Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Renungan: Memilih Yesus


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Jauh sebelum kalian dilahirkan, Allah sudah tahu bahwa kalian akan lahir ke dunia ini. Ia juga tahu apa yang menyenangkan dan menyedihkan bagi kalian. Ia tahu bagaimana rupa kalian nanti. Bahkan, Ia tahu ketika kalian besar nanti, pekerjaan apakah yang akan kalian pilih. Ia tahu semuanya tentang diri kalian dan Ia mengasihi kalian. Ia memilih kalian, supaya kalian mengasihi dan melayani Dia.

Tetapi, Allah telah mengerti bila kalian telah dewasa, kalian harus melakukan apa yang menjadi keputusan kalian. Dan meskipun Yesus sudah memilih kalian, Ia tidak memaksakan diri-Nya untuk masuk dalam hidup kalian. Ia menunggu keputusan kalian sendiri.

Bertahun-tahun, setelah Musa memimpin bangsa Israel keluar dari perbudakan di Mesir, seorang pemimpin besar yang bernama Yosua menyampaikan pesan Allah kepada mereka. Sudah tiba saatnya bagi mereka untuk menaklukkan Kanaan -- memasuki Tanan Perjanjian. Akan tetapi, Yosua tahu bahwa mereka akan tergoda untuk melayani dewa- dewa orang Kanaan. Ia juga tahu bahwa Allah tidak akan memaksa umat- nya untuk melayani Dia bila mereka memang tidak mau melayani-Nya. Allah tidak seperti orang-orang Mesir. Ia bukan pengerah budak belian yang kejam. Ia ingin supaya umat-Nya menyerahkan hidupnya kepada-Nya karena mereka itu mengasihi-Nya. Maka, pada suatu hari Yosua mengumpulkan mereka dan menyampaikan pesan Tuhan itu kepadanya. Ada pun pesan itu berbunyi demikian, "Pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah." Kita semua tahu cerita ini. Mereka dengan berani memasuki Kanaan serta menaklukkannya dengan pertolongan Allah.

Bila kalian masih belum menentukan pilihan, Tuhan berkata kepada kalian, "Pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah." Inilah hari keselamatan.

Bila kalian sudah menentukan pilihan, yaitu pilihan terpenting dalam hidup kalian, kalian dapat memastikan bahwa Yesus senantiasa menyertai hidup kalian. Dalam hidup ini ada banyak sekali pilihan yang harus kalian pilih. Memilih pekerjaan merupakan pilihan yang penting dan mungkin seringkali kita akan mengubahnya sebelum kita beranjak dewasa dan menjadi seperti apa yang Allah kehendaki. Selain itu, ada banyak sekali keputusan kecil yang harus diambil setiap hari. Tetapi, oleh karena Yesus telah memilih kita dan kita juga telah memilih Yesus, maka Yesus akan menolong kita dalam setiap keputusan yang kita hadapi. Apakah kita akan bersikap jujur atau tidak? Apakah kita mau menang sendiri atau tidak terhadap kakak dan adik kita di rumah? Apakah saya akan mengatakan yang benar atau tidak, bila saya sudah tahu bahwa saya akan dihukum? Apakah saya menyerah kepada pencobaan sekali ini saja? Apakah saya akan tinggal di rumah saja dan bukannya pergi ke Sekolah Minggu? Setiap hari ada banyak sekali keputusan yang harus kita buat.

Alangkah bersyukurnya bila kita sudah mengambil keputusan untuk memilih Yesus. Ia sanggup menolong kita dalam mengambil keputusan- keputusan yang benar.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Buku Pintar Sekolah Minggu jilid 2
Halaman: 
154
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas
Kota: 
Malang
Tahun: 
1996

Komentar