil memainkan jari-jarinya di sana? atau seorang guru laki-laki yang setiap menit memegang hidungnya atau menarik celananya ke atas? Ini adalah tanda-tanda bahwa guru tsb. sedang tegang atau nervous. Bagaimana menolong mereka menghilangkan kebiasaan-kebiasaannya yang jelek tsb.?

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menolongnya: Pertama, harus ditegur. Sebagai teman sepelayanan anda perlu menegurnya dengan lemah lembut. Kadang ia sendiri tidak sadar bahwa ia mempunyai kebiasaan jelek tsb.

Kedua, bersama-sama mencari tahu apa yang menyebabkan kebiasaannya tsb. Misalnya, jika kebiasaan itu disebabkan karena tegang/takut; karena belum mempersiapkan pelajaran yang harus diajarkan, maka cara penyembuhannnya mudah, jangan biarkan dia bercerita/mengajar di depan kelas bila ia tidak siap. Tapi bisa juga karena sebab lain.

Ketiga, jika kebiasaan itu sudah menjadi penyakit yang menganggu di kelas, maka anda perlu mendiskusikan dengan dia untuk mencari cara bagaimana menghentikan kebiasaan tsb. (bila perlu harus dengan pertolongan anda).

Misalnya:

  1. Jika kebiasaan tsb. ada hubungannya dengan suara (selalu mengawali setiap kalimatnya dengan, "e...e..."), maka mungkin anda perlu merekamnya dan minta dia untuk mendengarkan suaranya sendiri.
  2. Jika kebiasaan tsb. ada hubungannya dengan tangannya, maka cara terbaik adalah dengan meminta dia untuk memegang Alkitab dengan kedua belah tangannya ketika ia ada di depan kelas, sehingga tidak ada kesempatan bagi tangannya untuk melakukan hal-hal lain.
  3. Jika kebiasaan tsb. ada hubungannya dengan kakinya (berjalan mondar mandir tanpa tujuan) maka taruhlah meja kecil dimana ia harus berdiri di depan kelas. Mintalah dia untuk tidak menjauhkan diri dari meja tsb. sebelum pelajaran selesai.
Selamat mencoba!

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK

Komentar