Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

12 Orang Murid Yesus


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Selama masa pelayanan di dunia, Tuhan Yesus selalu disertai oleh keduabelas murid-Nya. ASM pun sudah sering mendengar cerita mengenai murid-murid Tuhan Yesus. Berikut ini akan kami sajikan cara penyajian cerita dalam bentuk aktivitas mengenai 12 orang murid Yesus.

Pergunakanlah lembar-lembar kertas karton untuk membuat kartu nama dalam bentuk angka bagi setiap murid Yesus (lihat di bawah). Tempatkanlah kartu nama ini secara berurutan di dinding ruang kelas sebagai alat pertolongan visual.

Berikut ini adalah beberapa saran mengenai metode untuk mempelajari nama murid-murid Yesus. Pergunakanlah metode itu dalam urutan yang disarankan atau aturlah dalam urutan yang Anda kehendaki agar sesuai dengan kebutuhan/situasi kelas Anda.

  1. Anjurkanlah anak-anak membuka Matius 10:2-4 di Alkitab mereka masing-masing. Bacalah nyaring-nyaring daftar nama itu bersama-sama. Berikanlah kepada anak-anak masing-masing satu kopi gambar perahu untuk keempat murid yang pertama. Lalu suruhlah mereka mewarnai gambar perahu itu.
  2. Sekali lagi, bacalah Matius 10:2-4 bersama-sama dari Alkitab Anda. Suruhlah anak-anak menutup Alkitab mereka serta menyebutkan nama keempat murid yang pertama di luar kepala. Suruh anak-anak mengangkat tinggi-tinggi gambar perahu mereka sambil menyanyikan kata-kata berikut dengan nada lagu "Bapak Yakub".
    "Simon Petrus, Simon Petrus; Dan Andreas, dan Andreas - Anak Yonas, anak Yonas. Dua orang murid, dua orang murid."
  3. Bacalah semua ke-12 nama itu. Ulangilah nama kedua murid yang pertama dengan mempergunakan lagu di atas. Lalu tambahkanlah bait kedua berikut ini:
    "Yakobus dan Yohanes, Yakobus dan Yohanes: Anak Zebedeus, anak Zebedeus. Mereka nelayan, mereka nelayan. Dan murid Tuhan, dan murid Tuhan."
  4. Ulangilah menyebutkan keempat nama murid yang pertama. Lalu berikanlah kepada setiap anak angka 5 hingga 7. Suruhlan mereka mewarnai serta menggunting angka-angka itu. Bacalah nama ke 12 murid itu, sambil membimbing anak-anak mengangkat tinggi-tinggi angka-angka mereka bagi ketujuh murid yang pertama.
  5. Buatlah dua set atau lebih kartu nama dan pergunakanlah itu dalam permainan konsentrasi. Ulangilah menyebutkan nama-nama dari ketujuh murid yang pertama.
  6. Suruhlah anak-anak menyebutkan nama-nama murid itu secara berurutan. Anak yang pertama mengatakan: "Simon Petrus," yang kedua mengatakan: "Andreas," yang ketiga: "Yakobus," dan seterusnya hingga setiap anak mendapatkan giliran menyebutkan sebuah nama. Ulangilah dari awal lagi sekiranya kelas Anda besar.
  7. Berikanlah kepada setiap anak satu kopi dari angka 8 dan 9. Suruhlan mereka mewarnai serta memotong angka-angka ini. Ulangilah menyebutkan keterangan tambahan atas orang-orang ini. Bimbinglah anak-anak menyebutkan kembali nama dari ke-12 murid itu.
  8. Tuliskanlah nama-nama murid itu pada papan tulis. Ucapkan semua ke-12 nama itu secara bersama-sama. Lalu hapuslah sebuah nama dan mengucapkannya kembali. Lanjutkan hingga semua ke-12 nama itu terhapus.
  9. Bimbinglah anak-anak mengangkat tinggi-tinggi alat peraga angka mereka masing-masing sambil menyebutkan nama kesembilan murid yang pertama. Lalu berikanlah kepada mereka kopi dari angka 10 hingga 12. Suruhlah mereka mewarnai serta memotongnya.
  10. Suruhlah para sukarelawan mengucapkan nama dari ke-12 murid itu di luar kepala. Anjurkanlah setiap anak agar berusaha. Sediakanlah kertas karton berukuran 30 x 45 cm serta perekat bagi setiap anak. Suruhlan anak-anak merekatkan angka-angka mereka pada kertas karton itu menjadi sebuah poster.

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Sumber
Judul Buku: 
Buku Pintar Sekolah Minggu jilid 2
Halaman: 
179 - 180
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas
Kota: 
Malang
Tahun: 
1996

Komentar