Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Cara Membawakan Sebuah Cerita


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Latihlah lebih dahulu membawakan cerita di rumah sehingga Anda benar- benar hafal dan kenal dengan setiap kejadian dan maksudnya cerita yang dibawakan itu. Fahamilah cerita itu sedemikian baiknya sehingga Anda dapat menceritakannya seolah-olah Anda benar-benar ada ketika kejadian itu berlangsung. Nilailah kecakapan Anda dengan pertanyaan di bawah ini:

1. Apakah gagasannya disajikan secara jelas?

Setiap kejadian harus dimengerti secara jelas supaya tidak menimbulkan pertanyaan dalam pikiran para murid. Semua keterangan yang perlu untuk memperoleh pengertian pada bagian-bagian selanjutnya dari cerita itu harus disajikan pada saat yang tepat. Janganlah Anda sekali-kali berkata, "Oh, saya lupa menyampaikan hal ini kepada kalian."

2. Apakah Anda memakai percakapan?

Pergunakan sebanyak mungkin percakapan secara langsung (interaksi). Usahakanlah untuk melukiskan perasaan setiap karakter melalui gaya pengucapan. Anda boleh menghafalkan kata- kata yang tepat dalam percakapan langsung.

3. Apakah cerita itu meyakinkan?

Cerita itu harus jelas bagi Anda kalau Anda menghendaki agar cerita itu jelas bagi orang lain. Jika cerita itu bernada ceria, Anda harus ikut juga bergembira; jikalau cerita itu sedih setiap murid yang ada dalam kelas Anda juga ikut bersedih bersama Anda. Lebih baik menggerakkan perasaan daripada suara yang keras. Pakailah gerakan yang sederhana untuk menggambarkan suatu adegan. Pandanglah ke atas ke arah sebuah pohon seolah-olah Anda betul- betul melihat Zakheus sedang turun dari pohon itu.

4. Apakah cerita itu memberikan suatu tujuan tertentu?

Pilih dan bawakanlah cerita Anda dengan cara sedemikian rupa sehingga cerita itu menjelaskan tujuan dan pelajaran seluruhnya.

Kategori Bahan PEPAK: Metode dan Cara Mengajar

Sumber
Judul Buku: 
Pola Mengajar Sekolah Minggu
Pengarang: 
Mavis L. Anderson
Halaman: 
52 - 53
Penerbit: 
Yayasan Kalam Hidup
Kota: 
Bandung
Tahun: 
1993

Komentar