Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Aku Bangga pada Allahku


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Bahan berikut ini sangat kreatif untuk dipakai mengajar tentang Allah, karena ada peragaan-peragaan praktisnya. Silakan mencobanya.

AKU BANGGA PADA ALLAHKU

Siapakah Allah yang kau percaya?

Penting sekali untuk mengenal siapa Allah kita sesungguhnya. Dan satu-satunya petunjuk untuk mengenal Allah dengan benar hanyalah melalui apa yang Allah nyatakan sendiri dalam kitab suci kita.

Ya, Alkitab memberitahu kita beberapa hal mengenai Allah. Simak dan pelajarilah baik-baik Alkitabmu, sehingga kau dapat mengenal Allah dengan tepat. Semakin mengenal-Nya, engkau harus makin mengasihi- Nya. Semakin mengenal-Nya, engkau tentu akan berkata, "AKU BANGGA PADA ALLAHKU!"

  1. SEPERTI APAKAH ALLAH ITU?

    "Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran." (Yohanes 4:24)

    "Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah;" (Yohanes 1:18a)

    Sehingga tak ada seorangpun yang tahu seperti apa rupa Allah sesungguhnya. Namun kita tahu bahwa ia ada, sebagaimana kita tahu angin ada meskipun kita tak dapat melihatnya. Yesus mengatakan Allah itu berupa Roh, jadi Allah tak memiliki tubuh seperti manusia. Tapi bukankah Alkitab mengatakan bahwa Allah punya mata, telinga, lengan, tangan, kaki, dsb.? Ya, memang Alkitab mengatakan demikian. Semua itu adalah cara Allah untuk menggambarkan apa yang Allah lakukan. Dengan demikian kita dapat lebih mengerti Allah melalui sifat dan tindakan-Nya kepada kita.

    Aktivitas:

    Pada sepotong kartu, gambarlah sebuah mata/telinga/tangan. Dan pada gambar itu, tulislah ayat yang menjelaskan tentang apa yang Allah lakukan kepada kita. Misalnya:
    • Mata Allah menunjukkan bahwa Allah melihat kita.
    • Telinga Allah menunjukkan bahwa Ia mendengar doa kita.
    • Dsb.


    Di bawah gambar itu, kamu boleh menulis kalimat, "ALLAH SELALU MENJAGAKU."

    Ayat Panduan:

    Mata : Amsal 15:3 atau Mazmur 34:16a
    Telinga : Mazmur 34:16b
    Tangan : Mazmur 139:10 atau Yesaya 41:10

  2. DI MANAKAH ALLAH BERADA?

    "Sekiranya ada seseorang menyembunyikan diri dalam tempat persembunyian, masakan Aku tidak melihat dia? demikianlah firman TUHAN. Tidakkah Aku memenuhi langit dan bumi? demikianlah firman TUHAN." (Yeremia 23:24)

    Allah ada di surga, tapi Ia pun amat besar sehingga Ia ada di mana-mana dalam satu waktu. Alkitab mengatakan Allah memenuhi langit dan bumi. Maksudnya, Allah berada di segala tempat, bahkan di tempat yang tidak terjangkau oleh kita. Ia adalah Allah yang maha ada. Hal ini memberikan sukacita besar bagi orang yang mengasihi-Nya. Meskipun kita tak dapat melihat-Nya, kita tak perlu takut, karena Ia menjaga kita. Dimanapun kita berada, Allah menyertai kita. Tapi Allah yang maha Ada juga mengingatkan kita, agar dimanapun kita berada, kita harus hidup taat kepada perintah-Nya dan tidak berbuat dosa. Karena Allah senantiasa mengawasi segala tindak-tanduk kita.

  3. SUDAH BERAPA LAMAKAH IA ADA?

    "Hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, Allah yang kekal, yang tak nampak, yang esa! Amin." (1Timotius 1:17)

    Sudah sejak kapankah Allah ada? Apakah Allah dapat menjadi tua dan mati? Alkitab mengatakan bahwa Allah adalah Allah yang kekal (1Timotius 1:17), artinya Ia ada selama-lamanya. Ia telah ada sebelum bumi, langit, matahari dan segala sesuatu ada. Dan Ia akan tetap ada bahkan sampai bumi, langit, matahari, dan segala sesuatu tidak ada lagi. Itulah artinya Allah ada untuk selama- lamanya. Kita bersyukur karena Allah adalah Allah yang kekal. Dan Ia akan membawa kita masuk ke dalam kekekalan untuk tinggal bersama-Nya selama-lamanya. Alangkah indah janji Allah ini!

  4. APA YANG DAPAT ALLAH LAKUKAN?

    Apa saja yang dapat Allah lakukan? Dan apa yang tidak dapat Allah lakukan?

    Allah dapat melakukan apa saja yang diinginkan-Nya. Dan semua keinginan-Nya selalu berupa hal yang baik, sesuai dengan sifat Allah yang baik dan sempurna. Dengan demikian, Allah tidak dapat dan mau melakukan hal-hal yang bertentangan dengan sifat-sifat- Nya. Misalnya, Allah itu suci, berarti Allah selalu berbuat hal- hal yang suci. Sebaliknya Allah tidak dapat dan tidak mau berbuat yang tidak suci, kotor, dan dosa. Allah itu adil dan benar. Berarti Allah selalu melakukan hal-hal yang adil dan benar.

    Hafalkan:

    "Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal." (Ayub 42:2)

  5. APA YANG ALLAH KETAHUI?

    "Besarlah Tuhan kita dan berlimpah kekuatan, kebijaksanaan-Nya tak terhingga." (Mazmur 147:5)

    Aktivitas:

    Hal yang menakjubkan tentang Allah adalah bahwa Ia tahu segala-galanya. Coba lihat yang Alkitab katakan tentang apa saja yang Allah ketahui! Isilah titik-titik di bawah ini!
    1. Nama dari semua ............. (Mazmur 147:4)
    2. Bila Engkau ............. Dia (Yohanes 21:16)
    3. Bila seseorang ..... pada-Nya (Kisah Rasul 5:4)
    4. .......................... mu (Kisah Rasul 15:8)
    5. .......................... mu (Mazmur 139:2)
    6. Jumlah ................... mu (Matius 10:30)
    7. Apa yang kau ............. mu (Matius 6:8)
    8. Orang jahat dan ............. (Amsal 15:3)
    9. Segala ................... ku (Mazmur 139:3)
    10. Dan Ia ...................... (Yohanes 16:30)

    Dan Allah bukan hanya tahu segala sesuatu, Ia juga mempunyai kebijaksanaan yang tak terhingga. Allah selalu tahu yang harus dilakukan-Nya. Allah tak pernah salah bertindak. Betapa amannya berlindung pada Allah seperti Dia!

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
KITA - Majalah Kristen untuk Anak-anak
Halaman: 
4 - 6
Penerbit: 
Lembaga Reformed Injili Indonesia

Komentar