Buku Berbentuk Tangan Berdoa

Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Berikut ini adalah salah satu kegiatan yang dapat dipakai untuk menarik minat anak-anak Sekolah Minggu menghafal DOA BAPA KAMI. Bahan: Sediakan lembaran kertas ukuran 20 x 30 cm (boleh berwarna). Masing-masing anak akan membutuhkan 4 lembar kertas.

Langkah I:
Lipatlah kertas menjadi dua, lalu di atas kertas yang dilipat itu letakan telapak tangan anak menghadap ke bawah, sampai ke pinggir lipatan kertas. Gambarlah (jiplaklah) tangan anak dengan mengikuti bentuk tangan anak tsb. Posisi jari tangan agak rapat (seperti posisi berdoa.)

Langkah II:
Guntinglah kertas berbentuk tangan itu (rangkap dua karena dilipat dua), tapi sisakan bagian lipatan untuk tidak digunting (sehingga bisa dibuka). Buatlah sebanyak 4 lembar untuk masing-masing anak. Kemudian, jilidlah 4 lembar kertas berbentuk tangan berdoa itu dengan stapler di tengah lipatan sehingga menjadi sejilid buku.

Langkah III:
Sesudah itu, anda dapat mengajak anak-anak untuk menuliskan Judul DOA BAPA KAMI pada lembar pertama. Lalu, mereka dapat menuliskan isi Doa Bapa Kami (seperti yang tertulis dalam Matius 6:9-13) pada masing-masing lembar berikutnya. Pada halaman terakhir anak dapat mencatat nama dan tanggal kapan anak itu berhasil menghafal DOA BAPA KAMI untuk pertama kalinya

Lembar 1: [Judul] DOA BAPA KAMI (Matius 6:9-13)
Lembar 2: Bapa Kami yang di surga, dikuduskanlah namaMu.
Lembar 3: Datanglah KerajaanMu, Jadilah kehendakMu di bumi seperti di Surga.
Lembar 4: Berikanlah pada hari ini makanan kami yang secukupnya.
Lembar 5: Dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami.
Lembar 6: Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat.
Lembar 7: Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan Kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.
Lembar 8: Nama anak dan catatan tanggal.

Kategori Bahan PEPAK: Doa - Musik - Ibadah

Sumber
Halaman: 
181