Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Yesus adalah Mesias


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Petunjuk untuk Pembina:

  1. Bacalah Lukas 2:41-52 dan Yohanes 1:1-34 dan pelajari ayat-ayat di atas dengan baik.
  2. Siapkan hati anda untuk memberitakan bahwa YESUS adalah MESIAS.
Latar Belakang:

Ayat NUBUATAN (janji Allah) tentang Kristus: Yesaya 9:5
"Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasehat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai." (Yesaya 9:5)
Ayat PENGGENAPAN (janji Allah) tentang Kristus: Ibrani 19:27-28
"Demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang." (Ibrani 19:27-28)
Ayat NUBUATAN tentang Yohanes Pembaptis: Yesaya 40:3
"Ada suara yang berseru-seru: Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk Tuhan, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita!" (Yesaya 40:3)
Ayat PENGGENAPAN tentang Yohanes Pembaptis: Markus 1:3
"Ada suara orang yang berseru-seru di padan gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya." (Markus 1:3)
Fakta-fakta Inti Cerita:

Maria, ibu Yesus, seorang gadis (perawan). Maria mengandung oleh karena kuasa Roh Allah. Yesus Kristus itu Anak Allah, tetapi Dia dilahirkan di dunia ini. Seorang malaikat memberitakan kepada Maria bahwa bayinya harus dinamakan Yesus.

Nama Yesus berarti Penyelamat. Yesuslah yang akan menyelamatkan orang-orang yang berdosa.

Nama Kristus berarti "yang diurapi", seorang yang ditentukan Allah untuk pekerjaan yang khusus.

Yesus tinggal di rumah yang sederhana bersama Maria dan Yusuf. Kemudian mereka juga mempunyai anak-anak lagi. Yusuf seorang tukang kayu dan Yesus menolong pekerjaan ayah-Nya.

Setiap tahun Yusuf dan Maria pergi ke Yerusalem untuk merayakan hari Paskah. Ketika Yesus berumur 12 tahun, mereka pergi ke perayaan itu sesuai dengan kebiasaan; sehabis perayaan itu mereka pulang, tetapi mereka tidak menemukan Yesus di antara teman-teman serombongannya. Yesus tinggal di Yerusalem. Jadi, mereka harus kembali lagi ke Yerusalem dan mencari Yesus. Mereka menemukan Yesus di Rumah Tuhan bersama para guru agama. Semua orang yang mendengar Yesus berkata, "Nak, mengapa Kau lakukan ini kepada kami? Ayah-Mu dan ibu-Mu cemas mencari Engkau!" (Lukas 2:48).

Yesus menjawab, "Mengapa ayah dan ibu mencari saya? Apakah ayah dan ibu tidak tahu bahwa saya harus ada di dalam rumah Bapa saya?" (Lukas 2:49). Yesus sudah tahu bahwa Dia-lah Anak Allah.

Yesus makin besar dan bertambah bijaksana. Dia dikasihi oleh Allah dan disukai oleh manusia.

Ingatlah bagaimana Nabi Maleakhi memberitahu mereka tentang seseorang yang akan diutus menyiapkan manusia untuk menerima Mesias? orang itu adalah Yohanes Pembaptis. Di dalam Alkitab kita baca bahwa "pada mulanya,... Sabda sudah ada... segala dijadikan melalui Dia, dan dari segala yang ada, tak satupun dijadikan tanpa Dia." (Yohanes 1:1-3). Alkitab mengatakan bahwa "Sabda ada bersama Allah dan Sabda sama dengan Allah." (Yohanes 1:29-30). Alkitab juga mengatakan bahwa "Sabda sudah menjadi manusia, ia tinggal di antara kita, dan kita sudah melihat keagungan-Nya" (Yohanes 14:1).

Orang-orang bertanya kepada Yohanes Pembaptis, "Apakah engkau Mesias?" Yohanes menjawab, "Tidak."

Yohanes berkata, "Lihat, itulah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia. Dialah yang saya katakan akan datang... " (Yohanes 1:29-30).

Kemudian Yesus datang kepada Yohanes Pembaptis dan minta Yohanes membaptiskan Dia. Ketika Yohanes membaptiskan Yesus, Roh Allah nampak dalam bentuk burung merpati. Lalu, Yohanes mendengar suara yang berkata, "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi. Engkau menyenangkan hatiku." Sungguh inilah bukti bahwa Yesus adalah Mesias, Anak Allah. Yesuslah orang yang tidak berdosa yang akan menjadi korban untuk dosa-dosa manusia, dan Yesus menyenangkan hati Allah.

Pertanyaan Pemahaman Alkitab [dan Jawabannya]:

  1. Apakah arti nama "Yesus"? [Penyelamat.]
  2. Apakah arti nama "Kristus"? [Yang diurapi.]
  3. Apakah kelahiran Yesus istimewa? Mengapa? [Karena Dia lahir dari seorang perawan dan diberitakan oleh malaikat.]
  4. Apakah yang terjadi ketika Yesus berumur 12 tahun? [Ia pergi bersama orang tuanya ke Yerusalem untuk merayakan hari Paskah.]
  5. Mengapa Yesus tidak pulang bersama-sama orang tuanya? [Karena ia tinggal di Yerusalem dan bercakap-cakap dengan para guru agama.]
  6. Darimana kita tahu bahwa Yesus tahu bahwa Ia adalah Anak Allah? [Dari jawaban Yesus sendiri "Mengapa ayah dan ibu mencari saya? Apakah ayah dan ibu tidak tahu bahwa saya harus ada di dalam rumah Bapa saya?" (Lukas 2:49)]
  7. Siapakah yang dimaksud dengan "Sabda" oleh Yohanes 1:1-3? [Yesus Kristus.]
  8. Apakah Yesus sama dengan Allah? [Ya, Alkitab berkata, "Sabda sudah menjadi manusia, Ia tinggal di antara kita." (Yohanes 1:14)]
  9. Siapakah yang dimaksud dengan "Anak Domba Allah?" [Yesus Kristus.]
  10. Bagaimana Yohanes Pembaptis membuktikan bahwa Yesus adalah Mesias? [Ketika Yohanes membaptiskan Yesus, Roh Allah nampak dalam bentuk burung merpati. Lalu, Yohanes mendengar suara yang berkata, "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi. Engkau menyenangkan hatiku."]
Pertanyaan Kunci:

Sifat-sifat Allah yang mana yang kita pelajari hari ini?
  1. Allah itu Maha Kuasa -- Yesus Kristus dilahirkan seperti seorang manusia supaya Allah dapat menjelma ke dunia ini.
  2. Allah itu Sumber Rahmat -- Allah sangat mengasihi manusia yang diciptakan-Nya. Walaupun mereka tidak taat kepada-Nya, dan dosa-dosanya sangat jahat, Allah menyediakan korban yang sempurna, yang tidak berdosa. Yesus sendiri menjadi korban yang diterima Allah untuk menghapuskan dosa manusia.
  3. Allah itu Maha Benar -- Allah menepati janji-Nya sesuai yang telah dinubuatkan melalui para nabi, bahwa Ia akan mengutus Seseorang yang akan menyelamatkan manusia dari dosa.
Pertanyaan Tantangan:
  1. Apakah kamu percaya bahwa Yesus adalah Mesias yang dijanjikan Allah, yang diutus ke dunia untuk menyelamatkan manusia yang berdosa, seperti saya dan kamu?
  2. Maukah kamu menerima Yesus sebagai Juruselamatmu pribadi?
[Untuk membimbing anak untuk menerima Kristus, silakan baca kolom Tips pada edisi ini.]

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Sampaikan Cerita Keselamatan: Menyatakan Sifat-sifat Allah dan Kebenaran-Nya
Pengarang: 
Dell & Rachel Schultz
Halaman: 
130 - 133
Penerbit: 
Lembaga Literatur Baptis

Komentar